12 Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen Dan Filter

iklan
iklan fluid
Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen jenisnya banyak sekali dan itu perlu anda ketahui karena ketika anda memlihara ikan hias yang butuh oksigen tidak pas bahkan bisa mati jika tidak diberi oksigen, 

untuk itu anda perlu mengetahui beberapa jenis ikan hias yang tidak membutuhkan aksesoris seperti filter, aerator, sirkulator dan oksigen.

Akuarium yang anda beli tidak ada ruang untuk penyaringan? Filter sangat penting bagi beberapa ikan hias seperti ikan koi, ikan koki, ikan manfish dan lain sebagainya,

tapi untuk ikan sejenis ikan komet, ikan guppy dan lain sebagainya tidak mempermasalahkan hal itu karena ikan tersebut termasuk salah satu dari  jenis ikan akuarium tanpa oksigen bisa hidup dengan baik.

Memang untuk kelayakan hidup ikan hias membutuhkan banyak aksesoris agar kehidupannya seperti halnya hidup di perairan luas, 

akan tetapi karena keterbatasan tempat dan aksesoris anda perlu memilih jenis ikan hias yang diletakkan pada akuarium yang tidak membutuhkan oksigen.

Ada banyak jenis ikan hias air tawar yang bisa anda pelihara tanpa harus menyediakan peralatan, aksesoris dan perlengkapan akuarium. 

Sobat hanya membeli akuariumnya saja kemudian memasukkan ikannya di akuarium yang sudah terisi air. 

Lantas apa saja jenis ikan ikan hias akuarium tanpa oksigen?

Baiklah, berikut ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan daftar jenis ikan yang hidup di air tanpa membutuhkan aerator:

Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen


1. Ikan Cupang


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Ikan pertama yang menjadi deretan ikan hias yang hidup pada aquarium tanpa oksigen adalah ikan cupang, karena ikan tersebut merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. 

Opsi pertama bagi anda yang menginginkan ikan hias air tawar tanpa oksigen adalah ikan cupang, silahkan pelihara ikan cupang tanpa menggunakan aerator, asalkan pakan ikan terpenuhi maka ikan cuppang mampu hidup dengan baik.

Sekilas membahas tentang ikan cupang, ikan cupang yang memiliki nama latin Betta adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat popular dengan keunikannya yang tinggi. 

Ikan ini memiliki ambisi dan emosi yang tinggi, kenapa demikian? Karena ketika bertemu satu dengan lainnya ambisi untuk menyerang sangat tinggi. 

Jadi anda perlu memetakan dan memisahkan satu ikan dengan ikan cupang lainnya.

2. Ikan Guppy


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Jenis ikan kedua pada jajaran Jenis Ikan Hias Akuarium tanpa oksigen adalah ikan Guppy, 

ikan tersebut akan memiliki hidup yang layak meskipun tanpa oksigen, dan perawatannya sangat mudah tidak seperti ikan cupang yang harus menyendirikan satu dengan yang lainnya. 

Justru ikan ini bisa dicampur antara jantan dan betina agar proses pemijahan berjalan dengan baik.

Ikan Guppy memiliki banyak jenis dari harga yang paling murah dan paling mahal, entah itu guppy impor maupun guppy lokal, semuanya memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. 

Memang ikan ini bisa hidup layak tanpa adanya aerator, namun tidak menutup kemungkinan jika diberi aerator kehidupannya akan lebih layak.

3. Ikan Molly


Selanjutnya adalah ikan molly yang merupakan salah satuu jenis ikan hias akuarium tanpa oksigen, jadi ikan ini bisa anda jadikan opsi ketika anda menginginkan ikan hias yang dipelihara tanpa aerator sekalipun, selain perawatannya yang mudah juga proses pemijahan yang mudah pula.

Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Ikan Molly ini memiliki jenis yang banyak dengan varian warna yang berbeda diantaranya ada warna hitam, putih, kuning dan lain sebagainya. 

Apabila anda ingin budidaya, proses pemijahan ikan molly sangat mudah meskipun tanpa adanya oksigen, tinggal dicampur saja ikan molly dewasa jantan dan betina dan tunggu saja hingga muncul bayi-bayi mungil dari ikan molly.

4. Ikan Swortail ( Ikan Pedang )


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Selanjutnya adalah ikan Swortail yang menjadi salah satu jenis ikan hias akuarium tanpa oksigen, perawatannya sangat mudah dan pemijahan yang juga mudah sekali. 

