Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Dan Beton

Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal – setelah membahas tentang cara budidaya ikan lele dan toman, kini kami akan memberikan panduan lengkapu untuk Budiday Ikan Gurame dengan mudah dan jelas.

Bagi masyarakan Indonesia tentunya Budidaya Ikan Gurame tidaklah asing dengan ikan satu ini yang memiliki daging  yang sangat lezat untuk dikonsumsi, harga yang ditawarkan cukup mahal dan cukup dalam untuk mengocek uang. 

Terdapat banyak restoran terkenal dan menjadikan ikan Gurame sebagai bahan masakan andalannya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen

Budidaya ikan gurame

Ikan Gurame mampu menjadi salah satu primadona bagi pecinta makanan berbahan dasar ikan. 

Karena permintaan yang besar dipasaran ikan di Indonesia, menjadikan para pengusaha untuk berinovasi menciptakan peluang usaha dengan Budidaya Ikan Gurame, 

tentunya sangat mudah untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Bahkan anda yang membaca artikel ini juga memiliki berbagai rencana untuk budidaya Ikan Gurame ini, tapi terkadang bingung darimana harus memulai usaha ikan gurame ini. 

Seharusnya anda tidak perlu bingung karena artikel ini akan membantu anda untuk bisa memelihara ikan tersebut dengan mudah.

Budidaya ikan Gurame sangat menjanjikan, pasalnya harga yang ditetapkan dipasaran tergolong stabil bahkan terus meningkat. Sementara pemasok ikan tergolong sedikit.  

Petani ikan tersebut sedikit, sedangkan kebutuhan meningkat. Apalagi saat ini banyak restoran yang menyediakan dan melayani ikan gurame panggang dan masakan lainnya.

Sebelum membahas Cara Membudidaya Ikan Gurame, terlebih kami Situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan syarat yang harus dilakukan, 

karena ikan gurame merupakan makhluk hidup sehingga ikan tersebut memerlukan beberapa syarat tumbuh yang harus dipenuhi. 

Syarat-syaratnya sebagai berikut.

Syarat pertumbuhan Ikan Gurame


Syarat pertama yang harus dilakukan adalah, memiliki oksigen yang harus memadai, adapun suhu yang ideal adalah 25 derajat minimum dan untuk maksimum hingga 29 derajat.  

Ketinggian tempat budidaya 200 hingga 500 meter diatas permukaan laut.

Kemudidan untuk pH air, disesuaikan hingga 6,5 – 7 merupakan pH air yang netral, sehingga tidak terlalu asam ataupun basa. Kolam yang dibuat harus mengandung pasir sekitar 40% dengan tipe tanah gembur.


Sebenarnya ikan gurame bisa hidup diberbagai tempat, bahkan tidak terlalu mendukung syarat tumbuhnya pun bisa hidup. 

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Dan Beton


Namun kualitas ikan akan berkurang, pasalnya pemasaran yang dipasarkan harus berkualitas bagus dan terjamin. Sehingga ada baiknya juga memenuhi syarat tersebut. Selanjutnya masuk pada persiapan budidaya ikan Gurame sebagai berikut.

Buat Kolam Tanah


Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah membuat kolam tanah untuk ikan gurame, adapun ukurannya sebesar 10 meter persegi dengan kedalaman dibawah 1 meter, jangan terlalu dalam. 

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Dan Beton


Dengan luas tersebut menjadikan pertumbuhan ikan gurame menjadi lebih efektif.

Sedangkan untuk kolam pemijahan membutuhkan kolam seluas 200 meter persegi untuk memberikan tempat untuk ikan ikan yang bertelur, dengan kolam yang luas menjadikan ikan betina leluasa memijahkan anaknya sehingga kolam tidak terlalu penuh. 

Sedangkan untuk burayak ikan memerlukan 60 meter persegi.

Memelihara Ikan Gurame harus bisa memetakan, memisahkan antara benih ikan dan ikan yang besar, mestinya terdapat beberapa kolam untuk memisahkannya, 

adapun untuk pemijahan anakan ikan gurame membutuhkan kolam ikan yang lapang agar telur bisa disimpan hingga menetas dan disembunyikan di sisi kolam.


Apabila telur sudah menetas, kolam tersebut akan penuh hingga berumur 12 sampai 30 hari, kemudidan saat ikan sudah berbobot 10 sampai 15 gram/ ekor (4 bulan).  

Benih tersebut sudah bisa diedarkan ke pembudidaya ikan lainnya. Terkadang juga ada pembudidaya yang menjual telur ikan gurame untuk ditetaskan.

Prosesi pembesaran ikan Gurame


Untuk pembesaran ikan gurame berlangsung cukup lama, untuk pemanenan biasanya berbobot hingga 500 gram/ekor, namun tentunya penentuan ukuran dan bobot tergantung kualitas ikan gurame tersebut.

