Cara Budidaya Ikan Guppy Di Kolam Sukses Termudah 2020

Budidaya Ikan Guppy – dari dulu hingga sekarang peminat Guppy tergolong stabil pasalnya harganya tergolong stabil dengan cirri khas keindahan warn body, warna ekor dan panjangnya ekor yang hampir mirip dengan rok wanita yang berkibaran.

Ikan Guppy merupakan jenis Ikan Hias Air Tawar denganbody kecilnya yang memiliki keindahan pada body, ekor serta corak warnanya. Ikan ini cukup popular dikalangan pecinta ikan hias. Meskipun ikan tersebut merupakan ikan hias yang kecil tapi jangan salah, ternyata ikan ini memiliki nilai jual yang tinggi sekitar dari harga 2000 rupiah hiingga 500 ribu rupiah.

Meskipun kecil tapi cabe rawit, karena digunakan untuk kontes tentunya harga yang ditawarkan pun tergolong melambung tinggi.  Biasanya sepasang ikan guppy yang standard harga mencapai 100 ribuan, apabila dicampur dan dibudidayakan akan berkembang biak sendiri tanpa kita menyuruhnya. proses pemeliharaannya sangatlah mudah, oleh karena itu pilihlah indukan yang berkualitas untuk menjadikan anakan guppy memiliki estetika keindahan yang luar biasa.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen

Sebelum kami memaparkan Cara Budidaya Ikan Guppy siapapun bisa melakukannya, kami  Budidaya Ikan Hias akan menjelaskan jenis-jenis ikan Guppy, pasalnya variannya tidak hanya satu , akan tetapi lebih banyak dari itu, ada sekitar 40 jenis, tapi disini kami hanya merangkum ikan Guppy termahal dan tercantik di indonesia.

Baiklah, berikut ini Jenis Ikan Guppy yang harus kamu ketahui sebagai berikut.

Jenis-jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik

Berikut ini kami akan merangkum jenis-jenis ikan hias Guppy termahal dan tercantik yang beredar di tanah air Indonesia ,sebagai berikut:

1. Jenis Ikan Guppy Green Red Dragon


Ikan Guppy pertama termahal dan tercantik adalah jenis Green Red Dragon, harga ikan ini tergolong mahal karena ikan ini layaknya primadona dari semua ikan guppy farma di Indonesia. Bayangkan saja, hanya 3 ekor saja dihargai sekitar 1 juta rupiah, namun jangan salah karena ikan ini memiliki warna dan bentuk badan yang elegan sehingga guppy jenis ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Jenis Ikan Guppy Green Red Dragon


Ikan Guppy Red Dragon memilki bentuk sirip pada ekor yang melebar kesamping sehingga tampak cantik dan elegan, jenis ini disebut dengan ekor delta yang juga dimiliki ikan Blue Grass.

2. Jenis Ikan Guppy German Platinum Crown Tail



Jenis ikan tercantik dan termahal kedua adalah ikan Guppy German Platinum Crown Taill dengan bentuk yang sangat unik dan aneh, coba lihat saja ekor yang aneh dan unik ini. Bentuk ekor yang dimiliki pun hampir mirip dengan mahkota atau sisir , dengan alasan itulah Guppy ini diberi nama Crown Tail.

ikan guppy jerman platinum Crown Tail

3. Jenis Ikan Guppy Blue Moscow



Ikan ketiga dari jenis Ikan Guppy termahal dan tercantik di Indonesia adalah ikan Guppy Blue Moscow, diberinama Moscow karena berasal dari Moscow Rusia. Ciri khas dari ikan ini adalah warna yang cantik, dengan warna dasar pink dan sedikit warna ungu .

Selain itu juga memiliki ekor yang panjang sehingga tampak cantik ketika ikan Guppy jenis Moscow berenang. Asal sobat ketahui, Ikan Guppy jenis ini banyak diburu oleh para pecinta ikan hias di Indonesia karena memilki ekor yang indah.

Jenis Ikan GUppy Blue Moscow


4. Jenis Ikan Guppy Blue Moscow Albino


Jenis ikan Guppy yang ke empat hampir sama dengan ikan Guppy ketiga, pasalnya sama-sama menggunakan nama Moscow yang berasal dari rusia. Cirri khasnya memiliki tubuh berwarna dasar pink yang berpadu dengan warna ungu. Serta ekor yang panjang akan menjadikan jenis Blue Moscor Albino tampak elegan ketika berenang di air yang jernih.

