logo blog

37 Tanaman Karpet Aquascape Tanpa CO2 Termurah

Apa Yang Anda Cari ?

37 Tanaman Karpet Aquascape Tanpa CO2 Termurah

Konten [Tampil]
Tanaman Karpet Aquascape Tanpa CO2 Foreground adalah tanaman air yang seperti karpet menutupi bagian bawah aquascape dengan tumbuh kesamping sehingga benar-benarmenjadi alas pada aquascape yang kita buat. Spesies tanaman ini mengalami popularitas yang meningkat secara signifikan selama 5 hingga 10 tahun terahir di dunia aquascaping.

Berikut selain akan kami paparkan mengenai apasaja tanaman karpet aquascape seperti dwarf baby tears, style aquascape, marsilea hirsuta, staurogyne repens ,staurogyne repens, dwarf baby tears, dwarf hairgrass, echinodorus,staurogyne rubescens, anubas, marsilea hirsuta,stem merah,pygmy chain sword, midground . kami juga akan sedikit menjelaskan tentang cara menanam rumput aquascape yang baik dan benar agar pertumbuhan tanaman karpet ini bisa tumbuh dengan baik sehingga tampak lebat dan hijau pada dasar aquascape.

Tanaman karpet yang biasa ditanam ada 2 jenis sebanarnya yaitu tanaman karpet aquascape tanpa co2 dan yang menggunakan CO2, untuk yang menggunakan CO2 itu spesiesnya begitu banyak, adapun tanaman karpet yang tanpa CO2 itu kategorinya sedikit dan perlu anda ketahui jenis-jenis tanaman tersebut agar anda juga bisa membuat aquascape tanpa CO2 menggunakan tanaman aquascape low light tanpa co2.


Sebenarnya stok tanaman aquascape di sekitar kita masih banyak yang bisa kita dapatkan, hanya saja ketidaktahuan kalau tanaman tersebut pantas untuk kita gunakan perhiasan didalam aquascape. Contoh misalkan tanaman carpet seed hairgrass yang juga bisa kita gunakan sebagai tanaman background aquascape.
Baiklah, tanpa pembahasan yang panjang dan lebar sekarang kami situs Budidaya Ikan Hias akan membahas 5 Tanaman Karpet Aquascape yang bisa kita tanam berikut ini dengan harga tanaman karpet aquascape yang murah berikut ini: 

Daftar Tanaman Karpet Aquascape


1. Pygmy Chain Sword


Tanaman pygmi chain sword memiliki nama latin Echinodorus Tenellus hampir mirip dengan rumput jepang yang ada dihalaman rumah kita, dan termasuk dalam spesies sword plan terkecil. Namun Pygmy Chain Sword ini lebih mirip dengan spesies Eleocharis yaitu Hair Grass, namun keduanya terdapat perbedaan dalam pertumbuhan tanaman Pygmi Chain Sword tidak sepadat dengan spesies Hair grass. Cara menanam tanaman karpet aquascape harus ditanam dengan suhu berkisar 22-25 derajat celcius dengan pencahayaan medium – high, artinya kebutuhan cahaya cukup banyak.
Tanaman Karpet Aquascape


2. Dwarf Hair Grass


Tanaman Karpet Aquascape kedua yang terbaik menurut kami adalah Dwarf Hair Grass yang memiliki bahasa latin Eleocharis Pavula dengan tampilan yang elegan jika dikombinasikan dengan hardscape disekitarnya. Dan hardscape yang paling cocok dengan tanaman ini adalah batu, karena akan muncul efek yang luar biasa karena saat tanaman Dwarf Hair Grass ini akan tumbuh menyebar di sekeliling batu yang indah.

Kelebihan lainnya adalah tanaman ini mampu memunculkan efek kontras yang baik saat menggunakan Substrate berwarna gelap berupa soil. Perawatan tanaman aquascape ini adalah memperhatikan semua parameter agar tercukupi dengan baik, nantinya tumbuhan ini akan tumbuh dengan baik, sehingga kita perlu rutin untuk memangkasnya agar terlihat sangat indah.


