Cara Budidaya Ikan Bawal Terlengkap 2020 Prospek Menguntungkan

Budidaya Ikan Bawal - Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dibudidaya untuk dikonsumi manusia, penggemar masakan ikan bawal tergolong banya diberbagai kalangan masyarakat, ikan bawal ini juga telah dibuat dengan berbagai banyaknya makanan olahan dan cita rasa tinggi sehingga ikan ini mampu bersaing dipasaran ikan konsumsi sekelasnya.

Banyak restoran yang menawarkan masakan ikan bawal dengan resep terbaiknya, ada juga pelanggan yang menjadikan ikan bawal ini sebagai makan favoritnya, mengenai harga yang ditawarkan tergolong standard ukuran kelas bawah, artinya ikan ini dibanderol dengan harga yang murah, meskipun murah tapi bukan murahan, pasalnya ikan ini memiliki gizi dan nutrisi penting untuk tubuh manusia, dengan peluan tersebut menjadikan budidaya ikan bawal menjadi lebih menantang.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
Budidaya Ikan Bawal

Untuk budidaya ikan bawal jenis air tawar ini tidaklah sulit, semuanya itu tergantung dengan niat dan kerja keras yang kita miliki, tentunya juga tidak luput dengan campur tangan Tuhan ya! Hehe, agak ceramah nih… ikan bawal memiliki karakter yang agak ganas dengan sifatnya pemakan ikan( jenis Omnivora), ikan ini juga memiliki sifat kanibal atau yang sering kita sebut sebagai ikan predator.


Budidaya ikan bawal tentunya membutuhkan modal terlebih dahulu, modal Budidaya Ikan Bawal tidak terlalu mahal layaknya Budidaya Ikan hias arwana dan lain sebagainya, namun takk menutup kemungkinan akan mengeluarkan uang puluhan juta untuk memulai budidaya ikan bawal agar mendapatkan keuntungan yang melimpah pula.

Salah satu yang harus ada sebelum membudidaya ikan bawal adalah media kolam yang cukup luas, apabila anda memiliki tanah lapang yang kosong bisa kita jadikan sebagai kolam tanah, apabila tidak memiliki tanah yang luas bisa menggunakan kolam tanah dan semen. Untuk jenis kolam itu tergantung dengan kebutuhan dan keadaan lingkungan kita.

CARA BUDIDAYA IKAN BAWAL


Untuk budidaya ikan bawal perlu adanya kesabaran dan ketelitian dalam bekerja agar budidaya yang kita lakukan bisa sukses, selain itu juga ada beberapa panduan dan tips jitu untuk budidaya ikan bawal. Nah, kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Budidaya Ikan Bawal dengan baik dan mudah serta simple sebagai berikut.

1. Persiapan kolam


Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk budidaya ikan bawal adalah mempersiapkan kolam ikan yang ideal untuk budidaya ikan bawal, kali ini kami akan mereview kolam tanah saja karena yang membutuhkan tenaga serta modal  yang cukup besar.  Ukuran kolam tanah bervariasi tergantung kebutuhan dan keadaan lingkungan kita. Biasanya kolam ikan bawal yang dibuat berukuran 5 M x 10 M 2 M , itupun kalau anda memiliki tanah kosong yang luas, apabila tidak memiliki bisa menggunakan media kolam terpal.

Proses pembuatan kolam ikan lele dengan media tanah ttidak semudah apa yang kita pikirkan, kolam tanah yang kita gali diharuskan untuk mengeringkannya sampai retak tanahnya. Pengeringan tersebut berguna untuk membunuh mikroorganisme yang akan mengakibatkan penyakit jahat untuk budidaya ikan bawal meningkat, kemudian taburkan pupuk kompos kedalam bawah kolam hingga merata sampai ketebalan 30 cm dan diamkanlah selama 3 hari saja.


2. Pemupukan


Setelah kolam ikan bawal sudah kering dan terlihat retak dasar kolamnya,langkah selanjutnya adalah prosesi pemupukan  yang bertujuan untuk mengatur pH tanah agar kadar asam bisa stabil dan juga berguna untuk membuat pakan alami yang hidup diair kolam, misalnya hewan plankton, kutu air serta pakan alami lainnya, pakan alami berguna saat ikan ditebarkan pada kolam.

