Cara Membuat Aquascape Pemula Terlengkap Terbaru 2020

Cara Membuat Aquascape tanpa CO2 – Usaha sang penghobi ikan hias tidak hanya mengoleksi ikan hiasnya saja, tapi akuarium yang berisi tentang berbagai tumbuhan cantiknya, seperti bagaimana layaknya alam bebas kehidupan ikan hias, artinya didalam air terdapat batu, pasir, tanaman dan lain sebagainya sehingga menjadi lingkungan yang seperti aslinya.


Untuk bisa membuat Aquascape perlu mempersiapkan beberapa peralatan, pembuatan aquascape tidaklah sulit dan tidak terlalu mahal pula, hanya saja perlu mengetahui cara yang benar untuk membuat aquascape juga merawatnya. Berikut ini Kami situs Budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Membuat Aquascape dengan mudah dibawah ini.

cara membuat aquascape



Cara Membuat Aquascape

Bahan Membuat Aquascape

Sebelum kita masuk pada langkah-langkah membuat aquascape Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  • Aquarium
  • Lampu
  • Pasir (soil)
  • Filter
  • Pupuk dasar
  • Tanaman 
  • Ikan
  • CO2 ( membeli atau membuat sendiri)
  • Kipas / Chiller (jika diperlukan)

Langkah-Langkah Membuat Aquascape


1.Letakkan Substrate


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat aquascape adalah meletakkan Substrate (Pupuk dasar, Pasir, malang), Letakkanlah pasir terlebih dahulu didasar aquarium, setelah itu letakkan pupuk yang ditutupi dengan pasir. Pasir malang ini berfungsi untuk bersarangnya bakteri dan berfungsi sebagai tempat akar tanaman.

Atau anda bisa menggunakan soil pada aquascape, merupakan tanah khusus yang dibuat dan digunakan didalam air tank. Dan kelebihan soil adalah ramah lingkungan terhadap ikan yang berada di aquarium, dan sebelum itu anda harus tahu pengukuran soilnya.


cara membuat aquascape

2.Atur Hardscape


Setelah peletakan pupuk dan pasir malang, sekarang aturlah hardscapenya dengan cara mengatur tempat batu, karang, ataupun kayu sesuai dengan posisi yang menurut anda inginkan.
cara membuat aquascape


3.Masukkan Air


Berikutnya, masukkanlah air untuk membahasi pasir agar pertumbuhan pupuk menjadi lebih baik. Pada saat pemasukan air gunakanlah piring ataupun sairngan supaya tatanan pasir tidak rusak.
cara membuat aquascape


Baca Juga : 60 Model Akuarium Kecil Cocok Untuk Hiasan Kamar Tidur Anda

4.Berilah Tanaman


Setelah mengisi air sebagian, langkah selanjutnya adalah memberikan tanaman yang indah untuk menghiasi aquascape. Gunakanlah Pinset agar proses penanaman menjadi lebih mudah, Bagilah tanaman dalam skala kecil dan merata agar proses pertumbuhan menjadi lebih cepat, dibandingkan memberikan tanaman skala besar di satu titik saja.

Selama proses penanaman, jangan lupa semprotkan air agar daun tidak rusak dan tetap berada pada kondisi yang lembab.

5.Beri air hingga penuh


Setelah tanaman tumbuh dengan baik maka langkah selanjutnya adalah memberikan air dengan penuh, dan jangan lupa menggunakan saringan agar tidak merusak tatanan.
cara membuat aquascape

Mungkin setelah proses pemasukan air secara penuh, kemungkinan air akan terlihat kusam selama beberapa saat, tapi anda tidak perlu khawatir karena nantinya akan menjadi lebih bak. Jangan lupa pasang instalasi filter untuk mensirkulasi air dan memberishkan kotoran dengan baik. Selain itu pencahayaan sinar matahari juga penting untuk proses fotosintesis pada tanaman aquascape.

Proses penyinaran matahari maksimal hingga 8-9 jam erhari,  dan apabila banyak pencahayaan pertumbuhan alga akan lebih cepat dan kadang bisa membuat air keruh dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Lantas itu, setelah 2 hingga 3 bulan maka pohonnya akan lebat.

Nah, sekarang sudah jadi aquascape dengan tema standard yang bisa digunakan untuk memelihara ikan hias seperti ikan cupang, guppy dan lainnya.

Cara Membuat Bakteri Starter


No. Bahan Peralatan


  • Tempe ¼ kg Galon 1 buah
  • Tape singkong 0.5-1 Kg Baskom 1 buah, blender
  • Air tebu 1 ½ lt/Gula Pasir/Gula merah 1 kg/ molase 5-10 sdm Plastik 1 buah
  • Air ¾ galon (air isi ulang/air sumur) Karet gelang 1 buah
  • Susu fermentasi (Yakult,Yoghurt , dll): 3 sdm atau setengah botol Sendok makan


Langkah-langkah pembuatan bakteri starter :


  • Silahkan Campurkan temped an tapi hingga menyatu kedalam baskom, kemudian dibuat kepalan dan masukkan kedalam galon yang berisi ari sumur ( bukan air PDAM)
  • Selanjutnya masukkan air tebu atau gula kedalam galon dengan kapasitas 3 sendok makan
  • Kocokkan galon tersebut hingga kepalan temped an tape bisa merata
  • Tutup galon menggunakan plastic karena plastik tersebut yang akan menggelembung jika bakteri sudah mulai tumbuh
  • Kalau misalnya anda males membuatnya, anda bisa membeli starter pack di toko terdekat


Itulah Cara membuat Aquascape yang berhasil kami rangkum, cara yang kami paparkan sangat simpel dan bisa dilakukan semua orang sesuai dengan desain yang di inginkan. Selain itu, anda juga bisa membuatnya dengan bahan plastik atau akrilik, dan artikel ini bisa dijadikan sebagai makalah dan buku panduan Terimakasih

Post a Comment

0 Comments