Cara Budidaya Ikan Betok Terlengkap 2020 Untung Berganda

Budidaya Ikan Betok - Ikan batok merupakan ikan air tawar yang dibudidaya untuk dikonsumsi ataupun dijadikan sebagai pakan angsa, atau pemangsa lainnya. Ikan ini tidak termasuk ikan hias karena tidak memiliki estetika keindahan warna yang elegan. Ikan ini dikonsumsi untuk diambil dagingnya, meskipun daging yang dimilikinya hanya sedikit tapi dagingnya memiliki rasa yang lezat.

Ikan betok sebenarnya hidup berada di kali, sungai dan rawa karena disungai itu menjadi habitat aslinya, perkembang biakan ikan betok tergolong sangat mudah , tinggal memberikan pakan secara teratur maka akan menghasilkan ikan batok yang banyak.

budidaya ikan betok

Sebenarnyaikan Betok sangat jarang dibudidayakan karena ikan ini termasuk golongan ikan jenis karnivora, dan ikan Betok merupakan ikan jenis air tawar yang artinya hanya hidup di perairan tawar. Perlu digaris bawahi, bahwasanya ikan Betok memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan banyak orang yang memandang sebelah mata kelebihan ikan Betok ini.

Dengan harga jual yang cukup tinggi, menjadikan ikan Betok ini banyak pembudidaya ikan yang beralih untuk membudidayakan ikan Betok, selain perawatan yang mudah juga memiliki harga jual yang cukup tinggi.


Jenis ikan Betok yang paling bagus untuk dijadikan budidaya ikan betokk adalah jenis ikan Betok hijau, karena ikan betokhijau bisa tumbuh dengan memiliki berat hingga 200 gram, memiliki tubuh yang lebih besar dibanding Betok jenis lainnya. Meskipun budidaya ikan Betok sangat mudah, tinggal didiamkan saja sudah bisa berkembang biak, tapi untuk menghasilkan ikan Betok yang berkualitas serta proses budidaya ikan Betok berlangsung cepat maka perlu untuk memperhatikan beberapa hal penting.

CARA BUDIDAYA IKAN BETOK


Ikan Betok yang mudah dipelihara akan terhambat perkembangannya apabila pembudidaya ikan Betok tidak serius,  ataupun tidak mengetahui cara yang baik untuk budidaya ikan Betok. Oleh karena itu kami situs Budidaya Ikan Hias akan merangkum Cara Budidaya Ikan Betok sebagai berikut.

1. Persiapan kolam


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk budidaya ikan Betok yaitu persiapan kolam yang sesuai, langkah pertama ini memang harus ada dan dilaksanakan untuk pembudidaya ikan apapun, termasuk budidaya belut saja membutuhkan kolam yang ideal. begitu juga dengan budidaya ikan Betok membutuhkan kolam yang ideal.

Budidaya ikan Betok bisa dilakukan dengan berbagai jenis kolam seperti kolam terpal, kolam tambak, kolam beton, kolam tanah, ataupun keramba.  Namun untuk budidaya ikan Betok, penggunaan kolam terpal dinilai lebih efektif dan strategis untuk perkembangan ikan Betok.

Apabila anda menggunakan media kolam tanah, maka anda akan kesulitan pada saat proses panen tiba, pasalnya ikan Betok memiliki cirri khas dan keunggulan tersendiri yaitu dapat merendam dirinya dalam lumpur, sehingga pembudidaya ikan Betok kesulitan untuk memanen ikan Betok.

2. Pemupukan dasar kolam


Langkah kedua setelah kolam sudah tersedia dan siap untuk dipakai, langkah selanjutnya yuaitu pemupukan dasar kolam, sebenarnya untuk budidaya ikan Betok tidak perlu proses pemupukan karena ikan Betok bisa bertahan hidup dalam kondisi air yang seadanya, ikan Betok sangat tahan terhadap kualitas air yang buruk.

Hanya saja, bagi ikan Betok yang masih kecil, sebaiknya untuk kolam ikan Betok yang anakan tetap harus melalui proses pemupukan terlebih dahulu, agar perkembangan ikan Betok bisa berjalan cepat.

3. Penebaran benih


Kemudian setelah kolam ikan sudah siap untuk dipakai, langkah selanjutnya yaitu penebaran benih. Namun sebelumnya untuk menghasilkan benih ikan Betok biasanya didapatkan dari hasil pemijahan dari indukan langsung. Benih bisa kita dapatkan dari pemijahan indukan jantan dan indukan betina.