Adapun jenis pupuk yang baik untuk digunakan adalah pupukkapur (dolomid) dan urea, pemakaiannya dengan cara mencapurkan pupuk dengan tanah permukaan kolam secara merata dan tentunya dengan dosis yang cukup disetiap sudut terpenting agar nantinya kondisi pH air terjaga keasamannya.

3. Mengisi Air


Setelah kolam ikan siap, maka langkah selanjutnya adalah pengisian air pada kolam yang telah disediakan. Pengisian air pada kolam mencapai hingga ketinggian air 50-70 cm karena berfungsi juga untuk menyetabilkan tingkat pH dan Asam secara stabil. Kemudian setelah kolam ikan diisi air, langkah selanjutnya diamkan selama 15 hari agar mampu menghidupkan  fitoplankton dan kutu air yang akan menjadi makanan ikan alami.

Mengisi air lebih baik diisi secara bertahap agar sinar matahari mampu menembus dasar laut agar prosesi pemupukan dan menghidupkan fitoplankton berhasil. Dengan bantuan pakanalami menjadikan pembudidaya ikan bawal semakin ringan.

4. Penebaran Benih


Berikutnya, langkah keempat adalah penebaran bibit ikan bawal pilihan, kenapa harus pilihan? Karena buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, dengan kata tersebut menjadikan pemilihan benih ikan harus berkualitas.

Penebaran bibit ikan bawal yang baik bisa dilkukan pada hari dan malam hari, ikan ini merupakan ikan yang memilik daya tahan yang kuat.  Pasalnya saat penebaran ikan bawal tidak perlu menimbang ikan,hanya saja langsung menebarkan benih ikan kekolam ikan yang sudah disiapkan, dengan syarat pelan-pelan agar ikan tidak bisa stress.

Lebih amannya, benih ikan bawal jangan langsung dipublis di facebook, karena dengan habita yang baru akan menjadikan ikan bawal stress dan akhirnya mati. Caranya agar terhindar dari stress adalah mempersiapkan ember ataupun bak air kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan bawal. Diamkanlah selama 30 menit agar bisa menyesuaikan dengan lingkungan kolam ikan yang baru.

5. Perawatan Ikan Bawal


Langkah selanjutnya adalah proses pembesaran benih ikan bawal, pada proses pembesaran ikan bawal  harus memperhatikan beberapa hal penting diantaranya memberikan pakan yang berkualitas dan teratur. Pakan yang bisa kita berikan berupa pakan ikan bawal alami dan pakan ikan bawal buatan, pakan yang alami yaitu pakan yang sudah kita buat tadi berupa fitoplankton dan kutu air.

Sedangkan pakan buatan adalah pelet, pelet yang baik adalah ikan 781-2 SP yang ukruannya sesuai ikan tersebut, dengan gizi yang baik. Pakan yang baik yang memiliki kandungan protein 30% karbohidrat 30% dan lemak 20% agar proses pertumbuhan ikan bawal akan berlangsung cepat. Mengenai waktu pemberian pakan bisa dilakukan pada pagi hari, siang hari, sore dan malam haru. Untuk waktu malam hari, porsi pakan lebih banyak karena malam hari merupakan waktu yang panjang.

Saat anda memberikan pakan ikan bawal, anda juga harus jeli dan teliti perilaku dan kendala budidaya ikan bawal, apabila terdapat ikan yang bermasalah berupa penyakit, stress dan lain sebagainya, anda seorang pembudidayaikan hias harusnya langsung memberikan penanganan yang insentif. Lebih baiknya bisa diberikan vitiamin setiap 1 kali seminggunya selama berlangsung.


Panen Hasil Ikan Bawal


Langkah terakhiradalah panen ikan bawal, proses inilah yang ditunggu-tunggu oleh pembudidaya ikan bawal, ikan ini bisa dipanen ketika sudah berumura 4 sampai 6 bulan, biasanya waktu tersebut sudah bisa menghasilkan ukuran yang besar yaitu 500 gram/ekor, dengan kepadatan 4 ekor/m2.

Itulah Cara Budidaya Ikan bawal terbaru yang sudah kami paparkan dengan detail dan rinci, semoga dengan ilmu yang kami paparkan bisa bermanfaat bagi kita semua agar budidaya ikan bawal bisa lancar dan keuntungan pun melimpah.

Post a Comment

0 Comments