logo blog

Cara Budidaya Ikan Belida Terlengkap 2020 Sangat Menguntungkan

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Budidaya Ikan Belida Terlengkap 2020 Sangat Menguntungkan

Konten [Tampil]
Budidaya Ikan Belida - Ikan belida yaitu ikan air tawar yang memiliki keunikan tersendiri, sebagai ikan hias ikan belida memiliki corak warna yang berbeda , tak seindah dan secerah jenis ikan hias lainnya. Bahkan bisa dikatakan bahwa ikan belida ini tidak memiliki nilai lebih pada segi warna yang dimilikinya.

Meskipun ikan belida tidak memiliki warna yang cerah tapi ikan belida ini tetap terlihat cantik. Selain saktor warna yang tidak cerah, ikan ini juga tidak selincah seperti ikan hias air tawar lainna yang gesit dan lincah untuk bernang kesana kemari didalam akuarium. Memang jika dibilang tidak menarik, benar saja karena tidak memiliki warna yang cerah. Ikan belida ini hanya diam saja didasar akuarium.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
budidaya ikan belida


Ikan Belida dijadikan sebagai ikan hias karena keunikan bentuk yang dimilikinya, dengan bandan yang pipih, punggung yang menjulang ke langit seperti bukit sehingga terlihat unik. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar yang tertera. Ikan belida juga dikenal dengan nama Knife Fish yang berarti ikan berbentuk seperti pisau.

Selain keunikan pada bentuk tubuh yang dimiliki ikan belida, yang menjadi alasan kenapa ikan belida dijadikan sebagai ikan hias akuarium, juga karena ikan belidasaat ini dari kurun waktu ke waktu habitat aslinya  sudah semakin langka, apabila Budidaya Ikan Belida tidak dilakukan akan menjadikan populasi ikan belida terancam punah.

Mengenai harga yang ditawarkan pada ikan Belida di setiap wilayah berbeda-beda, harga tergantung juga dengan jenis, ukuran, serta tingkat kesulitan penjual ikan hias mendapatkan  ikan belida tersebut. Harga pasaran ikan belida yaitu untuk anakan yang berukuran 10 cm bisa mencapai 30 ribu/ ekor dan untuk ikan belida yang memiliki berat 3 kg bisa dihargai sekitar 900 ribu/ ekor, cukup mahal bukan? Sedangkan untuk ukuran standad, ikan belida berukuran 50-60 cm , ikan dibanderol sekitar 200 – 300ribu / ekor.


Sebelum kita beranjak pada Cara Budidaya Ikan Belida, sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu klasifikasi ikan Belida sebagai berikut.

Klasifikasi Ikan Belida


Inilah klasifikasi ilmiah ikan belida/ lopis


  • Kerajaan    : Animalia
  • Filum        : Chordata
  • Kelas        : Actinopterygii
  • Ordo        : Osteoglossiformes
  • Famili        : Notopteridae
  • Genus        : Chitala
  • Spesies        : C. lopis
  • Nama binomial Chitala lopis

CARA BUDIDAYA IKAN BELIDA


Setelah membahas klarifikasi dan mengenal lebih dalam ikan belida, kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan merangkum Panduan lengkap cara budidaya ikan belida sebagai berikut.

Bagi anda yang menginginkan dan berencana untuk membudidayakan ikan belida, sebaiknya mempelajari tutorial dibawah ini. Proses pemijahan lebih baik dilakukan pada musim penghujan,  pasalnya tempat ikan belida tinggal biasanya meletakkan telur-telurnya di batang pohon yang berada dalam kedalaman lebih dari 1 meter.

Untuk budidaya ikan belida, anda tentunya harus membuat tempat untuk menempelkan telur-telurnya seperti batang bambu, papan atau sejenisnya.  Dan sebelum proses budidaya dimulai, sebelumnya  pembudidaya harus mengetahui ikan belida jantan dan ikan belida betina. Berikut ini cirri-ciri ikan belida jantan dan betina.

Ciri-ciri ikan belida jantan:


- mempunyai sirip perut yang lebih panjang dari pada betina serta menutupi bagian urogenital.

