logo blog

Cara Budidaya Ikan Tawes Di Kolam Terpal Dan Alami

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Budidaya Ikan Tawes Di Kolam Terpal Dan Alami

Konten [Tampil]
Budidaya Ikan Tawes - Satu lagi ikan air tawar sebagai ikan konsumsi yang populer dimasyarakat Indonesia khususnya,  ikan tersebut adalah Ikan Tawes yang bernama latin puntius javanicus , masyarakat Indonesia lebih suka memanggilnya dengan sebutan ikan tawes. Ikan yang memilki kualitas rasa yang tinggi.

Ikan tawes merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak penggemar di Indonesia, pasalnya terdapat daya tari berupa potensial ekonomis yang tinggi untuk dijadikan sebagai ladang bisnis masyarakat Indonesia. Selain budidaya ikan tawes yang mudah juga memiliki kualitas rasa daging yang lezat dengan gizi terbaiknya tentunya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen

budidaya ikan tawes
Bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan untuk berwira usaha dengan mudah dan biaya yang cukup ringan, bisa menjadikan budidaya ikan tawes sebagai ladang usaha baru.  pasalnya cara budidaya ikan tawes tidak membutuhkan waktu yang lama, dan perawatan ikan sangat mudah.


Untuk bisa menghasilkan ikan tawes yang berkualitas, tentunya membutuhkan tips dan cara untuk membudidaya ikan tawes dengan mudah dan cepat, banyak cara yang akan anda lakukan diantaranya menyiapkan kolam , perawatan ikan tawes hingga menuju proses pemanenan ikan tawes.


Seperti yang kami katakan tadi, sebenarnya apabila dicermati dengan betul, budidaya ikan tawes bukanlah hal yang sulit. yang terpenting disini adalah proses kesungguhan dan kesabaran anda saat menjalankan proses budidaya, bahkan proses kegagalan yang menghadang anda sikapi dengan rasa sabar. Tapi perlu anda ketahui, dengan ketelatenan anda akan mendekatkan kepada keberhasilan yang terhadang oleh kegagalan.

Sebelum proses budidaya ikan tawes berlangsung, sebelumnya kami situs Budidaya Ikan Hias akan menjelaskan terlebih dahulu kronologis dan ciri morfologis ikan tawes berikut ini.

Ciri-Ciri Morfologi Ikan Tawes


Ciri ikan tawes paling umum adalah memiliki bentuk badan yang agak panjang serta memipih kesamping dan punggung meninggi, Sedangkan untuk bentuk mulut lebih mengecil. Terdapat kumis atau sungut sebanyak dua pasang ikan tawes. Ciri lain yang juga bisa kita dapatkan adalah dengan bentuk bagian punggung berwarna gelap serta sirip ekor bercabang atau bisa disebut dengan ekor bertiang.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal

CARA BUDIDAYA IKAN TAWES



Ikan Tawes ialah ikan yang hidup di perairan sungai, dengan ukuran panjang maksimum mencapai 50 cm, dan proses pemijahan ikan ini berlangsung pada musim penghujan. telur yang ditetaskan akan tenggelam didasara air dengan warna kuning bening / transparan dengan sifat yang tidak menempel. Suhu yang baik untuk keadaan telur ikan berkisara 25 derajat celcius. Telur menetas saat berumur 20 jam saat telur dibuahi.


Ikan tawes merupakan ikan jenis herbivora atau pemakan tumbuhan, jadi setelah ikan memiliki panjang sekitar 10cm maka ikan ini akan mencarai pakan sendiri dengan mengkonsumsi tumbuhan seperti Ceratophyllaceae, Najadaceae, Characea, Chorophyceae, rumput rumputan dan lain lain.

Setelah mengetahui ciri morfologis dan sifat biologis ikan tawes, kini saatnya masuk pada langkah budidaya ikan tawes dimulai pemeliharaan indukan hingga proses panen ikan tawes berikut ini.

Pemeliharaan Indukaan



Untuk memudahkan proses budidaya ikan tawes agar lebih cepat, maka sebaiknya indukan ikan tawes jantan dan indukan ikan tawes betina dipelihara terlebih dahulu secara terpisah, atau bisa menggunakan sekat agar menjadi pemisah dan tidak bercampur hingga waktu pemijahan tiba.

