Cara Budidaya Ikan Platy Terlengkap Bisnis Menguntungkan

Budidaya Ikan Platy - Ikan Platy merupakan ikan jenis ovovivipar yang berarti memilliki kemampuan untuk beranak dan bertelur dalam proses perkembangbiakan, atau yang lebih umum disebut dengan beranak saja yang dalam bahasa inggrisnya berarti Livebearer. Dengan cara indukan Jantan ikan platy akan membuahi telur betina yang masih berada didalam tubuh ikan betina.

Ikan platy memiliki keindahan yang tidak dimiliki ikan lain, artinya keindahan ikan platy menjadi khas bagi ikan itu sendiri, dan selain itu banyak orang yang suka akan keindahan ikan platy.Dengan demikian hal tersebut menjadi peluang emas untuk dijadikan peluang bisnis Budidaya Ikan Platy, namun tentunya budidaya ikan platy tidaklah semudah membalikkan tangan, perlu ketelatenan dan ilmu yang akan memberikan petunjuk cara budidaya ikan platy dengan mudah.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
budidaya ikan platy


Ikan Platy menjadi salah satu bagian dari ikan hias karena memiliki estetika keindahan pada bentuk tubuhnya dan kulit yang dimilikinya, Ikan platy memiliki beberapa jenis diantaranya platy koral, sunset, mickey mouse, pedang, cendrawasih, variatus, dan Hawaii dan untuk perawatannya sama karena masih tergolong ikan platy.


Memang Ikan Platy memiliki banyak varian, akan tetapi pada dasarnya memiliki ciri dan karakter yang sama bagi ikan platy. ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai ukuran tubuh berukuran 12 Cm,atau bahkan lebih untuk jenis ikan platy tertentu. Ikan platy memiliki sifat pendamai sehingga bisa dicampur dengan ikan lainnya yang memiliki sifat pendamai juga, sangat cocok dipelihara bagi orang yang suka akuarium campuran.

Cara Pemijahan Ikan Platy


Untuk memlihara Ikan Platy harus mengetahui Cara Budidaya Ikan Platy, salah satu hal yang perlu diketahui adalah dalam membudidaya ikan platy harus mengatur suhu air dengan acuan 25-28 0C dengan pH 7.0-7.5 serta dH atau hardness sebesar 10-15 sehingga proses budidaya ikan platy bisa berjalan dengan baik.


Seorang pembudidaya ikan platy harus memiliki kelebihan untuk membedakan indukan ikan jantan dan indukan ikan betina? kenapa ? karena proses pemijahan harus sepasang dan harus berkualitas pula, pasalnya dengan indukan yang berkualitas akan menghasilkan anakan yangberkualitas pula. Berikut ini akan kami serta ciri –ciri indukan ikan platy jantan dan indukan ikan platy betina.

Induk Jantan (Male)


  •     Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang merupakan modifikasi sirip anal yang berupa menjadi sirip yang panjang.
  •     Tubuhnya rampaing.
  •     Warnanya lebih cerah.
  •     Sirip punggung lebih panjang.
  •     Kepalanya besar.

Induk Betina (Female)


  •     Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus.
  •     Tubuhnya gemuk
  •     Warnanya kurang cerah.
  •     Sirip punggung biasa.
  •     Kepalanya agak runcing.

Setelah mengetahui perbedaan indukan ikan platy jantan dan betina, selanjutnya proses pemijahan ikan platy. Sebelum proses pemijahan berlangsung ada beberapa hal yang harus dipersiapkan para pembudidaya ikan platy.

Syarat Pemeliharaan


  • Air yang digunakan untuk pemeliharaan adalah air yang cukup mengandung Oksigen (O2) dan jernih.
  • Air memiliki suhu berkisar 24 ~ 28°C
  • pH yang disukai agak sedikit alkalis, yaitu berkisar 7 ~ 8.
  • Pemberian pakan bisa berupa pakan alami berupa cuk, cacing , kutu air, dan pakan buatan dengan kadar secukupnya

CARA BUDIDAYA IKAN PLATY


Setelah mengetahui berbagai syarat yang harus dilakukan, maka selanjutnya pembudidaya harus mengetahui langkah budidaya ikan platy secara lengkap dari proses persiapan kolam hingga proses pemanenan berlangsung. Berikut ini akan kami paparkan Cara Budidaya Ikan Platy sebagai berikut.