Jenis Guppy Blue Moscow Albino


5. Jenis Ikan Guppy Black Moscow


Ikan yang kelima adalah Ikan Guppy Black Moscow dengan warna hitam dan gelap di keseluruhan tubuh ikan. Ikan ini berasal dari Rusia juga. Ikan Guppy Black Moscow memiliki karakter yang sama dengan ikan jenis full black Thailand. Hanya saja perbedaannya yaitu asal tempat tinggal ikan Guppy.
Jenis Guppy Black Moscow


6. Jenis Ikan Guppy Mozaic


Berikutnya, adalah Guppy Mozaic dengan warna biru di pangkal dan sirip ekor ikan, selain itu juga memiliki susunan warna yang teratur sehingga tampak indah. Warna dasar ikan Guppy mosaic adalah biru, dengan paduan warna kuning . adapun jika berwarna dasar biru tua maka warna campurannya adalah merah.

Jenis Guppy Mozaic


7. Jenis Ikan Guppy Red Mozaic



Selanjutnya,Jenis ikan Guppy yang ketujuh adalah jenis ikan Guppy Red Mozaic dengan postur tubuh yang memanjang serta dibalut dengan warna merah dengan corak keeping batu.

Ikan Guppy Red Mozaic memiliki bentuk yang hampir sama dengan Guppy Red Blonde karena sama-sama memiliki bentuk tubuh yang indah.

Jenis Guppy Red Mozaic

8. Jenis Ikan Guppy Super Red Singapore


Selanjutnya, Ikan Guppy Super Red Singapore, ikan jenis ini merupakan ikan guppy berasal dari neggara singapura seperti namanya. Warna ikan ini adalah merah cerah yang membaluti tubuh ikan. Selain itu, juga memiliki ekor dan sirip yang panjang sehingga ikan ini tampak elegan ketika berenang di perairan yang cerah.

9. Jenis Ikan Guppy Japan Blue



Berikutnya, adalah jenis ikan Guppy Japan Blue  dengan cirri khas warna biru di pinggang ikan guppy yang jantan. Berdasarkan nama tersebut, ikan ini berasal dari Negara jepang yang di Impor dari Negara Sakura.

Ikan Guppy ini memiliki banyak varian warna yang menggemaskan. Berdasarkan persilangan terbaru dengan ikan guppy japan blue akan menghasilkan warna biru pada kepala dan pangkal ekor, dengan demikian menjadikan ikan tampak cantik.
Jenis Guppy Japan Blue


10. Jenis Ikan Guppy Full Black Thailand



Ikan terakhir yang kami rangkum dalam jenis ikan guppy termahal di Indonesia adalah jenis ikan Guppy Full Black Thailand dengan cirri khas warna hitam di seluruh tubuh ikan. Ikan ini hampir sama dengan jenis jenis Black Moscow , hanya saja varian Full Black berasal dari Thailand dan black Moscow berasal dari Negara Moscow. Untuk jenis ikannya sama-sama memiliki estestika keindahan tersendiri.

Jenis Guppy Full Black Thailand


Ikan Guppy merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup popular dengan cirri khas tubuh yang kecil mungil dengan warna yang cerah dan termasuk salah atu ikan hias air tawar terindah. Untuk membudidayakan Ikan Guppy sangatlah mudah dan ikan ini mampu menyesuaikan kondisi air yang ada tanpa ada autran-aturan khsusus untuk merawatnya.

Untuk membudidaya ikan Guppy sangatlah mudah dan tidak menantang, sama seperti yang diucapkan oleh juri kontes ikan Hias Cupang di daerah grobogan yang menyatakan ternak Ikan Guppy kurang menantang. Dengan paparan tersebut, kita bisa menarik kesimpulan bahwasanya untuk membiakkan dan memelihara Ikan kecil ini sangatlah mudah, semua orang bisa melakukannya.

Meskipun  Budidaya Ikan Guppy tidak menantang , tapi Ikan tersebut memiliki karakteristik tersendiri yang menjadikan pemiliknya tidak bosan. Selain itu Memelihara ikan Guppy lah yang paling menjanjikan dan menguntungkan dengan harga yang mahal.