Perlu anda ketahui bahwa ikan pedang ini sering disebut dengan ikan platy.



5. Ikan Platy


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Ikan Platy sebenarnya berbeda dengan ikan pedang, akan tetapi kebanyakan orang menganggapnya sama dan ikan platy juga masuk pada golongan Ikan Hias Akuarium Tanpa oksigen. 

Ikan jenis ini memiliki banyak jenis dan varian warna yang berbeda, jika anda ingin mempeliharanya silahkan beli ikan platy dengan warna yang sobat sukai.

6. Ikan Lele Hias


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Ikan kali ini menjadi ikan yang paling tangguh, karena kekebalan tubuhnya sangat tinggi yang disebut dengan ikan lele, akan tetapi ikan lele yang dimaksud kali ini bukanlah ikan lele yang sering kita konsumsi, 

akan tetapi ikan lele hias yang memiliki warna yang indah dan menjadi salah satu jenis Ikan Hias Aquarium tanpa oksigen.


7. Ikan Sapu Sapu


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Ikan sapu-sapu sering disebut sebagai ikan pembersih kaca, kenapa demikian? 

Karena keunikan ikan ini adalah memakan lumut, sisa makanan yang menempel di kaca akuarium, ikan ini bisa hidup dengan baik meskipun tanpa adanya oksigen. 

Jadi saat anda memelihara ikan sapu sapu tidak perlu memberikan aerator didalamnya.

8. Ikan Nila


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Ikan Nila menjadi salah satu jenis Ikan Hias Air Tawar akuarium tanpa oksigen, lihat saja pada kolam-kolam ikan besar yang memang dibudidayakan untuk dipanen dan dikonsumsi. 

Ikan tersebut bisa hidup dengan baik meskupn tanpa adanya aerator atau udara. Ikan nila hias ini bisa anda jadikan sebagai peliharaan anda diakuarium yang sudah disediakan.


9. Ikan Komet


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Berikutnya adalah ikan komet yang sering disebut dengan ikan mas, ikan ini bisa sejahtera hidup ada air yang tidak ada oksigennya, artinya ikan ini menjadi salah satu jenis ikan hias akuarium tanpa oksigen. 

Ikan ini memiliki banyak penggemar, karena di tempat penjualan ikan hias terdapat banyak pengunjung yang membeli ikan hias ini dengan alasan harga yang sangat murah dan estetika keindahannya tinggi.


10. Ikan Koki


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Sebenarnya ikan koki bisa dipelihara pada akuarium tanpa oksigen, akan tetapi jenis ikan ini sedikit lebih lemah. 

Apabiila keadaan air pada kolam atau akuarium sedikit kotor maka bisa bisa ikan ini mati, jadi anda lebih berhati-hati dalam memelihara ikan jenis ini. 

Jika tidak ada aerator ataupun filter, maka sering-seringlah mengganti air agar kebersihannya tetap terjaga.

11. Ikan Wader Hias


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Selanjutnya adalah ikan wader hias, kenapa ikan ini bisa tahan? Lihat saja ikan wader hias yang berada di sungai yang tenang, ikan wader dengan sehatnya kejar-kejaran dan kehidupannya baik.

12. Ikan Sepat Hias


Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen

Ikan ini menjadi salah satu kategori ikan hias akuarium tanpa oksigen yang bisa anda jadikan sebagai ikan hias di ruang tamu anda.

Sebenarnya masih banyak jenis ikan hias akuarium tanpa oksigen yang belum saya sebutkan, dan itulah 12 ikan hias yang bisa hidup di aquarium tanpa oksigen yang berhasil kami paparkan, terimakasih atas kunjungannya.
iklan auto relax

Post a Comment

2 Comments

  1. terimakasih atas informasinya, info yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Jangan lupa juga kunjungi blog pribadi saya yang mengulas banyak artikel tentang segala jenis ikan dan juga segala jenis ikan Juara Tani
    Salahsatunya tentang pembahasan beberapa jenis ikan hias yang bertelur, dalam pengenalan ikan hias ada beberapa jenis ikan yang berkembang biak dengan bermacam teknik pengembang biakkan, dia antara beberapa di antara nya ialah silahkan baca artikel berikut ini : Ikan Hias Bertelur

    ReplyDelete