Cara Budidaya Ikan Cupang Di Kolam Terpal Omset Puluah Juta

Cara Budidaya Ikan Cupang Di Kolam Terpal bisa anda pelajari di artikel ini karena materi yang akan dibahas meliputi jenis, pakan, tempat serta proses pemijahannya. Dengan media kolam terpal akan menghemat tempat serta biaya yang murah dibandingkan dengan media kolam beton atau aquarium.

Kenapa harus ikan cupang? Salah satu alasan orang lebih suka budidaya ikan cupang karena biaya yang cukup murah, tidak membutuhkan medan terlalu banyak serta proses ternak tidak terlalu ribet. Namun meskipun tergolong mudah, anda harus mempelajari dengan seksama Cara Budidaya Ikan Cupang Di Kolam Terpal.
budidaya ikan cupang di kolam terpal

Cara Budidaya Ikan Cupang di Kolam Terpal


Baiklah, kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan membahas tutorial Cara Budidaya Ikan Cupang Di Kolam Terpal dengan mudah berikut ini.

1.Persiapan kolam budidaya


Terpal yang dibutuhkan untuk persiapan wadah budidaya ikan cupang dengan ukuran 100 x 200 x 40 cm yang nantinya akan disesuaikan dengan lahan yang ada. Untuk terpal, hanya khusus ikan cupang yang sudah dewasa yang nantinya akan dimasukkan kedalam kolam ini.

Sedangkan untuk burayak atau bayi ikan cupang, sementara dimasukkan ke terpal terlebih dahulu, Sebaiknya tempat kolam untuk memelihara burayak ikan hingga berusia 3 minggu karena suhu di akuarium lebih stabil, setelah tumbuh remaja bisa dipindahkan ke wadah soliter.

Wadah soliter ini bertujuan agar sesama ikan cupang tidak saling bertengkar dan bertujuan untuk proses pertumbuhan dan fokus keindahan ekor siripnya. 

2. Proses pemijahan ikan cupang


Sama seperti budidaya ikan lainnya, dalam proses budidaya ikan cupang di kolam terpal bisa melakukan proses pemijahan. Sebelum itu, anda harus mempersiapkan indukan jantan dan betina berkualitas terlebih dahulu agar mampu menghasilkan burayak yang berkualitas pula.

Untuk itu silahkan lihat Ciri Ciri Indukan Ikan Cupang Yang baik berikut ini:

Ciri ikan cupang jantan:


  • Berusia Setidaknya 6-7 Bulan
  • Bentuk badan proporsional dengan sirip memanjang
  • Gerakan yang Agresif
  • Kondisi Badan Sehat


Ciri ikan cupang betina


  • Usia mencapai 6 bulan
  • Bentuk Badannya Membulat
  • Gerakan agak lambat tidak segesit jantan
  • Sirip pendek kurang menarik
  • Badan Sehat

3. Proses perawatan anakan cupang


Setelah anda mendapatkan indukan yang berkualitas dan melakukan proses pemijahan nantinya akan menghasilkan telur yang terlindungi pada gelembung ikan cupang, usia telurnya akan menetas pada hari ke 2 atau ke3. Nah, pada saat inilah ikan cupang jantan menjadi lebih agresif menjaga anak-anaknya dari serangan predator.


Sampai hari keempat penetasannya burayak tidak perlu diberikan makan karena masih membawa bekal dari ibunya, dan dihari kelima waktunya kita memberikan pakan ikan berupa kutu air atau artemia yang nantinya  membuat pertumbuhan burayak lebih cepat.

Menginjak usia 15 hari, burayak sudah mulai membesar dan boleh dipisahkan dengan sang indukan jantan dan betina ke kolam terpal pembesaran. Sedangkan untuk indukan bisa dipindahkan ke kolam asalnya. 

4. Proses pembesaran


Setelah ikan cupang dipindahkan ke kolam terpal sebagai pembesaran kini kita fokus kedalam proses pembesaran agar lebih maksimal. Untuk ukuran kolam terpal yang dijadikan pembesaran baiknya berukuran 100 x 40 x 60 cm.

Kolam pembesaran baiknya di isi air terlebih dahulu dan diendapkan selama semalaman dengan garam ikan, daun ketapang, dan juga enceng gondok agar PH air bisa terjaga. Untuk pakannya, anda bisa memberinya dengan cacing sutra atau jentik nyamuk yang halus supaya cepat proses pembesarannya di kolam terpal.

5. Masa Soliter


Langkah terakhir untuk Cara Budidaya Ikan Cupang Di Kolam Terpal yaitu masa soliter, dimana ikan cupang yang memasuki taham pembesaran sejak usia 1,5 bulan harus dipindahkan ke media botol-botol soliter, dengan tujuan agar tidak saling bertengkar dan fokus memperindah pertumbuhan ekor siripnya.

Berapa lama masa soliter untuk dipasarkan ? sebagian orang membeli ikan cupang dengan usia 1,5 bulan untuk di ikutkan kontes kelas baby. Sedangkan untuk usia jual pada umumnya berusia 2 -2,5 bulan untuk dijual ke pasaran.


Budidaya ikan cupang di kolam terpal tidak terlalu sulit bukan ? Nah, silahkan dicoba untuk melalui eksperimen, rasanya senang sekali jika kita bisa melakukan proses pemijahan ikan cupang sendiri.

Itulah Cara Budidaya Ikan Cupang Di Kolam Terpal yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua para penghobie ikan cupang. Salam budidaya

Post a Comment

0 Comments