Berdasarkan kalkulasi yang dilakukan, andai saja anda memiliki 1 pasang ikan guppy dengan jenis ikan yang berkualitas sehingga mampu menghasilkan 50 burayak ikan  sehingga berumur dewasa. Harga burayak per ekor 2000. Maka perhitungannya adalah 50 X 2000 = 100.000, lumayan bukan? Itu hanya anakan 1 pasang ikan guppy, andaikan saja anda memiliki 10 pasang, kan anda bisa mendapatkan 1 juta rupiah.

Bisa dibayangkan, kolam ikan dengan ukuran 1 X 1 X 1 bisa memuat 100 ekor ikan guppy dan mampu menghasilkan keuntungan sedemikian ruap.itulah kenapa banyak orang yang memilih untuk membudidayakan ikan guppy sebagai ladang bisnis.

Setelah mengerti keuntungan yang didapatkan, kini saatnya kami Situs Ikan Hias untuk mereview Cara Budidaya Ikan Guppy Sangatlah mudah sebagai berikut.

CARA BUDIDAYA IKAN GUPPY


Setelah mengerti jenis-jenis ikan guppy termahal dan terjcantik di Dunia, sekarang masuk pada pembahasan tutorial Cara Budidaya Ikan Guppy Termudah yang akan kami rangkum sebagai berikut:

1. Tentukan Jumlah Indukan Ikan Guppy


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk Budidaya ikan Guppy adalah menentukan jumlah indukan, kenapa demikian?dengan alasan agar indukan betina tidak stress karena dikejar-kejar banyak pejantan dalam perkembang biakan. Dan ketika terlalu banyak indukan betina maka pejantan tidak mampu membuahi semua telur ikan betina.

2. Menentukan warna Indukan


Langkah kedua yang harus dilakukan untuk Budidaya Ikan Guppy adalah menentukan warna indukan untuk membentuk burayak ikan yang memiliki warna yang indah. Dengan memijahkan ikan dengan pola warna yang sama maka akan membuat anakan ikan Guppy memiliki pola warna yang sama, hal tersebut berlaku juga untuk bentuk sirip dan ekor ikan .

Langkah yang harus diketahui sebelumnya adalah mengetahui ciri-ciri ikan Guppy jantan dan betina,simak berikut ini.

Ciri - ciri ikan guppy jantan




  • Memiliki gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) merupakan modif sirip anal menjadi sirip yang panjang.
  • Tubuh ikan guppy jantan ramping, tidak gendut
  • Warna ikan guppy jantan lebih cerah dari pada ikan guppy betina
  • Sirip punggung  ikan guppy jantan lebih panjang dari ikan betina
  • Kepala  ikan guppy jantan lebih besar dari betina Guppy


Ciri - ciri ikan guppy betina




  • Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tapi berupa sirip halus.
  • Tubuh ikan guppy betina gemuk tidak seramping ikan guppy jantan
  • Warna ikan guppy betina kurang cerah daripada ikan jantan
  • Sirip atas ikan guppy betina tidak terlalu panjang sepanjang iikan guppy jantan
  • Dan Kepala ikan guppy betina agak runcing layaknya guppy jantan


3. Tentukan Suhu Air



Langkah yang ketiga yaitu menentukan suhu air yang digunakan untuk pemijahan saat Budidaya Ikan Guppy, Suhu air yang efektif untuk budidaya ikan guppy adalah diantara 27 derajat celcius atau 72 derajat F. dengan suhu yang demikian akan menjadikan proses budidaya lebih efektif sehingga anakan akan lebih berkualitas.

Langkah - langkah Budidaya Ikan Guppy



  1. Pilih indukan betina yang memiliki warna indah, tergolong besar dan perut menggembung
  2. setelah menemukan indukan yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah memasukkan kedalam kolam yang agak longgar serta dengan perbandingan betina 3 dan jantan 1 agar burayak yang dihasilkan lebih banyak.
  3. apabila menginginkan anakan yang indah, maka pemijahan dilakuakn 1 banding 1 ikan jantan maupun betina guppy
  4. awasi agar nantinya burayak Ikan Guppy tidak dimakan oleh indukan Guppy

Itulah Cara Budidaya Ikan Guppy yang sangat mudah, semua orang bisa melakukannya hanya dengan membeli indukan guppy yang berkualitas, kemudian campur jadi satu antara betina dan jantan kedalam satu wadah. Lantas ittu akan menghasilakn burayak ikan yang banyak.

Post a Comment

0 Comments