Cara Membuat Aquarium Air Terjun 3 Tingkat Murah

Cara Membuat Aquarium Air Terjun 3 Tingkat terlihat sangat indah dan menjadi trends 2018 dalam pembuatan aquarium ataupun aquascape menggunakan CO2 atau tanpa CO2 dengan cara membuat batu air terjun aquascape yang simple tanpa biaya yang begitu banyak, pembuatan yang mudah bisa anda buat sendiri dengan tutorial yang akan saya bagikan berikut ini.

Rasanya nyaman sekali jika rumah yang kita huni terdapat aquarium dengan air terjun aquarium mini yang kita beli dari penjual aquarium murah di dekat rumah anda, apalagi aquascape dengan tanaman hidup yang indah sehingga seperti habitat ikan aslinya. Jika anda mendengar tentang kata aquascape air terjun minimalis tentu anda bertanya-tanya, air terjun didalam air? Mungkinkah?

Aquarium Air Terjun 3 Tingkat


Air terjun yang dimaksud adalah efek air terjun dari pasir yang berjatuhan kebawah dalam jumlah besar sehingga tampak seperti air terjun pada aslinya, dengan pasir yang berjatuhan tentunya menambah estetika keindahan aquarium didalam rumah anda. Akan tetapi proses pembuatannya tidak sesimpel yang dikira, perlu belajar terlebih dahulu agar mengetahui akan Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Aerator.

Cara Membuat Tebing Air Terjun Aquarium (Cara Kerja)


Berikut ini akan kami situs Budidaya Ikan Hias berikan ilustrasi atau gambaran tentang kinerja air terjun aquarium mini menggunakan pasir, dengan melihat gambar ilustrasi dibawah ini tentu anda akan mendapatkan pemahaman atas kinerja aerator dalam mengangkat dan menjatuhkan pasir kedasar aquarium.

Keterangan gambar:


– Bola coklat: pasir
– Bola putih: gelembung udara

Untuk bisa mengatur air terjun 3 tingkat tersebut, perlu menyiapkan pipa, selang, batu aerasi dan pasir putih . ke empat barang tersebut harus ada agar pembuatan air terjun bisa berfungsi dengan baik.Dibelakang dinding aquascape terdapat aerator yang memberikan atau mengalirkan udara ke batu aerasi sehingga menghasilkan gelembung udara.
Aquarium Air Terjun 3 Tingkat


Seperti yang kita ketahui bahwa udara lebih ringan dibandingkan air sehingga gelembung udara yang terbuat akan naik keatas, gelembung tersebut akan membawa pasir ( bola coklat ) dari reservoir keatas, dan reservoir tersebut dibuat dengan keadaan miring agar terdapat gravitasi yang bisa menarik pasir dari bawah dan terbawa keatas oleh gelembung yang dihasilkan.

Setelah pasir dan gelembung sampai keatas permukaan maka pasir akan keluar dari gelembung dan jatuh kembali ke dasar aquarium, sehingga kembali pada reservoir dan terbawa lagi oleh gelembung udara, begitu seterusnya. Itulah ilustrasi cara membuat miniatur air terjun aquarium.

Bahan Pembuatan aquascape air terjun terindah



  • Pipa paralon atau PVC ukuran 1 inch 
  • Elbow
  • Bor untuk melubangi elbow
  • Selang aerator
  • Batu aerasi (Air Stone)

Pada dasarnya pembuatan aquascape hanya menampilkan panorama dunia bawah air tunggal, dan sekarang akan menampilkan aquarium dengan air terjun 3 tingkat sekaligus sehingga tampak seperti air terjun pada aslinya.

Sebenarnya membuat air terjun aquascape dengan powerhead tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, cukup banya dengan ruang kecil berukuran 1,5 x 2m saja bisa membuat air terjun 3 tingkat. Dan tentunya aquarium ini membutuhkan tinggi ruang, karena air terjunnya 3 tingkat.

Selain itu, aquascaper juga perlu mempersiapkan dasar pijakan untuk aquarium dengan ketebalan minimal 2-3 cm, ketebalan tersebut sudah cukup untuk menopang aquarium berukuran 90 cm x 90 cm x 80 cm serta isinya.

Tentunya cara membuat miniatur air terjun dari barang bekas membutuhkan pola susunan aquarium berbeda, dengan 3 aquarium yang bersusun, posisi aquarium nomor 1 berukuran 90 cm x 90 cm x 60 cm, posisi aquarium kedua berukuran 90 cm x 90 cm x 80 cm dan aquarium ketiga berukuran 2 kali lipat dari aquarium pertama . 

Sistem kerjanya adalah perairan air dari akuarium pertama keluar melalui sodetan air kemudian merembes masuk kedalam aquarium ke 2, dan itulah yang dinamakan air terjun 1. Selanjutnya air dari aquarium ke 2 turun lagi ke aquarium ke 3 dan juga pada sisi lain terdapat air yang langsung berjatuhan ke aquarium ke 3.

Tentunya dengan 3 aquarium sekaligus, membutuhkan filter yang berkualitas seperti Oase Mat, semua aquarium sudah terintegrasi sehingga tidak perlu membutuhkan ruang yang luas. Anda bisa membersihkan filter sebulan sekali agar air aquarium tetap bersih dan bening.

Selain itu, anda juga harus melengkapi proses aquascaping dengan lampu metal halide agar pencahayaan lampu tersebut bisa membantu proses fotosintesis, posisi lampu bisa anda letakkan diatas aquascape dengan jarak ke permukaan air sekitar 1 meter, bisa dihidupkan saat mulai petang atau kondisi ruangan gelap.

Berbicara tentang tema aquascape, kita bisa memasang 3 tema aquascape sekaligus karena kita menggunakan 3 aquascape, jadi tiap ruang memiliki penampilan yang berbeda. Hal tersebut akan memberikan kesan yang sangat unik dan tentunya harga aquarium air terjun semakin mahal.

Anda juga bisa membuat penampilan yang berbeda sesuai dengan skill dan bentuk sesuai kesukaan anda, tentunya dengan membuat air terjun aquascape dengan powerhead anda bisa berkreasi sesuai dengan kebutuhan yang disesuaikan juga dengan keadaan dinding rumah agar semakin selaras.

Baca Juga Cara Membuat Filter Aquarium Samping Yang Paling Bagus

Tingkat kesulitan dalam pembuatan aquarium air terjun 3 tingkat tergolong tinggi sehingga menjadikan anda lebih sabar karena dengan kerumitan tersebut akan bisa saja membuat anda pesimis. Tapi ketika aquascape yang dibuat dengan air terjun itu sudah jadi, tentu rasa bahagia sedikit demi sedikit akan bermunculan, selain itu jika anda seoran penjual aquarium bisa menjual aquarium 3 tingkat tersebut dengan harga yang cukup mahal.

Baiklah, itulah Cara Membuat Aquarium Air Terjun 3 Tingkat yang bisa saya gambarkan mengenai cara pembuatannya, ataupun bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan. Lakukan dengan teliti dan sabar agar estetika keindahan yang dimiliki aquascape air terjun 3 tingkat ini semakin tinggi.

Post a Comment

0 Comments