Cara Membuat Filter Aquarium Samping Yang Paling Bagus

Cara Membuat Filter Aquarium Samping merupakan salah satu bentuk aquarium yang sangat ideal untuk digunakan memelihara ikan hias agar air yang berada didalam aquarium selalu terjaga kebersihan dan kejernihannya agar kesehatan ikan hias yang kita pelihara bisa terjaga dengan baik dan ikan bisa tumbuh serta berkembang dengan  baik.

Membuat Saringan Aquarium Sendiri bisa kita laksanakan dengan baik jika kita tau pola ataupun konsep yang akan kita pasang di aquarium ikan hias, dan akhir-akhir ini desain aquarium filter samping banyak disukai oleh pemelihara ikan hias, adapun sistem sirkulasi peredaran air hampir sama dengan cara kerja aquarium filter belakang hanya saja penyusunan Aquarium Filter samping yang sedikit berbeda.
Harga Aquarium Filter Samping
aquarium filter samping arwana

Aquarium Filter Samping Untuk Aquascape bisa memberikan kinerja yang maksimal apabila dikelola dengan baik, meskipun demikian juga tidak menutup kemungkinan terjadi kelemahan seperti filter bersatu dengan akuarium utama dan menjadi bagian dari akuarium. Berimbas pada perawatan yang tidak praktis ataupun menimbulkan gangguan pada ikan di akuarium utama.

Berikut ini kami Situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan susunan filter samping aquarium 40x25x30 secara detail dan mudah, diharapkan kotoran yang dikeluarkan dari ikan serta sisa-sisa makanan akan tersaring pada aquarium filter bawah, filter samping aquascape ataupun aquarium filter belakang berukuran 60x25x25 dan 70x40x40.

Harga Aquarium Filter Samping

Namun sebelum kami memberikan tutorial tentang membuat aquarium 60x30x35 filter belakang dan samping perlu kita jelaskan terlebih dahulu yaitu bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan sebagai berikut :
  • lem kaca “sealand” 80 gram
  • bahan elastis secukupnya (styrofoam) untuk pengganjal antara kaca 1 dan kaca 2

Media Filter


  • Batu koral/batu kali (10% dari tinggi filter)
  • Arang/karbon aktif (20% dari tinggi filter)
  • Zeolite/pasir (20% dari tinggi filter)
  • 20 buah bioball (optional / fakultatif)
  • kapas filter (secukupnya)

Pendukung


  • 1 buah power head 1400 lt/jam (minimal untuk ukuran 100x45x 40cm). untuk ukuran lain disesuaikan dengan kebutuhan.
  • 1 Buah pipa paralon 5/8” (minimal pembelian 1 lente)
  • 3 buah knee pipa paralon 5/8”
  • 1 buah dop penahan pipa 5/8”

Harga Aquarium Filter Samping
aquarium filter atas

Cara Memasang Aquarium Filter Samping


Buat Dinding Kaca


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat dinding kaca untuk menyelimuti filter, dengan cara menyiapkan kaca 1 dan kaca 2 dan sambungkan dengan lem kaca terlebih dahulu agar menempel. Agar proses pengeliman lebih mudah, silahkan ganjal kaca 1 dan kaca 2 dengan Styrofoam agar tidak melenceng dan harus memastikan sejajar. Pada sisi-sisi kaca tersebut berilah lem dan tunggu selama 30 menit agar kering.

Pasang Kaca 3


Setelah kaca 1 dan kaca 2 tertempel dengan rekat silahkan siapkan kaca 3 dan berilah lem serta tunggu sekitar 30 menit, untuk itu siapkan kaca bekas untuk turunan air sesuai dengan selera dan keinginan anda menggunakan lem agar rekat dengan kuat. 

Pasang mesin aquarium


Cara memasang mesin aquarium filter sampingsangatlah mudah silahkan masukkan pompa air yang sudah terintegrasi dengan paralon dan listrik didalam ruang filter aquarium samping atau atas, setelah itu silahkan cek kehidupan pompa air tersebut agar sirkulasi air berjalan dengan baik.

Pasang Filter Aquarium


Sketsa aquarium filter belakang tersusun dengan rapi, pada bagian paling bawah adalah batu yang ditumpuki dengan kapas yang nantinya digunakan untuk menyaring kotoran ikan yang sudah mengotori kejernihan air.
Desain aquarium filter atas ataupun desain aquarium filter belakang hampir sama sehingga proses pembuatannya tidak sesulit yang kita bayangkan, untuk itu terserah anda mau membuat aquarium filter samping atas ataupun filter belakang. Adapun harga aquarium filter samping tidak begitu mahal berkisar 120 ribu rupiah, bahkan anda bisa membuatnya sendiri tanpa membuang banyak uang dalam pembuat. Kalau misalnya akuarium anda 

Itulah Cara Membuat Filter Aquarium Samping yang bisa kami bahas dari segi desain, cara pembuatannya, harga dan lain sebagainya sudah kami paparkan dan silahkan anda berkreativitas sesuai dengan inovasi yang ada di fikiran anda. Apabila ada pertanyaan silahkan taruh di kolom komentar dan akan kami jawab sesuai dengan kemampuan kami.

Post a Comment

0 Comments