Cara Memindahkan Burayak Cupang Ke Wadah Pembesaran Agar Cepat Besar

Banyak yang bertanya tentang cara memindahkan burayak cupang ke wadah pembesaran agar anakan bisa hidup dan tumbuh besar, serta yang terpenting tidak dimakan oleh indukan jantannya karena kita tidak mengangkat indukan jantan.

Terdapat beberapa step untuk cara memindahkan burayak cupang ke wadah pembesaran, diantaranya kita mepersiapkan bahan-bahannya, pakannya atau bahkan tau tutorialnya dengan jelas agar tidak terjadi kesalahan pada proses pemindahannya.


Dan kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan membahas cara memindahkan burayak cupang ke wadah pembesaran secara detail melalui artikel tentang ikan cupang.

Cara Memindahkan Burayak Cupang Ke Wadah Pembesaran


Sebelum masuk pada langkah pemindahan burayak ikan cupang ke wadah pembesaran, persiapkan terlebih dahulu alat-alatnya berikut ini:

Bahan Pemindahan Burayak Cupang 


  • Wadah Pembesaran
  • Pakan Ikan (Kutu air, infusoria, cacing sutra dll)
  • Air Yang sudah diendapkan
  • Pengukur PH Air


Langkah Memindahkan Burayak Cupang Ke Wadah Pembesaran


Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, mari kita masuk pada proses pemindahan burayak cupang ke wadah pembesaran, simak dengan seksama.

Umur Burayak Ikan


Sebelum dipindahkan, anda harus memastikan umur burayak cupang yang sudah berusia seminggu saat pakan kuning telur bawaan burayak sudah habis. Jika anda memindahkannya sebelum berusia seminggu, kondisi anakan masih belum kuat untuk berpindah ke lingkungan baru, jika dipaksakan bisa terjadi kematian masal.

Ketika usia sudah mencapai seminggu, anda bisa memindahkan burayak cupang ke wadah besar dengan menjaga keasaman air dengan cara mengendapkan air terlebih dahulu selama semaleman. Setelah itu baru pindahkanlah secara hati-hati, jangan sampai terjadi gelombang air yang cukup besar karena bisa mengakibatkan burayak stres dan berujung kematian.


Pakan Ikan Cupang


Setelah berada di wadah pembesaran, dan kuning telur bekal burayak sudah habis maka anda harus sesegera mungkin memberikan pakan burayak cupang berupa kutir (kutu air) infusoria, cacing sutra atau makanan bergizi lainnya.


NB: Dalam proses pemindahan, anda harus memastikan tangan orang yang memindahkan harus steril tidak ada minyak atau kimia apapun, karena di usia burayak ikan sangat sensitif dan belum kuat seperti indukan cupang.

Sudah pernah berhasil mengawinkan ikan cupang ? Jika belum berhasil, anda harus berusaha semaksimal mungkin agar telurnya bisa menetas dan nanti anda akan memindahkan burayak cupang ke wadah pembesaran.

Itulah cara memindahkan burayak cupang ke wadah pembesaran yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pecinta ikan hias terkhusus bagi pembudidaya ikan cupang pemula yang masih perlu banyak belajar terkait pertumbuhan ikan cupang.

Post a Comment

0 Comments