10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah ~ Ikan Dilindungi

Ikan Hias Air Tawar Langka perlu di lindungi pasalnya keberadaannya yang semakin sedikit serta terancam punah karena diburu manusia yang tidak bertanggung jawab, salah satu ikan air tawar yang hampir punah hidup di zaman pra sejarah ternyata kini masih ada yang mampu bertahan hidup hingga sekarang dan itulah menjadi jajaran ikan yang sudah punah di dunia.

10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah


Di beberapa daerah seperti Kalimantan atau papua masih terdapat ikan air tawar yang hampir punah seharusnya mengingatkan kita selaku orang Indonesia untuk membantu program pemerintah untuk melindungi 10 ikan langka di dunia, Berikut ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan daftar jenis ikan yang dilindungi di Indonesia.

1. Hagfish


Berdasarkan penelitian fosil, bahwa ikan jenis ini sudah ada sejak 300 juta tahun ini saat dinosaurus mengambil alih dunia, benarkah demikian ? ikan langka di papua ini bisa ditemukan pada perairan yang dalam dan sering disebut dengan belut lendir, namun ikan ini bukan jenis dari belut. Bahkan ada beberapa ilmuwan yang menganggap kalau jenis ini bukanlah kategori ikan.
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah



Ikan ini menjadi ikan yang sangat aneh di beberapa hal karena tidak memiliki tengkorak tapi bertulang belakang dengan dua otak yang dimilikinya. Kawanan ikan ini memiliki waktu makan di malam hari, makanan yang disukainya adalah bangkai hewan besar seperti ikan paus dan lain sebagainya yang jatuh didasar laut. Ikan belut lendir ini menjadi panggilan uniknya dengan menghasilkan zat slimey yang bisa merusak insang ikan predator, ikan ini hampir tidak memiliki musuh alami karena racun zat slimey ini.

2. Lancetfish


Ikan jenis ini termasuk pada jenis ikan prasejarah dengan tampilan gigi yang begitu tajam pada rahangnya serta layar punggungnya. Ikan ini memiliki nama ilmiah yaitu dinosaurus (Alepisaurus ferox). Ikan langka ini memiliki panjang hingga 2 meter, yang bisa ditemukan pada samudra kecuali daerah kutup yang sangat rakus. Sekarang apa makanan dari ikan jenis ini ? makan yang disukainya adalah ikan kecil dan cumi-cumi, dan terkadang juga memakan kawanannya sendiri atau kanibal.
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah

3. Arwana


Untuk jenis ini termasuk pada kategori ikan hias air tawar terindah  dan ikan hias air tawar termahal di seluruh penjuru dunia, tentu anda sudah mengetahuinya karena sekarang ikan arwana banyak dikoleksi masyarakat Indonesia. Sebenarnya ikan arwana sudah ada pada periode Jurassic, ditemukan di sungai amazon dan beberapa wilayah afrika, asia, dan Australia. Di Indonesia sendiri juga terdapat spesies khusus, diantaranya di wilayah papua dengan jenis yang berbeda.
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah


Ikan Arwana termasuk jenis ikan hias air tawar dan harganya sangat mahal sekali di Indonesia, sekarang untuk jenis Arwana super red, arwana red gold sudah diberi sertifikat sejak dilahirkan sehingga menjadikan harga ikan hias ini semakin mahal sebagai koleksi ikan hias bagi kalangan elit. Sedangkan di China,ikan ini disebut sebagai Ikan Naga dan menganggapnya sebagai ikan keberuntungan, hal-hal itulah yang menjadikan jenis ikan arwana ini tergolong ikan hias air tawar yang mahal harganya.

4. Frilled Shark


Ikan langka di dunia yang selanjutnya adalah ikan Frilled Shark yang hidup di area laut dalam, ikan ini termasuk ikan predator dan merupakan salah satu jenis hiu yang paling primitive serta kehidupannya masih bisa dideteksi sekarang, untuk itu jenis ikan langka Frilled Shark harus dilindungi oleh pemerintah agar tidak punah.
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah

Deskripsi tubuh ikan Frilled Shark memiliki panjang sekitar 2 meter, sangat besar seperti orang laki-laki bahkan bisa lebih besar dari itu, ikan jenis ini menghabiskan masa hidupnya tanpa melihat manusia dan hanya saja saat ikan hiu Frilled Shark mati bisa dilihat oleh nelayan dan ilmuan-ilmuan di penjuru dunia.