- Tubuh jantan lebih kecil dibanding ikan belida betina

- Alat kelamin bentuknya tabung

- Sedangkan jantan yang sudah siap pijah ciri-cirinya alat kelamin memerah dan bila diurut mengeluarkan sperma (cairan berwarna putih)


Ciri-ciri ikan belida betina:



- Sirip perut pendek dan tidak menutup bagian urogenital

- Alat kelamin bentuknya bulat

- Ciri-ciri ikan belida betina siap pijah perutnya membesar dan alat kelaminya memerah.

Budidaya ikan belida agar menjadi sukses , perlu memperhatikan cara yang baik dan benar, kali ini akan kami runtutkan cara-cara tersebut berikut ini.

Prosesi Pemijahan


Untuk mendapatkan bibit yang baik juga harus memilih indukan ikan belida yang baik pula, ikan jantan dan betina dikawinkan hingga mengeluarkan telur yang menempel pada bambu ataupun papan tersebut. Setelah keluar telurnya, untuk memelihara dan menetaskan telur ikan belida, sebaiknya memastikan derajat pembuahan 30-100 %, sedangakan derajat penetasan 72,2 % dan intasan (survival rate) larva adalah 64,2%.

Jumlah telur  yang dikeluarkan indukat betina ikan belida bisa mencapai kurang lebih antara 260-6080 butir, untuk menetaskannya, anda bisa memastikan suhu 29-30 derajat waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3-5 hari atau 72-120 jam. Dengan suhu yang pas, proses penetasan akan menjadi lebih cepat.


Kemudian setelah ikan belida menetas dan sudah berumur 3 hari, mereka sudah bisa makan artemia. Dan benih yang berumur 1 bulan sudah bisa dibesarkan didalam akuarium.  Di dalam akuarium ikan bisa dideder hingga panjang ikan belida sudah mencapai 15 cm dan siap untuk dibesarkan kembali.

Menjaga Kesehatan Ikan Belida

Untuk mendapatkan ikan yang sehat dan memiliki tubuh prima dengan berenang sehat didalam akuarium merupakan salah satu dambaan pembudidaya ikan,  dan untuk menjadikan ikan belida yang prima perlu perawatan khusus agar ikan tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya.


  1. Adapun tips agar tetap terjaga kesehatannya adalah sebagai berikut.
  2. Aquarium besar, ukuran yang paling ideal 2x1.5 meter. Isi dengan air yang ketinggianya 30 hingga 45 cm.
  3. Jaga suhu air aquarium tetap sekitar 24 - 28 derajat Celcius
  4. pH air 6,2
  5. Beri aquarium kayu-kayuan yang berserakan atau tumbuhan untuk tempat sembunyi ikan belida
  6. Salah satu factor penting untuk menjadikan ikan belida tetap terjaga kesehatan dan kebugaran serta Pertumbuhan menjadi lebih cepat adalah pemberian pakan. 

Anda bisa memberikan pakan berupa udah yang masih hidup ataupun anakan ikan mas, kedua pakan tersebut menjadi kesukaan ikan belida. Adapun frekuensi pemberian pakan yang ideal yaitu 2 kali sehari secara teratur, jangan sampai kelebihan ataupun kekurangan .

       7. Campur ikan belida dengan ikan hias predator yang seukuran

Ikan Belida terbesar adalah ikan belida yang memiliki berat mencapai 7kg, besar juga ya! Bahkan ada orang yang pernah mengidentifkasi ikan belida yang mampu tumbuh hingga sepanjang 1 meter dengan berat maksimal sebesar 15kg. untuk mencapai berat maksimal bisa ditempuh dalam kurun waktu yang cukup lama. Untuk mempercepat pembesaran tentunya membutuhkan perawatan yang ekstra.

Itulah Cara Budidaya Ikan Belida yang berhasil kami rangkum secara detail diartikel ini, sebenarnya ikan belida pun juga bisa hidung dengan perawatan dan kolam yang seadanya, namun perkembangannya akan sedikit terhambat.nah ! oleh karena itu agar pertumbuhan dan perkembangan ikan belida menjadi lebih cepat, anda pembudidaya ikan belida harusnya mempraktekkan cara Budidaya Ikan belida yang sudah kami paparkan.

Rawatlah ikan belida dengan penuh kesabaran agar untuk mencapai bobot maksimal tidak ada rasa jenuh dan bosan saat perawatan Ikan Belida. Baiklah, terimakasih semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

No comments

Orang Juga Mencari