Panduan Cara Budidaya Ikan Koi Terlengkap Terbaru 2020

Budidaya Ikan Koi – ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias mas atau karper yang memiliki nama ilmiahnya Cyprinus Caprio, ikan ini merupakan keturunan silang dari berbagai macam ikan mas, ikan ini dipopulerkan pertama di Negara jepang, dan yang paling unik ikan ini memiliki banyak jenis dan banyak pula versi yang menerangkan asal-usul ikan koi.

Pada tahun 1960 an ikan koi mulai dipasarkan di Indonesia sehingga menjadi ikan yang popular, dimulai dari presiden sukarno yang diberi hadiah berupa berbagai macam ikan koi dari pemimpin china. Setelah itu presiden Sukarno memberikan ikan tersebut kepada pembudidaya ikan di Batu Jawa Timur untuk dikembangkan. Benih itu lah yang menjadi cikal bakal atau ikan pertama pengembangan koi lokal.
budidaya ikan koi


Ikan koi lokal memang masih dipandang sebelah mata, mengingat perkembangan usaha budidaya ikan koi terus berkembang. Budidaya Ikan koi yang paling berkembang didaerah Blitar Jawa Timur, dari waktu kewaktu ikan koi lokal mengalami peningkatan kualitas. Dibuktikan dengan pangsa pasar semakin terbuka bagi para pembudidaya ikan koi, pasalnya pasaran koi impor semakin mahal sehingga menjadikan koi lokal mampu bersaing dari segi harga.


Budidaya ikan Koi cukuplah mudah dilakukan semua orang, adapun tahapnya ikan koi hampir sama dengan budidaya Ikan mas. Yang membedakan adalah sedikitnya bibit ikan koi yang berkualitas. Pecinta ikan koi dari tahun ke tahun tergolong stabil , namun pembudidaya ikan koi cukup sedikit. Oleh karena itu budidaya ikan koi menjadi salah satu peluang bagi anda yang menginginkan untuk berbisnis.

CARA BUDIDAYA IKAN KOI

Baiklah, langsung saja ya kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan panduan lengkap Budidaya Ikan Koi sebagai berikut.

1. Memilih indukan untuk budidaya ikan koi


Langkah pertama yang harus dilakukan untukbudidaya ikan koi adalah memilih indukan ikan koi yang berkualitas, karena pemilihan induk menjadi salah satu peranan penting agar nantinya akan menghasilkan keturunan yang bagus.  Dimana kita bisa mencari indukan ikan koi yang berkualitas? Kita bisa mendapatkan ikan koi berkualitas dari seorang penghobi ataupun penangkar. Apabila kesulitan, anda bisa meminjam indukan dari penghobi, itupun kalau di ijinkan sih!.
budidaya ikan koi


Kenapa harus mencari pada penghobi ikan koi? Pasalnya penghobi biasanya mengoleksi ikan koi yang berkualitas, baik dipeliahara sendiri atau untuk kontes.  Namun sayangnya penghobi rata-rata tidak memiliki keterampilan atau waktu yang tepat untuk mengawinkan ikan koi. Padahal salah satu cara untuk menjaga kebugaran badan ikan koi bisa dilakukang dengan cara mengawinkan ikan dengan waktu yang sesuai.

Selain dari keturunan yang baik, calon indukan ikan koi harus memmiliki kriteria sebagai berikut.

  • Umur ikan sudah cukup matang, sekurang-kurangnya 2 tahun
  • Jenis yang akan dikawinkan sebisa mungkin sama, misalnya kohaku dengan kohaku
  • Memiliki bentuk tubuh ideal, dari atas tampak seperti torpedo
  • Memiliki gaya berengang tenang dan seimbang
  • Warna Ikan Koi cemerlang dan kontras yang tinggi
  • Sehat,  ditandai dengan gerakannya gesit tidak banyak diam di dasar kolam.
  • Indukan jantan dan betina telah matang gonad ( sudah siap untuk kawin)

Apabila pembudidaya ikan koi sudah menemukan indukan koi yang ideal, alangkah baiknya calon indukan koi tersebut dipelihara dalam kolam khusus. Kolam yang ideal untuk menampun indukan berkualitas setidaknya memiliki kedalaman setidaknya 150 cm, lebih dalam lebih baik.  Kepadatan populasi ikan koi seharusnya disesuaikan dengan perbandingan kolam berukuran 4x5 meter maksimal diisi 20 ekor indukan betina dan 40 ekor indukan jantan. Kenapa harus banyak indukan jantan? Karena indukan betina biasanya lebih besar.

Mengenai pakan yang baik , berikanlah pelet berukuran 8mm dengan asumsi ikan koi berumur lebih dari 2 tahun berukuran minimal 60 cm. mengenai jumlah pakan yang diberikan sekitar 3-5 % dari bobot tubuhnya dalam sehari, dengan resep 2-4 kali perhari.

