Alasan Telur Cupang Dimakan Indukan Jantan Dan Solusinya

Telur Cupang Dimakan Indukan Jantan sering terjadi jika kita memisahkan telur dan indukan dengan segera, karena hakikan ikan ketika lapar akan memakan apapun yang ada dihadapannya termasuk telurnya sendiri, apalagi ikan cupang termasuk ikan predator.

Namun kita bisa mengatasi Telur Cupang Dimakan Indukan Jantan, Caranya bagaimana ? Baiklah guys, tentunya setiap masalah pasti ada solusinya dan di artikel ini akan kami paparkan cara mengatasinya.

Namun sebelum itu, sepertinya anda juga harus mempelajari terlebih dahulu Ciri Ciri Gelembung Ikan Cupang Yang Sudah Ada Telurnya agar anda tahu, gelembung yang dihasilkan indukan betina terisi oleh telur. Jangan jangan, perasaan anda telur sudah dimakan betina, padahal memang tidak ada telur didalam gelembung.

Ketika anda sudah bisa memastikan kalau gelembung sudah terisi telur ikan cupang betina dan ternyata sudah tidak ada telurnya, ada indikasi telur cupang dimakan indukan jantan.

Baiklah, kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan informasi terkait Telur Cupang Dimakan Indukan Jantan berikut ini:

Faktor Telur Cupang Dimakan Indukan Jantan


Usia Ikan Cupang


Salah satu faktor yang mengakibatkan ikan cupang jantan memakan telur si betina adalah usia ikan cupang yang baru dewasa atau puber istilahnya, alasan ini bukan karena indukan tersebut merasa lapar tapi memang mereka masih labil.

Apalagi indukan cupang yang anda kawinkan baru pertama kali, maka banyak kemungkinan indukan memakan telurnya sendiri karena masih dalam tahap belajar merawat telur. 

Lingkungan


Fakor yang kedua yaitu lingkungan yang menyebabkan telur cupang dimakan indukan jantan, Ikan cupang termasuk dalam kategori ikan yang suka menyendiri dan kedamaian. Jadi jika anda sendiri, berarti sama dengan cupang donk..;-)

Masalahnya, ketika ikan cupang berada pada lingkungan yang penuh dengan kebisingan, dentuman, suara kendaraan, panas berlebih akan membuat indukan merasa stress sehingga mengakibatkan telur cupang dimakan indukan jantan.

Sering Di Tengok


Masa perkawinan masak sering di lihat sih, kan privacy ;-) Peace, maksudnya gini kak, ketika si pemilik sering melihat media pijah akan mengakibatkan indukan merasa terancam dari bahaya telurnya. Dengan kata lain, cara menyelamatkannya dengan memakan telurnya sendiri agar tidak dimangsa yang lain.

Saran bagi para pemilik ikan cupang saat proses pemijahan, lakukan pengecekan secara berkala dan tidak terlalu sering karena akan mengakibatkan telur cupang dimakan indukan jantan.

Tertarik untuk memijahkan ikan cupang sendiri ? Nah, jika anda sudah pernah mencoba atau mau memulai memijahkan indukan cupang bisa tuangkan pengalaman anda di kolom komentar yah, kita belajar bersama-sama di situs ini.


Itulah Akibat Telur Cupang Dimakan Indukan Jantan yang bisa saya paparkan di artikel ini, semoga kita bisa mengatasinya dengan ilmu yang sudah dipelajari pada artikel ini.

Post a Comment

0 Comments