5. Sturgeon


Ikan langka yang terancam punah selanjutnya adalah ikan sturgeon yang sudah dikenal dengan salah satu sumber utama kaviar ( yang terbuat dari ), Ikan ini termasuk ikan yang dilindungi karena penangkapan liar yang mengancam kepunahannya. Adapun besar tubuhnya hingga 6 meter dengan pakan favorit berupa binatang kecil dasar laut, meski body yang sangat besar tapi jenis ini tidak berbahaya bagi manusia keculai diganggu manusia.
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah


6. Arapaima


Berikutnya adalah ikan Arapaima yang termasuk dari kerabat dekat arwana, ikan jenis ini dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di seluruh penjuru dunia. Adapun ukuran besar ikan ini mencapai 4,5 meter, namun berjalannya waktu serta penangkapan liar menjadikan ikan Arapaima semakin langka dan terancam punah. Ikan Arapaima termasuk kategori ikan predator yang bergerak lambat serta makanan favoritnya adalah ikan-ikan kecil, atau hewan kecil lainnya yang bisa dimakan dengan mulut lebarnya.
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah

7. Sawfish


Ikan Sawfish memiliki panjang sekitar 7meter yang bisa ditemuka pada perairan laut, perairan sungai atau anak sungai dan bisa ditemukan hingga kedalaman 100 km. Ikan ini masuk pada kategori ikan hiu dengan mulut panjang sebagai organ sensorik, ditutupi pada elektro sensitive pori-pori sebagai alat deteksi mangsa walaupun penglihatannya yang buruk. Ikan ini terlihat sangat tenang sekali, namun bisa berbahaya jika diprovokasi ( diganggu ).
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah

8. Alligator Gar


Barisan ikan air tawar langka selanjutnya adlaah ikan Alligator Gar merupakan ikan predator hebat bersisik tebal yang bisa ditemukan pad perairan Amerika Selatan, utara dan timur meksiko. Ikan Alligator Gar memiliki panjang tubuh hingga 4 meter dan berat sekitar 200 kg, besar sekali bukan ? ikan ini memiliki penampilan reptile dengan rahang panjang dan bersenjata dengan dua baris gigi yang sangat tajam.
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah

9. Polypterus Senegalus


Ikan Belut Dinosaurus ini sering ditemukan pada perairan Afrika, dengan body seperti reptile dengan sirip punggung bergerigi seperti halnya dinosaurus yang memiliki punggung berduri. Memang jika dilihat sekilas seperti belut, tapi ikan Polypterus Senegalus masuk pada anggota keluarga bichir dengan keunikan bisa hidup didaratan dalam jangka waktu yang cukup panjang. 
10 Ikan Langka Di Dunia Terancam Punah

10. Coelacanth


Ikan air tawar langka selanjutnya adalah The Coelacanth  yang hidup pada masa dinosaurus dengan dugaan ikan yang sudah punah, akan tetapi akhir-akhir ini ditemukan kehidupannya. Tepatnya ditemukan di Indonesia pada tahun 1999, dan sangat diperhatikan sekali untuk dilestarikan serta dijaga habitatnya agar tidak punah selamanya.

Panjang Ikan Coelacanth

Ikan The Coelacanth  memiliki panjang kisaran 2 meter sehingga tampak sangat besar untuk kapasitas ikan air tawar, selain itu kita sebagai warga Negara Indonesia selalu menghormati dan melindungi ikan tersebut sehingga bisa dilihat oleh masyarakat Umum di Indonesia.

Itulah jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang patut kita dukung program pemerintah dalam hal menangani jenis ikan air tawar yang hampir punah kita lestarikan agar kekayaan alami di Indonesia selalu terjaga tanpa adanya pengikisan di Negara Indonesia.

Post a Comment

0 Comments