Fase Perkembangan Ikan Cupang Bisa Sampai 8 CM

Fase Perkembangan Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki penggemar seluruh dunia, karena keindahan bentuk tubuhnya yang kecil mungil, keindahan warna, bagusnya ekor serta kelebihan yang paling menonjol yaitu dijadikan sebagai ikan aduan atau petarung.

Usia ikan cupang sampai 1 tahunan untuk melewati Fase Perkembangan Ikan Cupang, karena usianya yang cukup pendek menjadikan ikan cupang tidak bisa besar alias tubuhnya terbatas kecuali jenis ika cupang big ear dengan tubuh yang lebih besar disbanding jenis lainnya.

Fase Perkembangan ikan cupang secara ideal dengan umur sekitar 7 bulan, biasanya setelah 7 bulan tidak mengalami pertumbuhan kecuali pada ekornya. Namun, tidak menutup kemungkinan ikan cupang bisa tumbuh lebih besar lagi jika perawatan dan lingkungan yang sesuai.
Fase Perkembangan Ikan Cupang


Ketika anda membeli ikan cupang di toko ikan hias terkadang usianya sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sedangkan usia ikan cupang mampu bertahan antara 2-4 tahun dipenangkaran, dan biasanya jenis yang dijual yaitu jenis betta splendens serta sudah mendekati ukuran maksimal. Masih ada kemungkinan perkembangan pada sirip dan ekornya yang memanjang, karena umur , sirip serta tubuhnya yang dijual akan bervariasi harganya.


Terkadang ada juga yang menjual anakan ikan cupang (burayak) dan nantinya mengharuskan si pemilik merawat secara ekstra dari untuk membesarkannya. Tapi jika anda tidak ada waktu luang untuk merawatnya, saya sarankan untuk membeli yang sudah besar karena perawatannya lebih mudah.

Ikan Cupang kebanyakan memiliki panjang tubuh sekitar 2,25 inch (5,7cm) saat dewasa, namun jika perawatannya sesuai maka ikan cupang bisa tumbuh hingga 7,6 cm. Salah satu penyebab ikan bisa tumbuh besar dikarenakan umur dan proses perawatannya. 

Jika anda seorang pembudidaya harus faham betul terkait fase perkembangan ikan cupang dimulai dari burayak ikan hingga tumbuh usia 7 bulan. Dan apabila anda belum mengetahuinya, silahkan baca artikel ini sampai selesai agar mengetahui secara pasti.

Fase Perkembangan Ikan Cupang


Baikah, berikut ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan pemaparan terkait Fase Perkembangan Ikan Cupang berikut ini:

  1. Telur cupang: 0,07 cm diameternya
  2. Burayak cupang usia 1 hari: 0,25 cm (ekor tidak terlihat)
  3. Burayak cupang usia 1 minggu: 0,5 cm
  4. Burayak cupang usia 2 minggu: 0,6 cm (sirip punggung mulai terlihat)
  5. Burayak cupang usia 3 minggu: 0,86 cm
  6. Burayak cupang usia 4 minggu: 1,1 cm
  7. Burayak cupang usia 5 minggu: 1,5 cm
  8. Burayak cupang usia 6 minggu: 2,1 cm
  9. Burayak cupang usia 7 minggu: 2,7 cm
  10. Burayak cupang usia 8 minggu: 3,3 cm
  11. Cupang kecil usia 9 minggu: 3,9 cm
  12. Cupang kecil usia 10 minggu: 4,3 cm
  13. Cupang kecil usia 11 minggu: 4,8 cm

Cara membuat cupang menjadi lebih besar


Tempat Yang Memadahi


Biasanya toko ikan hias yang menjual ikan cupang memberikan wadah kotak kecil agar bisa menghemat ruang, karena ikan tersebut tidak bisa ditempatkan disatu wadah maka aquarium kecil menjadi solusinya. Namun, terdapat kelemahan dimana hal tersebut tidak bisa menjadikan cupang berkembang dengan maksimal. 

Jika anda ingin Ikan Cupang berkembang secara maksimal, maka harus mempersiapkan habitat setidaknya volume 18 liter (5 galon) agar bisa berkembang dengan baik.

Gunakan Air berkualitas


Salah satu penunjang fase perkembangan ikan cupang adalah air yang berkualitas, ibarat manusia butuh udara segar dan ikan butuh air yang segar pula. Untuk ikan jenis ini bisa tumbuh maksimal dengan suhu sekitar 24 hingga 27 derajat celcius.

Pakan Bernutrisi


Untuk menjunjang Fase Perkembangan Ikan Cupang selanjutnya anda perlu menyiapkan pakan yang bernutrisi, karena ikan ini termasuk jenis karnivora pemakan daging maka pakan yang pas adalah campuran peet cupang kaya protein, cacing darah kering, ataupun udang asin, serta lur (cacing sutra).

Lingkungan Sehat


Ikan Cupang yang sehat akan mampu meningkatkan fase perkembangan ikan cupang, buatlah kolam / aquarium tempat menyimpangnya sesuai dengan habitat aslinya yaitu dengan campuran tanaman air. Tapi jangan terlalu banyak dalam menggunakan tanaman air, karena akan terlalu menghabiskan kandungan udara didalam air.


Itulah Fase Perkembangan Ikan Cupang serta Cara membesarkan Ikan Cupang yang telah kami paparkan, semoga bisa bermanfaat bagi pecinta ikan cupang pemula. Jika anda memiliki ide yang bagus dalam pengelolaan burayak bisa berikan saran di kolom komentar ya guys.

Post a Comment

0 Comments