Indukan Ikan Tawes sudah pantas dipijahkan apabila sudah berumur sekitar 1 tahun, dan emiliki bobot sekitar 250 gram per ekor, akan tetapi khusus indukan jantan biasanya usia 6 hingga 8 bulan sudah mudali matang gonad atau matang kelamin dan siap untuk dikawinkan dengan betinanya.

Sebelum pemijahan, perlu dibekalkan kepada pembudidaya untuk bis mengetahui indukan ikan jantan dan indukan ikan tawes betina.

Ikan tawes Jantan  


Cirinya untuk membedakan induk tawes jantan dan betina yang praktis adalah dengan cara memijit perut  perlahan menuju kearah dubur.

Pada iInduk ikan Taes jantan akan mengeluarkan cairan putih susu, gerakannya juga tampak lebih lincah dan tutup insangnya terasa kasar bila diraba.

Ikan tawes betina


Ikan tawes betina mudah untuk dibedakan, ikan betina yang telah matang kelamin bertana tubuh bagian perut akan membesar ke arang lubang urogenital dan tampak lebih gemuk. Apabila dibagian perut diraba perlahan akan terasa lembek, perbedaan yang moncolok terdapat pada lubang urgenital berwarna merah dan pembuluh darah yang berada di sirip sirip tampak kemerah-merahan.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Toman Di Kolam Terpal


Pemeliharaan Ikan Tawes


Pada tahap pembesaran ikan tawes hingga berukuran besar dan siap untuk dikonsumsi hampir sama dengan teknik pendederan, akan tetapi perbedaannya, perawtan ikan tawes tidak membutuhkan pakan alami apabila sudah berukuran besar.

Plankton yang berada didasar kolam memang tidak dimakan oleh ikan tawes, akan tetapi pertumbuhan plankton masih diperlugan berguna untuk menjaga stabilitas dan kualitas air agar lebih terpelihara. Pada perairan air subur akan menjadikan pertumbuhan ikan lebih stabil dan pas untuk pertumbuhan ikan tawes.

Untuk pakan yang diberikan secara pasti, hanya memberikan pakan tambahan berupa pelet yang dicampur dengan dedaunan sebagai pemicu pertumbuhan ikan tawes, karena ikan tawes merupakan ikan berjenis herbivora pemakan tumbuhan. Untuk rasio pakan ikan tawes diberikan secukupnya, tergantung banyak sedikitnya ikan tawes yang anda pelihara, berilah pakan secara teratur pagi dan sore agar proses perkembangan ikan tawes lebih berhasil.

Panen Ikan Tawes


Langkah terakhir adalah proses pemanenan Ikan Tawes, Ikan tawes siap dipanen apabila sudah memiliki bobot hingga 200 s.d  300 gram per ekor, lebih mudahnya bisa dipanen bila sudah berbobot 1 kg untuk 5 ekor ikan tawes. Adapun umur ikan yang siap panen sekitar 4 hingga 6 bulan, barulah ikan tawes bisa dipanen.

Proses pemanenan Ikan Tawes bisa dilakukan kapan saja dengan ukuran berapa saja, pastinya mengenai kapan waktu panen bisa disesuaikan dengan permintaan pasar. Adakalanya permintaan pasar kepada ikan tawes berukuran kecil, sedang ataupun ukuran besar.

Pada saat proses pemanenan tersebut, saatnya juga mengambil keuntungan yang besar karena proses pemanenan membutuhkan waktu lama sehingga keuntungan akan menghampiri anda.

Perlu ditekankan sekali lagi mengenai Budidaya Ikan tawes bukanlah hal yang sulit, karena kesulitan itu hanya mainsite diri sendiri yang membatasi kesuksesan diri seorang pembudidaya , khususnya pembudidaya ikan tawes. Ikan tawes yang sudah memilki bobot 200 gram per ekor bis langsung dipasarkan dan dipasokkan kepada pemasok guna dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Bailah, Itulah Cara Budidaya Ikan Tawes yang berhasil kami rangkum, Semoga artikel ini bermanfaat sehingga membantu anda dalam proses budidaya ikan tawes dengan mudah. jangan lupa dishare agar pembudidaya ikan tawes menyebar di Indonesia dan akhirnya perekonomian di Indonesia semakin meningkat.

Gimana guys? budidaya ikan tawes mudah bukan? selain mudah juga modal yang dikeluarkan cukup sedikit,  dengan hanya menyiapkan kolam terpal sebagai media budidaya ikan tawes. Terimkasih salam Budidaya.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

No comments

Orang Juga Mencari