Bagaimana cara membedakan indukan betina dan indukan jantan. Adapun cirri untuk indukan Betok betina bisa dilihat dari bentuk tubuh yang dimilikinya yaitu ikan tampak gendut, lubang kelamin berbentuk bulat serta memiliki gerakan yang agak lambat dari indukan ikan Betok jantan.

Sedangkan untuk ciri indukan ikan Betok jantan memiliki ciri yang berlawanan dengan indukan betina. Memiliki bentuk tubuh yang agak kecil, memiliki kelamin yang memanjang serta gerakan yang dihasilkan sangat lincah.

Setelah mendapatkan indukan jantan dan indukan betina,  langkah selanjutnya yaitu proses pemijahan ikan Betok. Namun biasanya yang berlaku disini, pemijahan ikan Betok dilakukan dengan cara buatan atau kawin suntik. Dalam sekali musim kawin, ikan Betok dapat dipijahkan hingga 3 kali dan mampu menghasilkan butir telur sekitar 5.000-15.000 butir telur.

Selanjutnya setelah telur dikeluarkan, telur akan menetaas dalam kisaran waktu 24 jam dengan suhu 26 derajat celcius, sedangkan untuk suhu 30 derajat celcius,ikan Betok mampu menetas dalam kurun waktu selama 12 jam. Sangat cepat bukan?

4. Pemeliharaan


Setelah bibit ikan Betok ditebarkan, selanjutnya adalah proses pemeliharaan ikan Betok hingga besar dan siap untuk dikonsumsi. Setelah telur ikan Betok menetas , anda tidak perlu langsung memberikanpakan terlebih dahulu karena burayak ikan Betok masih memiliki cadangan makan dalam kantongnya.


Kemudian setelah persedian pakan burayak ikan Betok habis selama 4 hari, barulah anda bisa memberikan pakan kepada anakan ikan tersebut dengan kuning telur. Untuk pemberian pakan kepada anakan ikan betuk harus dilakukan secara teratur dengan frekuensi 3 kali sehari selama 10 hari setelah persediaan pakan alami habis.

Waktu kritis anakan ikan Betok adalah sekitar 14 hari, oleh karena itu anda harus memberikan pakan buatan berupa pelet yang dihaluskan terlebih dahulu. Pemberian pelet yang dihaluskan bisa diberikan pada anakan ikan Betok hingga berumur 2 bulan. Setelah itu, anakan ikan Betok bisa dimasukkan pada kolam besar untuk proses pembesaran.

5. Pemanenan


Langkah yang terakhir adalah proses pemanenan ikan Betok, ikan Betok bisa dipanen apabila umur ikan Betok sudah mencapai empat bulan. Pemanenan sebenarnya bergantung pada tujuan panen tersebut. Apakah ikan tersebut untuk dikonsumsi ataupun untuk diproduksi.

Untuk proses pemanenan ikan Betok bisa dilakukan dengan dua cara, cara yang pertama yaitu dengan panen total dan panen yang kedua adalah panen selektif. Untuk pemanenan ikan Betok total bisa dilakukan dengan cara menguras semua air dan mengambil semua ikan Betok yang ada didalam kolam tanpa harus memperhatikan ukuran besar kecilnya ian Betok.

Metode Panen Kedua

Untuk panen dengan metode kedua yaitu panen selektif, bisa anda lakukang dengan cara menjaring ikan Betok dengan menentukan ukuran Betok yang bisa diapanen. Adapun panen selektif biasanya digunakan untuk mencari indukan yang berkualitas, indukan yang besar, dan untuk ikan kecil yang tidak dipanen akan dipelihara hingga menjadi besar.

Itulah Cara Budidaya Ikan Betok yang berhasil kami rangkum secara detail, dan rinci. Semoga dengan tutorial kali ini akan memudahkan anda untuk budidaya ikan Betok. Satu yang ingin saya sampaikan kepada anda pembudidaya ikan Betok yaitu " selamat dan semoga sukses "n, terimakasih

Post a Comment

2 Comments

  1. Mau tanya dong suhu.. knpa benih ikan bentok berumur 2 bulan bnyak mati. Apa penyebab nya?? Terimaksih

    ReplyDelete
  2. Terimakasih, tulisannya sangat bermanfaat Dan menambah wawasan. Bila berkenan, apakah mempunyai info bibit ikan bethok? Terimakasih

    ReplyDelete