Apa Saja Alat Pendukung Pembenihan Ikan Cupang ?

Alat Pendukung Pembenihan Ikan Cupang perlu anda siapkan semua sebelum memulai persiapan perkawinannya, agar nantinya ketika ada yang dibutuhkan sesegara mungkin digunakan. Pada artikel ini kami jelaskan apa saja syarat dan alat/bahan pendukungnya silahkan simak dengan seksama.

Proses pembenihan ikan cupang tidak semudah membalikkan telapak tangan, oleh karena itu anda perlu belajar cara mengawinkan ikan cupang agar berhasil dan menjadi burayak sehingga dewasa dan siap dijadikan indungan lagi.

Alat Pendukung Pembenihan Ikan Cupang


Baiklah, kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memaparkan apa saja alat yang dibutuhkan Untuk pembenihan ikan cupang berikut ini:

Air


Bahan pertama yang tentunya harus ada yaitu air, karena ikan hidupnya di air maka hal paling krusial yaitu air yang sesuai dengan kebutuhannya. Silahkan gunakan air dengan kadar PH 6,5 hingga 7,2 agar ikan cupang jantan mau mengeluarkan gelembung.

Wadah


Untuk penggunaan wadah bisa kondisional sesuai dengan yang anda miliki, dengan ketentuan jangan terlalu sempit dan jangan terlalu lebar. Kalau terlalu sempit akan membatasi gerak perkawinan ikan cupang, sedangkan jika terlalu lebar akan mengakibatkan ikan cupang jantan susah untuk mengejar sang betina.

Indukan Ikan Cupang Jantan Dan Betina


Hal kedua yang dibutuhkan untuk proses pemijahan adalah indukan ikan cupang jantan dan betina yang berkualitas serta sudah cukup umur. Sedangkan umur indukan yang ideal berkisar 6-7 bulan, Jika kurang dari ketentuan itu, terkadang ikan tidak mau kawin atau tidak berjodoh.

Cacing Sutra / Kuning Telur


Pakan burayak ikan cupang yang dihasilkan dari proses pembenihan membutuhkan makan, Dan pakan yang ideal menggunakan cacing sutra atau sebagai alternative bisa menggunakan kuning telur. Banyak pembudidaya ikan cupang mengalami kesulitan di fase ini, fase pemberian pakan burayak karena burayak hidup dan mati banyak bergantung pada pakannya.

Artemia


Salah satu rekomendasi bagi sobat yang sedang mempersiapkan alat pendukung pembenihan ikan cupang adalah sepasang alat tetas artemia dimana nantinya akan digunakan untuk diberikan kepada burayak untuk digunakan. Tapi jika susah untuk mencarinya, sebagai alternative bisa menggunakan cacing sutra/kuning telur.


Apakah sema alat pendukung yang dibutuhkan untuk pemijahan ikan cupang sudah terpenuhi semua ? jika sudah silahkan lakukan proses pemijahannya sesuai dengan ketentuan yang ada agar menghasilkan burayak banyak dan sehat.

Itulah Alat Pendukung Yang Dibutuhkan Untuk Pemijahan Ikan Cupang yang bisa kami sampaikan, apabila anda memiliki pengalaman terkait pembudidayaan ikan cupang bisa dishare dikolom komentar ya guys. Terimakasih semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments