Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler dan Mudah Peliharaannya | Gambar

Jenis Ikan Hias Air Tawar-  Ikan hias merupakan ikan yang memiliki keindahan tersendiri sehingga dijadikan sebagai hiasan rumah. Rumah yang memiliki ikan hias akan lebih terlihat elegan dan cantik. Tidak semua ikan hias sesuai dengan kondisi rumah kamu, tergantung warna ikan, warna aquarium, dan warna cat tembok rumah.

Jenis ikan hias air tawar sangat banyak, terdapat warna putih, merah, kuning, hitam dan lain sebagainya, silahkan memiilih warna yang sesuai dengan kondisi rumah anda. Selain itu fungsi ikan hias mampu dijadikan sebagai lahan bisnis, karena hampir 75% pasokan pusat ikan hias air tawar di dunia dari Indonesia. Hal tersebut merupakan suatu peluang besar untuk dijadikan bisnis.
gambar ikan hias
gambar ikan hias


Jenis ikan hias air tawar di Indonesia yang telah di ekspor berjumlah sekitar 363 jenis ikan hias air tawar. Untuk pemeliharaan dan budidaya ikan hias air tawar di budidaya pada tempat aquarium, kolam atau apalah, tergantung pemiliknya bertujuan seperti apa. Apabila tujuan pemilik sebagai lahan bisnis biasanya diletakkan di kolam, kalau hanya sebagai hiasan rumah menggunakan aquarium yang cantik. Oleh karena itu situs Puasat Ikan hias  akan menyajikan jenis-jenis ikan hias air tawar.

Terkadang ikan hias terlihat bagus jika diletakkan di aquarium, ada juga ikan hias terlihat menawan apabila diletakkan pada kolam. Ada ikan hias yang harus dipisahkan dengan ikan hias lainnya, ada juga ikan hias yang bisa dicampur dengan ikan hias lainnya di kolam. kini ada 8 jenis ikan hias air tawar beserta gambar ikan hias air tawar.

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar


1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Cupang


Ikan Hias Air Tawar Cupang sudah tak asing lagi diteringa masyarakat, karena kebanyakan setiap took ikan pasti menjual ikan hias air tawar cupang. Ikan hias ini termasuk kategori ikan hias murah dan mudah pemeliharaannya. Keunikan ikan cupang yaitu memiliki emosional yang tinggi, dengan keunikan tersebut mampu memikan pembeli untuk dijadikan adu domba.

Ikan hias air tawar Cupang tidak boleh dicampur jadi satu, apabila pemilik memiliki lebih dari satu ikan cupang jangan letakkan pada tempat yang sama. Letakkanlah ditempat yang berbeda. Anda bisa menggunakan toples kecil-kecil untuk memisahkannya. Selain keunikan tersebut, ikan cupang memiliki jenis warna yang bervarian seperti , coklat, merah, hijau, biru, coklat, abu-abu dan putih.

Ikan hias air tawar Cupang memiliki badan kecil ,  sedangkan untuk membedakan betina dan jantan terletak pada ukuran badan, betina memiliki badan lebih kecil dari pada jantan, ikan cupang memiliki ekor yang mekar sehingga ikan cupang terlihat indah.


2. Jenis Ikan Hias Air Tawar Guppy


Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara kedua yaitu ikan hias Guppy, ikan ini berasal dari daerah united states atau Amerika Serikat. Ikan ini bagaikan sosok wanita yang sedang memakai rok , pasalnya ekornya yang melambai-lambai sehingga menjadikan ikan guppy lebih menawan bagaikan wanita korea.

Mengingat sejarah, ikan hias air tawar Guppy datang di Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium, ikan hias ini tergolong ikan hias air tawar murah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Oleh karena itu ikan hias Guppy cepat beredar di dunia termasuk Indonesia.

Ikan hias Air Tawar Guppy sangat mudah didapatkan, pasalnya banyak orang  yang membudidayakannya dan menjualnya. Ikan ini memiliki banyak keunikan diantaranya dari kepala hingga ekornya berukuran kurang lebih 2,5 cm, dan memiliki ekor seperti rock. Kita sangat mudah untuk mendapatkan jenis ikan hias ini, karena banyak orang yang membudidayakannya dan menjualnya.

Uniknya, dari kepala sampai ekornya, ikan hias air tawar ini terlihat sangat menarik karena mempunyai ukuran tubuh dari kepala sampai ekornya kurang lebih 2,5 cm. Penggemar ikan guppy kebanyakan dari kalangan anak-anak, selain harganya yang murah ikan ini memiliki ukuran yang mungil, jadi pas dijadikan ikan hias air tawar peliharaan anak kecil.

Ikan Hias Air Tawar Guppy memiliki kemiripan dengan ikan molly, digemari karena keindahan warna dan bentuk siripnya. Ikan hias guppy jantan memiliki sirip lebih indah dari betina, sedangkan warna guppy betina cenderung kusam hampir mirip dengan ikan cupang.
Gambar ikan guppy
Gambar ikan guppy


3. Jenis Ikan Hias Air Tawar Arwana


Ikan Hias Air Tawar Arwana merupakan jenis ikan hias air tawar bersisik unik dan termasuk ikan hias termahal. Keunikan sisik menjadikan penggila ikan terpikat melihatnya, ikan arwana termasuk ikan hias paling popular saat ini.

