Cara Membuat Infusoria Dari Daun Ketapang Dan Daun Pisang

Cara Membuat Infusoria Dari Daun Ketapang untuk pakan burayak ikan cupang mudah dibuat dengan beberapa bahan pilihan, disini sebagai contoh buat kalian, saya menggunakan kulit pisang kapok, daun pisang kapok kering dan daun ketapang. 

Seperti yang kita ketahui bahwa burayak ikan tidak makan sembarangan, diantara rekomendasi pakan yang sesuai adalah infusoria, kutu air, cacing sutra, kuning telur dan artemia. 

Dan pada artikel ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan tutorial Cara Membuat Infusoria Dari Daun Ketapang untuk pakan ikan cupang.
Cara Membuat Infusoria Dari Daun Ketapang

Cara Membuat Infusoria Dari Daun Ketapang


Sebelum saya membahas langkah pembuatannya, akan kami paparkan terlebih dahulu bahan apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembuatan infusoria dari daun ketapang.

Bahan Pembuatan Infusoria Dari Daun Ketapang


  • Wadah/bejana
  • Daun Ketapang
  • Kulit pisang kapok
  • Daun pisang kapok kering
  • Air secukupnya


Setelah anda mempersiapkan semua bahannya, mari kita masuk pembahasan langkah membuat infusoria dari daun ketapang


Langkah Membuat Infusoria Daun ketapang


Siapkan Bahan Berkualitas


Untuk kulit pisang yang digunakan baiknya menggunakan kulit pisang kapok yang hampir membusuk, lalu masukkan sedikit daun pisang kapok kering dan juga daun ketapang lalu masukkan kedalam bejana yang sudah disediakan seperti ember yang ada tutupnya agar pembuatan infusoria berlangsung cepat.

Tutup Rendaman


Setelah bahan tercampur semua didalam wadah yang telah disediakan, kemudian tutup rendaman tersebut hingga mengeluarkan semacam micro worm (cacing kecil) lalu menjadi infusoria.

Masukkan Rendaman Ke Kolam


Setelah muncul micro warm, tuangkanlah rendaman yang sudah ada cacing kecil ke burayak ikan cupang untuk dimakannya setiap saat.

Perlu diperhatikan, biasanya kulit pisang akan mengeluarkan lendir jika belum membusuk jadi untuk kulit pisangnya jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak akan mengakibatkan burayak ikan tersangkut di lendir kulit pisang serta menghambat proses perkembangan infusoria.

Biasanya infusoria yang dihasilkan cukup banyak untuk digunakan pakan burayak ikan cupang selama kurang lebih 1 minggu. Jadi, anda perlu mempersiapkan banyak agar ikan bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama.

Video Cara Membuat Infusoria Dari Daun Ketapang






Itulah Cara Membuat Infusoria Dari Daun Ketapang yang bisa kami sampaikan, semoga cara ini bisa berguna bagi anda para pembudidaya ikan cupang se Indonesia raya. Insya Allah, kalau ada waktu akan kami paparkan berbentuk video agar anda bisa melihat dengan seksama dan bisa menirunya dengan baik.

Post a Comment

0 Comments