Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Dan Pupuk Bagi Pemula

iklan
iklan fluid
Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2 Dan Pupuk – Aquascape merupakan salah satu hobi yang sangat unik dan suka akan keindahan dengan membuat secara manual kehidupan didalam perairan aquarium sehingga tampak seperti kehidupan sesungguhnya pada perairan, didalam aquascape terdapat tumbuhan, ikan hias, pasir, batu dan lain sebagainya.

Bagi para Aquascape Lover pemula tentunya akan kesulitan sekali jika tidak ada panduan khusus dalam prosesi pembuatannya, apalagi saat ini CO2 Injection alatnya cukup mahal dan menguras kantong, namun aquascape lover tenang saja karena disini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan tutorial tentang Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Injection dengan mudah.

Ketika anda membaca judul Cara membuat Aquascape Tanpa CO2 Injection pasti anda bertanya-tanya, apa bisa aquascape tanpa CO2 Injection? Dan itulah yang akan kami bahas. Pembahasan kali ini akan dibahas secara rinci bagaimana cara menanam tanaman air dan perawatannya sehingga tanaman air tersebut bisa subur. Seperti yang kita ketahui bahwa pembuatan aquascape membutuhkan biaya yang cukup mahal, apalagi alat injection yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, berikut ini akan kami paparkan Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Injection secara detail.

Baca Juga 6 Cara Menjernihkan Air Aquarium Dengan Arang Obat Alami

Langkah Membuat Aquascape Tanpa CO2 Injections


Fahami betul macam-macam tanaman


Untuk membuat Aquascape tanpa CO2 ternyata simple sekali, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memahami apa saja tanaman yang cocok untuk aquascape tanpa CO2, selain itu anda juga perlu memahami apa fungsi CO2 , yang fungsinya sebagai proses fotosintesa memasak dan mengirimkan sari makanan dari daun ke akar sehingga tanaman tersebut bisa tumbuh. 

Sekarang anda pasti bertanya, apakah bisa tanaman berfotosintesa tanpa CO2? Jawabanyya adalah bisa, terutama bagi tanaman yang tidak berakar serta tanaman yang bisa hidup dengan kebutuhan cahaya rendah. Carilah tanaman yang menyerap nutrisi dari air, pasir dan sampah-sampah daun busuk. Sebenarnya didalam air juga terdapat kandungan CO2nya, karena saat ganti air ataupun didapat dari siklus perputaran air melalui filter. Meskipun demikian, kandungan CO2 nya tidak sebanyak yang dihasilkan CO2 Injection.

Jenis Tanaman Tanpa CO2


Jenis moss 


Jenis ini meliputi javamoss, peacock, fire, christmas, phelia, fissiden,  flame, wepping, singapore 

Tanaman mengambang 


Jenis ini seperti tanaman riccia fluitans, enceng, lotus, eceng gondok,

Jenis rumput2an 


Tanaman tanpa CO2 yaitu tenellus, hairgrass pendek (Eleocharis Acicularis) , hairgrass japan, subulata, Marsilea,

Jenis fern/parasit


Seperti halnya tanaman javafern, Trident, Tropica, Windelov, Phillipine.

Tanaman akar batang/rizome 


Berikutnya adalah tanaman akar batang / rizome seperti tanaman Anubias, Bolbitis, Hydrocotyle, Microsorum, Utricularia, Lilaeopsis.

Tanaman-tanaman diatas tidak murni tanpa CO2, akan tetapi bisa hidup meskipun tanpa Injection CO2 dengan ketentuan berikut :

  • Suhu didalam air dibawah 28 (bisa dengan chiller, kipas, blower, AC)
  • Membutuhkan cahaya sedang-tinggi
  • Memberikan asupan pupuk cair rutin (pemicu pertumbuhan)
  • Selalu rajin mengganti air sebanyak 20% seminggu sekali.
Baca Juga Cara Membuat Filter Aquarium Samping Yang Paling Bagus

Berikut ini salah satu contoh percobaan Aquascape tanpa adanya Injeksi CO2 dan ternyata bisa berhasil :
cara membuat aquascape tanpa CO2 Injection

Spesifikasi tank :

Ukuran : 120x50x50

flora : peacock moss, java moss, riccia, javavern, windelov, anubias nana, anubias coffeola, tenellus, cabomba, hygropillga difformis, cuba, us fissiden, anubias bateri, waterlily, glosso (Banyak flora karena bertujuan sebagai pengamatan) 

fauna : diskus, penguin, cardinal

light : TL jebo 30 watt

coller : 2 mini cooler (laptop cooler),  2 mini fan

100% tanpa injeksi CO2!!
cara membuat aquascape tanpa CO2 Injection


Spesifikasi tank :

Ukuran : 60x34x35

flora : peacock moss, ricardia moss, valesneria gigantea, glosso, windelov

fauna : redbee, blackbee, red fire, yellow fire, amano shrimp

light : leutech 23 watt

coller : fan cooler AC 15cm
cara membuat aquascape tanpa CO2 Injection


Spesifikasi tank :

Ukuran : 80x40x40

flora : peacock moss, java moss, javavern, windelov, anubias, hygropillga difformis,red lotus

fauna : diskus, BW manvis, cardinal,brushmouth, SAE

light : Phillips 23 watt

coller : 2 mini cooler (laptop cooler),  2 mini fan


Semua aquascape yang telah kami sajikan diatas adalah 100% tanpa injeksi CO2, dan masih tetap terlihat hidup serta hijau. Jadi bagi anda yang menginginkan untuk membuat aquascape dengan budget yang minim, bisa mencobanya karena harga peralatan CO2 cukup mahal.

Itulah Tutorial Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Dan Pupuk  yang sudah anda dapatkan, semoga ilmu yang kami share bermanfaat bagi anda terutama bagi pecinta aquascape. Buatlah populasi kehidupan berupa aquascape dan lakukanlah kreasi serta inovasi yang unik serta indah jika dipandang mata.
iklan auto relax

Post a Comment

0 Comments