2. Pemijahan ikan koi



Langkah kedua yaitu proses pemijahan ikan koi, setelah menemukan indukan budidaya ikan koi maka selanjutnya adalah proses perkawinan atau pemijahan. Pada proses ini ada beberapa hal pentinga diantaranya yaitu.

a. Tempat pemijahan


tempat pemijahan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, sebaiknya kolam untuk pemijahan ikan koi terbuat dari kolam semen dan permukaannya diplester dengan rata. Berguna saat pemijahan ikan koi terjaga sisiknya dari berbagai gesekan. Mengenai ukuran kolam bervariasi, biasanya kolam berukuran 3X6 meter dengan kedalaman 60 cm dan ketinggian air 40 cm.

penting juga untuk memberikan saluran masuk dan keluar yang diberikan saringan halus, berguna agar tidak ada hama pengganggu yang masuk serta telur ataupun larva hasil pemijahan tidak terhanyut keluar kolam.


Sebelum  kolam ikan koi diisi air , seharusnya kolam ikan dijemur dan dikeringkan terlebih dahulu agar siklus bibit penyakit berkurang.setelah kering, berilah air sesuai takaran dan biarkanlah air tersebut mengendap terlebih dahulu selama 24 jam agar air tersebut netral.

Perlu diperhatikan juga, pada saat proses pemijahan ikan membutuhkan kakaban yang terbuat dari ijuk atau yang sejenisnya agar telur yang dipijahkan bisa menempel pada kakaban. Untuk memperkaya oksigen, gunakanlah aerator pada kolam pemijahan agar ikan tampak sehat.

b. Proses pemijahan


setelah kolam ikan sudah siap dipakai, langsung saja lakukan proses pemijahan dengan cara memasukkan indukan koi betina telebih dahulu, kemudian baru ikan jantannya pada sore hari. Proses pemijahan biasanya berlangsung pada malam hari. Biarkanlah indukan betina beradaptasi terlebih dahulu agar tidak setres.

Setelah jangka waktu 2 hingga 3 jam indukan koi betina beradaptasi, selanjutnya indukan ikan koi jantan bisa dimasukkan dikolam pemijahan. Jumlah indukan jantan yang dimasukkan berjumlah 3 sampai 5 ekor saja. Berguna supaya menghindari kegagalan dalam pemijahan semua telur yang dikeluarkan.

Prosesi pemijahan berlangsung sekitar jam 11 malam hingga dini hari sebelum matahari terbit. Selama masa itu indukan ikan koi jantan dan betina melakukan proses kejar-kejaran, dengan menyemprotkan telur pada kakaban. Setelah itu indukan jantan menyemprotkan spermanya untuk membuahi telur ikan koi.

Setelah proses perkawinan ikan koi, segeralah angkat indukan-indukan tersebut dari kolam pemijahan. Karena apabila tidak langsung diangkat akan mengakibatkan telur ikan dimakan indukannya.

c. Penetasan larva


setelah telur ikan menempel pada kakaban atau tanaman air, janganlah diangkat karena telur ikan harus terendam air. Usahakan suhu yang ada sekitar 27-30 derajat celcius, telur akan menetas dalam waktu 48 jam, apabila suhu air terlalu dingin akan memperlambat proses penetasan, dan bila terlalu panas ikan akan membusuk.

Setelah telur ikan menetas , kakaban atau tanaman bisa diangkat. Larva yang menetas masih menyimpan persediaan makanan yang bisa bertahan hingga 3 sampai 5 hari. Saat persediaan makan sudah habis, segeralah kasi pakan berupa infusoria, kutu air dan cacing sutra.

3. Penyortiran ikan koi



Setelha berumur 1 bulan, ikan koi sebaiknya disortir untuk menentukan tingkat harga, ikan koi berkualitas tentunya dihargai lebih tinggi.  Ikan berumur 1 bulan sudah cukup kuat untuk dipindah-pindahkan, dan apabila anda masih takut bisa menunggu hingga 3 bulan sehingga ikan lebih kuat untuk dipindah-pindahkan.

Penyortiran bisa anda lakukan berdasarkan ukuran badan, bentuk, kualitas warna. Ikan koi tersebut digolongkan berdasarkan ukurannya kecil bersama dengan ikan kecil, begitu juga ikan besar bersama dengan ikan besar.

Adapun bentuk badan yang berkualitas adalah bentuk badan yang proporsional, dengan tanda bentuk badan yang seperti peluru tidak terlalu panjang, siripnya simetris dan gerakannya tenang tapi berwibawa.

Penyortiran ikan juga dilakukan terhadap ikan yang memiliki warna cerah dan disertai garis batang yang tegas. Juga memiliki batas warna yang kontras , tidak ada gradasi warna pada perbatasan warna tersebut.

Baiklah guys, itulah Cara Budidaya Ikan Koi Terlengkap yang kami paparkan di situs ini, terimakasih dan semoga ilmu yang kami paparkan bisa bermanfaat bagi kita semua. terimakasih

Post a Comment

0 Comments