Pemijahan Ikan Platy


Langkah pertama untuk budidaya ikan platy adalah proses pemijahan, ini berlaku bagi pembudidaya yang memijahkan sendiri tanpa membeli bibit ikan platy. Bagi yang membeli bibit tidak ada salahnya untuk mengetahui Cara Pemijahan Ikan platy, agar menambah pengalaman. Suatu saat sudah bisa melakukan pemijahan maka tidakperlu membeli bibit ikan platy.

Indukan yang sudah terpilih masukkan kedalam satu bak pemijahan untuk beberapa pasang induk, apabila anda menginginkan anakan tertentu maka anda bisa melakukan dengan memisahkan bak sendiri untuk sepasang-sepasang ikan platy. Untuk yang secara umum, 1 bak terdiri 1 ikan platy jantan dan 3 ikan platy betina, karena nantinya saat jantan membuahi 1 betina akan berpisah dan memilih betina lainnya.


Setelah proses pembuahan selesai, seorang pembudidaya harus mengontrol keadaan ikan setiap hari, biasanya indukan akan hami dalam kurun waktu 3 minggu, dan sebaiknya indukan yang hamil ditempatkan tempat khsus. selain itu, anda juga harus mengontrol kualitas air, dengan cara mengganti air setiap hari sebanyak 20 hingga 50 persen, tergantung tingkat kekotoran air pada bak, dan jangan lupa membersihakn kotorannya setiap hari.

Perawatan Benih Ikan Platy


Setelah indukan ikan platy betina melahirkan dalamwaktu 3 jam anda harus pisahkan indukan dengan anakannya, dan biarkanlah anakan ikan platy berenang dan mulai mencari makan berupa lumut-lumut. Saat itulah, anda bisa memberikan pakan alami yang seukuran dengan mulutnya berupa kutu air, jentik, dan Pelet ikan yang diracik halus dan berikan sedikit jangan berlebihan.

Pergantian air juga harus dilakukan setiap air sudah mulai kotor karena akan menyebabkan kematian ikan platy,  Kotoran ikan bisa dibersihkan dalam kurun waktu 2 hingga 3 hari sekali dengan cara disiphon, dan air yang terbuang penyiphonan sekitar 10 ~20% dapat diganti dengan air yang baru. Begitu seterusnya.

Pembesaran Ikan Platy


Untuk menghantarkan anakan ikan platy menjadi ikan platy dewasa tentunya harus dengan menggunakan perawatan yang baik, salah satunya dengan menjaga kualitas air tetap bersih dengan suhu 24-30 derajat celcius, dan kadar pH air  sekitar 6-8. Selain kualitas air yang berkualitas juga harus memberikan pakan yang bergizi tinggi, anda bisa memberikan pakan alami berupa cacing dan plankton agar proses pertumbuhan ikan platy berjalan dengan baik.

Selain pakan alim ikan platy, anda juga bisa memberikan pakan ikan alami, yaitu berupa pelet yang berukuran kecil agar bisa dimakan oleh ikan, Dan tentunya harus menggunakan pelet yang memiliki gizi tinggi sehingga proses pertumbuhan lebih cepat.

Panen Ikan Platy


Setelah proses perawatan Ikan platy yang cukup rumit serta memakan banyak waktu, langkah terakhir yaitu proses Panen Ikan Platy. Pemanenan ikan platy dilakukan setelah ikan berumur sekitar 3 hingga 4 bulan hingga memiliki ukuran 12 cm. dan setelah itu anda bisa memasarkan ikan platy berkualitas yang berhasil anda budidayakan.

Itulah Cara Budidaya Ikan Platy yang berhasil kami review, untuk itu lakukanlah dengan sungguh-sungguh agar bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah. Untuk perawatan IkanPlaty memang membutuhkan perhatian khusus, tapi tidak masalah. Bagi seorang yang hoby akan budidaya ikan hias, maka segala perlakuan merasa senang sehingga tidak ada rasa bosan dan malas untuk melakukannya.

Baiklah, Semoga ilmu yang saya share kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi para pecinta dan pembudidaya ikan platy. jangan lupa dishare ke teman lain agar proses budidaya ikan platy teman anda bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan ikan yang berkualitas. Terimakasih atas partisipasinya.

Post a Comment

0 Comments