logo blog

Cara Budidaya Ikan Sidat Bagi Pemula Di Kolam Beton

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Budidaya Ikan Sidat Bagi Pemula Di Kolam Beton

Konten [Tampil]
Cara Budidaya Ikan Sidat Bagi Pemula Di Kolam Beton  merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan, dan memiliki kemungkinan untuk memiliki omset yang tinggi. Untuk komoditas ikan sidat masih terbatas karena saat ini belum ada teknologi pemijahan sehingga harga dipasaran tergolong cukup tinggi.

Permintaan pasar ikan sidat pada pasar internasional mencapai 300.000 ton per tahunnya,  berdasarkan total pemasaran ikan sidat tersebut permintaan dari Negara Jepang membutuhkan ikan sidat sebanyak 150.000 ton per tahun. Mengenai harga yang dibanderol, Ikan sidat dibanderol dengan harga Rp.300.000 hingga Rp. 600.000 per kilogram.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen

Budidaya ikan sidat


Dijakarta, permintaan ikan sidat setiap bulannya mencapai hingga 3 ton, tergolong banyak bukan? Tambah lagi dengan meningkatnya dan bertambahnya restoran jepang di Jakarta, Jogjakarta, indramayu, semarang, karawang , bandung dan daerah lainnya. Dengan kebutuhan ikan sidat yang begitu banyak menjadikan Budidaya Ikan Sidat bisa menjadi peluang bagi calon pengusaha.

Obat Budidaya Ikan Sidat

Untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan sidat, perlu adanya produk-produk tambahan agar pertumbuhan ikan sidat lebih cepat. Adapun produk rahasia yang biasa digunakan adalah sebagai berikut.

1. Viterna Plus


  • Mampu menambah pertambahan berat badan perhari (Average Dailly Gain / ADG) – Kualitas Daging – Kesehatan Ternak (Aspek K3)
  • Menjadi Pemicu Enzim-enzim pencernaakan sidat.
  • Bisa Memberi Mineral-mineral essensial maupun non essensial.
  • Terdapat  (Protein, Lemak, Vitamin, dsb.)
  • Kandungan asam-asam lemak di dalam rumen / lambung ikan sidat semakin bertambah.
  • Mampu Meningkatkan effisiensi dan efektifitas pakan / TDN.
  • Pada Produk ini Mengandung hormon pertumbuhan alami untuk mempercepat pertumbuhan ikan sidat.
  • Menambah Nafsu Makan.
  • Bisa mengurangi Bau Kotoran Ternak.

2. Hormonik


  • Akan Membantu dan  mempercepat proses pertumbuhan ikan sidat
  • Bisa membantu mengurangi angka kematian
  • Bisa meningkatkan kualitas hasil panen ikan sidat
  • Mampu  memacu dan meningkatkan bobot pada ikan sidat.

3. POC Nasa


  • Mampu Meningkatkan produksi ikan ( kualitas dan kuantitas ) dengan mengutamakan kelestarian lingkungan (aspek K-3 : Kuantitas – Kualitas- Kelestarian).
  • Bisa Membantu perkembangan mikro-organisme dalam kolam yang berguna bagi ikan seperti cacing tanah dan sejenis lainnya.
  • Meningkatkan daya tahan ikan dari gangguan penyakit
  • Meningkatkan bobot/berat ikan sidat.
  • Meningkatkan nafsu makan ikan sidat.
  • Membantu pembentukan bahan pakan alami (plankton) bagi ikan sidat.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Nilem Di Kolam Terpal Agar Cepat Besar

HARGA IKAN SIDAT DI PASARAN

Setelah mengetahui berbagai produk rahasia yang biasa digunakan para pembudidaya ikan sidat agar pertumbuhan ikan sidat menjadi lebih cepat, kali ini kami Budidaya ikan Hias akan mereview Cara Budidaya Ikan Sidat Sebagai berikut.

1. Persiapan Lahan


Langkah pertama yang harus dilakuukan adalah mempersiapkan lahan untuk dijadikan tempat pertumbuhan ikan sidat dengan efektif. Secara singkat, Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal, Budidaya Ikan sidat di kolam semen, kolam tanah dan lain sebagainya, dilakukan dengan beberapa persiapan.

Biaya Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal tergolong murah daripada di kolam tanah, kolam yang baru dibuat belum bisa langsung dipakai, artinya ada beberapa persiapan yang harus dilakuakan diantaranya Pengeringan, Pengapuran, Pemupukan, dan Pemasukan air bersih.


2. Manajemen Pakan



Langkah kedua yang harus dilakukan adalah memanage pemberian pakan yang stabil, artinya tidak boleh kelebihan ataupun kekurangan pakan ikan. Pakan yang bisa diberikan berupa pakan pelet ataupun pakan alami berupa udang hidup, kepiting hidup, cacing tanah dan lain sebagainya yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Pakan buatan harus memiliki nutrisi yang tinggi berupa kadar proteinnya, agar pakan buatan bisa memiliki nutrisi yang banyak sebaiknya pakan buatan tersebut dicampur dengan POC NASA + VITERNA Plus dengan dosis 1 – 2 cc/kg pakan (dicampur air secukupnya), sedangkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan tubuh karena mengandung unsur penting berupa protein, dan vitamin berjumlah optimal.