Ikan hias air tawar arwana terdapat beberapa jenis yaitu ikan arwana super red, ikan arwana silver, ikan arwana gold dan lain sebagainya. Ikan hias termahal ini tidak akan pernah menurun peminatnya. Terdapat mitos " apabila seseorang memelihara ikan arwana akan diberikan rizki banyak", hanyalah mitos belaka tidak ada kepastian didalamnya.

Ikan Hias Air Tawar Arwana termasuk ikan hias purba, pasalnya ikan arwana memiliki telur sebesar telur burung puyuh, tubuhnya besar mencapai 1 meter. Ikan ini bernama latin  Scleropages sp dan memiliki banyak sebutan yaitu ikan arwana super red, ikan payang, naga, khayangan, silok, kalasa, siluk dan kalas.

Ikan hias air tawar arwana bisa dijumpai di perairan air tawar Kalimantan dan papua. Tapi sekarang sudah banyak beredar di seluruh penjuru tanah air, karena sudah banyak orang yang membudidayakannya. Ikan hias air tawar arwana dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.
gambar ikan arwana
gambar ikan arwana


4. Jenis Ikan Hias Air Tawar Louhan


Ikan hias air tawar louhan dulu sangat popular, banyak orang yang pernah memlihara ikan hias kemudian memelihara ikan hias louhan. Banyak orang tiba-tiba memelihara ikan hias, karena terkenalnya louhan.

Alas an kenapa ikan hias air tawar louhan terkenal adalah louhan memiliki warna yang cantik, kombinasi warna sisik membentuk seperti tulisan china, serta benjolan kepala menjadikan ikan louhan semakin unik , dari sisi itulah louhan memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias. Semakin besar benjolan maka akan semakin mahal harga louhan.
gambar ikan louhan
gambar ikan louhan




5. Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

gambar ikan koki
gambar ikan koki

Ikan hias air tawar mas koki merupakan ikan hias yang cantik, memiliki kombinasi warna yang serasi. Memiliki harga yang relative murah dan mudah untuk dipelihara. Ikan hias air tawar louhan termasuk ikan paling popular di Indonesia, ikan hias mas koki datang dari China dan digunakan sebagai ikan hias orang china.

Namun ikan hias air tawar koki di populerkan orang jepang, jepang mengembang biakkan dengan berbagai variasi warna dan bentuk yang lebih cantik dan unik. Salah satu alas an ikan hias mas koki digemari pecinta ikan hias adalah gerakan ikan mas koki yang lucu akiban badannya yang gemuk, tapi tetap seimbang.


6. Jenis Ikan Hias Air Tawar Discus


Ikan hias air tawar Discus memiliki tubuh yang cantik menyerupai pipi manusia, dengan paduan warna dan bentuk sisiknya menjadikan ikan ini lebih menarik. Ikan hias discus termasuk kategori ikan yang mahal disesuaikan dengan ukuran tubuh dan warna sisiknya. 
gambar ikan discus
gambar ikan discus


7. Jenis Ikan Hias Air Tawar Koi


Ikan hias air tawar koi merupakan salah satu jenis  ikan hias yang popular di Indonesia. Dari masa kemasa, sejarah mengatakan ikan hias koi di kenalkan pada Indonesia tahun 1820-an. Ikan hias air tawar koki merupakan hasil persilangan dari strain ikan mas merah dengan ikan mas putih, akhirrnya jadii warna merah putih.

Persilangan ikan terus dilakukakan, agar ikan hias memiliki banyak varian warna. Dalam kasus ini ikan koi pun tetap disilangkan dengan jenis ikan yang lain sehingga ikan koi memiliki banyak variasi warna.pada saat remaja ikan koi memiliki ekor yang tidak terlalu lebar, saat sudah dewasa ekor koi semakin melebar. Ikan hias koi pas untuk dipelihara dikolam yang luas.

Ikan hias koi memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki banyak warna yang sangat cantik dilihat dari atas kolam, dan ikan hias ini membutuhkan banyak ruang untuk gerak. Jadi jangan letakkan ikan koi ditempat yang sempit ,


8. Jenis Ikan Hias Air Tawar “Oscar”


Ikan hias air tawar Oscar merupakan jenis ikan hias yang banyak diminati pecinta ikan hias, baik local maupun luar negeri, ikan ini sangat mudah di pelihara di perairan Indonesia. Ikan Oscar hampir mirip dengan nila atau gurame. Bentuk tubuhnya yang lebar dan siripnya yang menjadikan mirip dengan nila maupun gurame.

Antara ikan hias Oscar dan gurame memiliki perbedaan yang cukup signifikan, ikan Oscar memiliki warna yang lebih bervariasi dan kombinasi warna ikan ini lebih indah dan cantik dari gurame. Selain itu, ikan hias Oscar terlihat seperti batik yang menghiasi  tubuh lebar Oscar.
gambar ikan oscar
gambar ikan oscar


Ikan hias air tawar diatas merupakan  Budidaya ikan hias air tawar terpopuler di Indonesia, bagi pecinta ikan hias pilihlah salah satu dari ke delapan jenis ikan hias diatas. Syukur-syukur memiliki 8 jenis diatas maka akan semakin bagus.

Post a Comment

0 Comments