Kebutuhan tanaman  Dwarf Hair Grass membutuhkan suhu antara 22-25 derajat celcius, anda harus memberikan kapasitas suhu yang pas agar proses pertumbuhannya berjalan dengan baik.
Tanaman Karpet Aquascape


3. Dwarf Baby Tears


Dwarf Baby Tears menjadi tanaman karpet aquascape tanpa co2 ketiga, tanaman ini sering di kenal dengan nama latin Hemianthus Callitrichoides atau HC merupakan tanaman yang memiliki daun kecil berwarna hijau subur dengan pertumbuhan merayap dialam sehingga banyak diminati pecinta aquascape.

Cara Merawat tanaman aquascape Dwarf Baby Tears dengan mengatur kondisi suhu berkisar 22-29 derajat celcius, namun jika pengen pertumbuhan yang cepat maka aturlah suhu berkisar 22-23 derajat celcius. Sedangkan kebutuhan cahaya tanaman ini adalah high atau tinggi maka takan tumbuh lebih padat dan tampak subur. 
Tanaman Karpet Aquascape

4. Java Moss


Cara menanam moss untuk karpet hampir sama dengan menanam tanaman karpet aquascape yang membutuhkan CO2, untuk perawatan Java Moss yang baik harus memastikan parameter air dengan keadaan baik, kebutuhan CO2 tercukupi serta pencahayaan yang baik dengan kapasitas Medium – High.

Tanaman Karpet Aquascape Java Moss merupakan tanaman air yang sering dipelihara aquascaper dengan nama latin Vesicularia Dubayana.  Biasanya aquascaper menanam Java Moss pada batu ataupun kayu, tanaman ini tidak memiliki akar sehingga membutuhkan kayu atau batu untuk bisa menahan tanaman ini dan tidak mengapung sehingga bisa menjadi karpet aquascape.


Kebutuhan suhu air tanaman Java Moss berkisar antara 22-32 derajat celcius sedangkan untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal disarankan memberikan suhu air berkisar 22-25 derajat celcius.  Sedangkan untuk kebutuhan cahaya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik diberbagaimacam kondisi pencahayaan yaitu low, medium ataupun high dan untuk kebutuhan pertumbuhan tercepat pada pencahayaan medium – high dan tanaman Java Moss ini termasuk tanaman karpet aquascape low light
Tanaman Karpet Aquascape

5. Marsilea Hirsuta


Tanaman yang kelima adalah Marsilea Hirsuta yang sering disebut dengan Mersilea Minuta yang mampu tumbuh menyebar secara horizontal seperti tanaman karpet lainnya. Penanaman ini terlihat sangat cantik jika dikombinasikan dengan hardscape seperti batu ataupun kacu didasar aquascape.

Sedangkan kebutuhan suhu tanaman Marsilea Hirsuta agar pertumbuhannya berjalan dengan baikmembutuhkan suhu berkisar 23-25 derajat celcius, dan tanaman ini termasuk dalam kategori tanaman karpet aquascape low light yang tidak membutuhkan pencahayaan yang tinggi untuk tumbuh lebih optimal.

Dari kelima tanaman ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri dengan perawatan dan kebutuhan yang berbeda-beda, untuk itu kita harus faham betul bagaimana cara merawat tanaman karpet aquascape serta spesies manakah yang cocok untuk aquarium kita.

6. Tanaman Karpet Glosso


Tanaman karpet untuk aquascape selanjutnya adalah karpet Glosso, tanaman ini sudah sering kita lihat di pameran aquascape. Dan cara perawatannya juga mudah, kalau anda ingin menanmnya bisa membelinya dengan mudah.

Harga Tanaman Karpet Glosso


Berdasarkan informasi dari marketplace, harga tanaman karpet Glosso ini cukup murah dan tidak menghabiskan kocek anda. anda bisa mendapatkannya hanya dengan membayar senilai Rp. 12.000 saja.


7. Rumput Teki


Rumput selanjutnya yang bisa ditaman di aquascape adalah rumput teki, mungkin rumput ini bagi sebagaian orang tidak menyukainya, tapi ini juga bagus jika ditaruh di aquacape. Rumput ini juga masuk dalam kategori rumput sawah.

Klasifikasi Rumput Teki



  • Kingdom: Plantae
  • (unranked): Angiosperms
  • (unranked): Monocots
  • (unranked): Commelinids
  • Sub Kingdom: Tracheobionto
  • Super divisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida/Monokotil
  • Sub Kelas: Commelinidae
  • Ordo: Poales
  • Famili: Cyperaceae
  • Genus: Cyperus
  • Species: C. rotundus.
Baca Juga Cara Membuat Aquascape Sederhana Untuk Pemula ( Murah Meriah )

8. Parrots Feather (Myriophyllum aquaticum)
9. Moneywort (Bocapa monnieri)
10. Brazilian Pennywort (Hydrocotyle leucocephala)
11. Crypt wendtii
12. Crypt balansae
13. Crypt spiralis
14. Guppy Grass (Najas guadalupensis)
15. Anubias Barteri
16. Anubias Nana
17. Pelia (Monosolenium tenerum)
18. Waterwheel Plant (Aldrovanda vesiculosa)
19. Bacopa (Bacopa caroliniana)
20. American Waterweed (Elodea canadensis)
21. Micro Crypt (Cryptocoryne petchii)
22. Red Ludwigia (Ludwigia repens)
23. Marimo Ball
24. African Water Fern – (Bolbitis heudelotii)
25. Coffee Leaf Anubias – (Anubias barteri v. ‘Coffeefolia’)
26. Duckweed
27. Banana Plant (Nymphoides aquatica)
28. Water Wisteria (Hygrophila difformis)
29. Lemon Bacopa (Bacopa caroliniana ‘lemon bacopa’)
30. Peacock Moss
31. Java Moss (Vesicularia dubyana)
32. Green Hygro (Hygrophila polysperma)
33. Sunset Hygro (Hygrophila polysperma ‘Rosanervig’)
34. Rotala Rotundifolia
35. Rotala indica
36. Hornwort (Ceratophylum demersum)
37. Java Fern (Microsorum pteropus)

Air yang Bagus Buat Aquascape


60% permasalahan yang muncul di aquascape adalah airnya yang kurang bagus, karena kadar air dari sumber air itu berbeda-beda dan harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman yang anda tanam di aquascape.
Perhatikan Sumber Air

AIR PAM (perusahaan air minum)


Perlu diketahui bahwa air PAM atau PDAM itu kurang bagus untuk aquascape karena kadarnya netral, yang berguna bagi tanaman sudah dihilangkan. Juga mengandung klorin dengan dosisi yang berbahaya bagi bakteri pengurai, ikan, dan tanaman air. Selain itu juga konsentrasi logam mencamapi 100 sampai 1000X, karena penyaluran air PAM melalui pipa besi. Apabila terpaksa menggunakannya, anda harus mengendapkan air tersebut hingga zat-zat yang tidak di inginkan bisa terendap.

AIR SUMUR / AIR TANAH


Kategori air ini sangat baik untuk aquascape anda karena mengandung unsur mineral dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman air. Jenis ini juga tidak mengandung klorin, dan air ini kaya CO2 dan sedikit kandungan oksigen O2, sehingga menjadikan kadar PH rendah. Namun, apabila kandungan CO2 menguap, bisa menjadikan kadar PH meningkat lagi.

Baiklah, dari kelima Tanaman Karpet Aquascape Tanpa CO2 diatas yang sudah kami paparkan manakah yang menjadi tanaman terbaik menurut anda, silahkan dikombinasikan dengan hardscape yang ada didalam aquascape milik anda. Tentukan mana jenis tanaman yang cocok dengan Harga Tanaman karpet Aquascape yang anda sukai dan tentunya sesuai budget anda.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

No comments

Orang Juga Mencari