Kualitas air harus diperhatikan, agar selalu berada dalam keadaan optimal. Pemberian pupuk TON diperlukan karena pupuk tersebut mengandung unsure mineral penting, lemak , protein, karbohidrat dan asam humat sehingga mampu menyuburkan pakan alami berupa plankton dan cacing-cacingan, dan berguna untuk menetralkan senyawa beracun serta ekosistem kolam bisa seimbang.

Pemberian pupuk TON dilakukan pada saat pengolahan tanah dengan cara melarutkan dan disiramkan pada permukaan tanah kolam dan saat pemasukan air baru, sekurang-kurangnya per 10 hari sekali. Adapun dosis yang diperlukan 25 gram/ 100m2.

3. Manajemen Kesehatan



Langkah ketiga yang harus dilakukan Budidaya Ikan Sidat adalah memanage kesehatan ikan dan menjaga ketahanan tubuh ikan agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Terkadang ikan sidat mudah terkena penyakit apabila kondisi air  tidak baik. Memang kualitas air untuk Budidaya Ikan Sidat sangat penting, pasalnya jika air jelek akan mendorong pertumbuhan bibit penyakit berupa protozoa, jamur, bakteri dan lain-lain.

Kondisi air yang baik untuk bibit ikan sidat lokal adalah 29 derajat Celcius, untuk ogsigen yang terlarut dalam air adalah ½ hingga 2 ½ ppm, untuk ukuran pH air yang ideal adalah 7 -8 agar tidak terlalu asam. Dengan temperature dan ukuran pH yang sesuai akan menjadikan perkembangan ikan sidat lebih efektif.

TON, POC NASA, VITERNA Plus  memiliki peranan yang sangat besar, apabila ikan sidat sudah terkena penyakit maka dianjurkan untuk memberikan pengobatan dan penanganan yang insentif. Biasanya, penyakit yang menyerang ikan sidat adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi protozoa, bakteri dan jamur. Pembudidaya ikan sidat bisa diobati dengan formalin, larutan PK ( Kalium permanganate) ataupun garam dapur tentunya dengan menggunakan dosis yang sesuai.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Wader Pari Omset Puluhan Juta


4. Pendederan Ikan Sidat



Pada langkah yang keempat adalah pendederan ikan sidat, pada proses pendederan ini terdapat 2 tahap pendederan, langsung saja simak tahapan pendederan berikut ini.

a. Tahap Pendederan 1



Pendedaran pertama bisa disebut dengan pengenalan untuk benih ikan sidah supaya bisa beradaptasi dengan kondisi alam buatan ( kolam ) dan membiasakan untuk mengkonsumsi pakan homogeny atau pakan buatan. Pendederan pada tahap pertama bertujuan untuk pembesaran glass eel sampai benih ikan sidat memiliki ukuran elver.

Glass eel yang biasa dipelihara oleh pembudidaya ikan sidat memiliki 2 jenis yaitu A. bicolor dan A. marmorata, untuk benih ikan Glass A Bicolor bisa didapatkan di pantai selatan pulau jawa, dan untuk A Marmorata bisa anda dapatkan didaerah poso Sulawesi tengah dan tatelu. Benih ikan sidat glass eel yang sudah siap ditebar berukuran 0,17 gram per ekor dengan jumlah kepadatan 6 ekor perliter.

Untuk penebaran burayak ikan Sidat bisa ditebarkan secepat mungkin setelah ikan Sidat Glass Eel sudah dilokasi pemeliharaan. Bertujuan untuk mengurangi tingkat stress pada burayak ikan sidat karena habis menempuh perjalanan jauh. Sebelum disebar alangkah baiknya lakukan aklimatisasi dahulu dengan cara menempatkan plastic packing agar bisa mengapung diatas air kolam.

b. Tahap Pendederan 2


Tahapan pendederan kedua berupa tahapan persiapan agar menghasilkan ukuran sida fingerling (10 gr/ekor) sehingga siap untuk dipelihara pada proses tahapan pembesaran.

5. Tahap Pembesaran


Tahapan yang terakhir adalah proses pembesaran, hingga berukuran 200 gram per ekor,  agar cepat menghasilkan ikan sidat yang siap panen tentunya membutuhkan persiapan yang matang, dan media yang mendukung.

Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan sidat yang siap konsumsi biasanya sampai 5 bulan, tapi tergantung ukuran benih yang kita taburkan. Dengan perbandingan apabila benih yang disebarkan 200 gram, maka membutuhkan waktu 5 bulan untuk mendapatkan ikan sidat berukuran 500 gram. Dengan gambaran, pembudidaya ikan sidat menaburkan 1 ton benih, maka akan menghasilkan 5 ton ikan sidat.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Arwana Di Kolam Terpal Untuk Pemula

Itulah Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sidat Bagi Pemula Di Kolam Beton yang berhasil kami rangkum, semoga dengan ilmu yang sudah kami paparkan bisa bermanfaat bagi anda semua, khususnya kepada calon pembudidaya ikan sidat.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

No comments

Orang Juga Mencari