Penyebab Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung

Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung ada banyak penyebabnya, diantaranya adalah usia indukan laki laki yang belum memenuhi, artinya masih remaja dan biasanya sering melakukan kejar-kejaran.
Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung



Pernahkah anda mengawinkan ikan cupang jantan dan betina tapi ikan cupang jantan tidak mau membuat gelembung, sehingga telur betina tidak ada tempat yang bagus untuk menyimpannya. Mengapa bsa seperti itu? 


Sebelum kami membahas penyebabnya, saya mau menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pembudidaya ikan cupang pemula,

Pertanyaan Umum Seputar Pembenihan Ikan Cupang



  • berapa lama ikan cupang jantan membuat gelembung ?  Sekitar 2 jam plus perkawinan
  • kenapa ikan cupang betina tidak mau kawin ? Banyak alasannya, diantaranya usia ikan belum memenuhi
  • apakah ikan cupang betina bisa membuat gelembung ? bisa tapi tidak sebanyak yang dihasilkan pejantan, dan gelembung dari betina tidak bisa dijadikan perlindungan telur
  • penyebab ikan cupang tidak mau bertelur ? pada umumnya, ikan cupang betina belum cukup umur
  • kenapa ikan cupang jantan dan betina kejar kejaran ? Adakalanya mereka kawin dan kadang hanya perkelahian biasa, tapi jika usianya sudah memenuhi dan muncul gelembung yang dihasilkan dari betina, ada indikasi keduanya melakukan proses pembenihan
  • gelembung ikan cupang pecah ? Gelembung ikan pecah setelah di isi telur dalam kurun waktu yang singkat mengakibatkan telur ikan tidak bisa menetas
  • ciri ciri ikan cupang berjodoh?
  • ikan cupang jantan yang siap kawin akan membuat gelembung-gelembung udara yang berguna untuk ? melindungi telur ikan cupang dari berbagai serangan
  • berapa lama ikan cupang kawin? Ikan Cupang kawin selama 2-3 jam, baiknya dikawinkan pada jam 7-10 pagi atau jam 4-6 sore.

Baiklah, disini kami situs Budidaya Ikan Hias akan membahas tentang Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung berikut ini:

Penyebab Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung


Pada dasarnya, perkawinan ikan cupang dimulai dari proses pengenalan yang akhirnya kejar-kejaran atau kawin, setelah itu barulah indukan jantan membuat gelembung yang nantinya dijadikan tempat untuk perlindungan telur-telur tersebut. Tentunya ada sebabnya, diantara penyebabnya sebagai berikut:

Ikan Cupang Jantan Belum Cukup Umur


Usia indukan cupang jantan sangat mempengaruhi proses pembuahan atau pematangan gonad, biasanya ikan yang dijadikan sebagai indukan setidaknya berusia 6-7 bulan agar benih yang dihasilkan untuk membuahi telur dari betina berjalan dengan baik.

Biasanya ikan cupang yang masih muda tidak mampu menjaga telur dan burayak yang dihasilkan, berdasarkan pengalaman yang dialami oleh para ahli, ikan yang belum berumur tidak mampu menjaga dan membuat gelembung sebagai perlindungan.

Suhu Air Terlalu Dingin


Ikan Cupang merupakan salah satu ikan yang hidup di daerah tropis dengan suhu tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin, untuk itu jika anda ingin mengawinkan ikan cupang sebaiknya menggunakan suhu sekitar 24-26 derajat celcius, sedangkan untuk mengukurnya silahkan gunakan thermometer.

PH Air Kurang Baik


Penyebab Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung selanjutnya dikareinakan PH Air yang kurang baik. Berapa PH air yang ideal ? Para ahli menggunakan air dengan Kadar PH 6,5 hingga 7,2, tidak lebih dan kurang. Kadar tersebut merupakan kadar netral. Salah satu trik yang biasa digunakan para pecinta cupang agar air kembali normal , dengan menggunakan Daun ketapang berfungsi untuk menaikkan keasaman air.

Kondisi Ikan Sakit


Kondisi ikan sakit juga menjadi penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Membuat gelembung, karena ketika ikan sakit tentu tidak mampu untuk menjaga telur bahka tidak mampu membuat gelembung. Oleh karenanya, ketika anda ingin melakukan proses pemijahan bisa mengecek kondisi kesehatan indukan cupang, baik betina maupun jantan.

Kondisi Ikan Sedang Stress


Alasan yang terakhir kenapa ikan cupang jantan tidak mau membuat gelombang adalah kondisi ikan sedang stress. Kebanyakan ikan stress dikarenakan si pemilik ikan sering mengoblok-oblok airnya, dengan perputaran air yang cepat mengakibatkan cupang menjadi stress.

Selain itu, ketika anda hendak memindahkan indukan dari wadah sebelumnya ke tempat pemijahan harus pelan pelan dan berhati-hati agar ikan tidak mengalami stress berat. 

Ketika kelima penyebab itu bisa anda atasi, tentunya ikan cupang jantan mau membuat gelembung untuk dijadikan tempat perlindungan telur yang dihasilkan si betina.


Itulah Penyebab Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung yang bisa kami paparkan, semoga anda bisa mempraktikkannya dan proses perkawinan berjalan dengan baik. Setelah perkawinan berhasil dengan baik, burayak yang dihasilkan pun normal serta sehat.

Post a Comment

0 Comments