CARA BUDIDAYA IKAN GURAME


Baiklah, Budidaya Ikan Gurame bisa dilakukan oleh orang berbagai kalangan, termasuk anda bisa untuk membudidaya ikan Gurame.

1. Konstruksi Kolam


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat konstruksi kolam dengan peraturan yang ideal, karena kolam merupakan sarana utama yang harus diperhatikan dengan baik.  

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Dan Beton


Jenis kolam ikan gurame yang banyak digunakan adalah Budidaya ikan gurame di kolam tanah, budidaya ikan gurame di kolam terpal, ataupun budidaya ikan gurame menggunakan keramba jarring apung.

Kolam yang digunakan untuk budidaya ikan gurame seharusnya harus dikeringkan terlebih dahulu hingga tanah sudah retak-retak. 

Berguna untuk mematikan mikroorganisme dan kuman jadi mati. Setelah pengeringan digemburkan permukaan tanah hingga ammonia hilang.

Setelah pengeringan, adalah pengapuran yang berguna untuk menyeimbangkan pH tanah dan berguna untuk menghilangkan mikroorganisme pathogen. 

Jenis kapur yang diguanakan adalah kapur domolit.  Dilakukan dengan cara menebar secara merata di permukaan kolam. Adapun dosis yang digunakan berdsasarkan rumus, semakin asam tanah maka semakin banyak kapur yang digunakan.

Setelah proses pengeringan dan pengapuran, langkah selanjutnya adalah pemupukan dengan cara menambah pupuk organic dan pupuk urea atau TSP.  

adapun jenis ikan organic yang bisa digunakan adalah pupuk kandang atau kompos. Tujuan pemupukan kolam adalah menyediakan nutrisi bagi organism seperti plankton dan kutu air yang akan dijadikan sebagai makanan ikan gurame alami.

2. Prosesi Pengisian Air



Adapun pengisian air untuk mengisi kolam yang sudah siap bisa dilakukan secara bertahap dengan air yang bersih. 


Bertahap hingga penuh, dan memungkinkan biota kolam seperti fitoplankton bisa tumbuh dengan baik. 

Sesudah air kolam dipenuhi fitoplankton dengan tanda air berwarna hijau bisa menebarkan ikan gurame siap untuk ditebar.

Apabila anda kekurangan lahan, anda bisa menggunakan kolam dengan media terpal. Tentunya dengan perawatan yang maksimal, sehingga cara Budidaya ikan Gurame bisa berjalan dengan baik.

3. Penebaran Bibit Ikan


Setelah persiapan kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan gurame siap, langkah selanjutnya adalah dengan menebarkan benih ikan gurame yang berkualitas. 

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Dan Beton


Sebelum dimasukkan pada kolam ikan, masukkan ikan pada ember dan masukkan ember pelan-pelan berada di kolam agar ikan tidak stress. Setelah 5 menit baru ember dimiringkan agar ikan bisa keluar dengan sendirinya.

4. Pemberian Pakan



Ikan Gurame merupakan salah satu spesies ikan pemakan tumbuhan ( herbivore), namun apabila benih ikan gurame besar akan memiliki sifat karnivora, dengan demikian pakan ikan yang diberikan saat ikan masih kecil bisa berupa kutu air ( Daphnia), cacing sutra.
 
Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Dan Beton


Dan ketika sudah besar akan bersifat herbivore.

Makanan pokok ikan gorame bisa berupa pelet yang memilki gizi yang cukup, pemberian pakan bisa dilakuakn 2 kali sehari, pagi dan sore secukupnya, 

ingatlah ikan gurame merupakan salah satu ikan yang rakus. Selain pelet, ikan gurame bisa diberi pakan daun dan sayuran agar pertumbuhan ikan lebih cepat.

Dengan pemberian pakan yang teratur dan berkualitas tinggi akan meningkatkan pertumbuhan ikan lebih cepat, sehingga ikan gurame akan lebih cepat dipanen. 

Namun jangan sampai kelebihan pakan, pasalnya pakan ikan yang tersisa akan menjadik pemicu penyakit dan stress. 

Limbah yang dihasilkan mengandung ammonia yang akan meracuni ikan gurame, Jadi ada saatnya untuk menambah air di kolam .

5. Perawatan dan Panen



Perawatan merupakan hal yang penting, harus selalu memeriksa kuota air, suhu dan pH air dan pada saat malam hari hindarkan dari cahaya yang terang seperti senter.  

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Dan Beton


Pasalnya dengan cahaya yang berlebihan akan menjadikan ikan stress.

Langkah yang terakhir adalah panen, panen bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan pasar, adapun mengenai berapa berat dan panjang ikan dipersilahkan bagi pembudidaya ikan gurame untuk bisa menentukannya sendiri. 

Dan al hasil, keuntungan yang akan datang dihadapan anda.

Baiklah, itulah cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal dengan menggunakan berbagai media kolam, dengan cara yang mudah akan menjadikan pembudidaya ikan Gurame berjalan dengan lancar.

Post a Comment

0 Comments