Teknik Pemijahan Ikan Nila Alami Dengan Modal Sedikit

Pemijahan Ikan Nila merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan karena sekali pemijahan mampu mengeluarkan larva ratusan hingga ribuan, bayangkan jika anda memiliki indukan ikan nila ratusan maka anda akan mendapatkan larva ikan ratusan ribu.

Pemijahan Ikan Nila Secara Buatan bisa dilakukan apabila sudah bisa mengetahui ilmu tanpa harus tahu cara ikan nila kawin, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk pemijahan ikan nila di terpal, di aquarium, ataupun di kolam beton. Diantaranya adalah memperhatikan tempat dalam proses pemijahan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
pemijahan ikan nila


Pemijahan ikan nila secara intensif bisa anda lakukan dengan modal seadanya, tempat seadanya sehingga anda bisa melakukan bisnis Pemijahan Ikan Nila untuk meraih kesuksesan di bidang peternakan ikan. Seperti yang kita tahu bahwa ikan nila merupakan salah satu ikan kesukaan masyarakat Indonesia dengan harga yang cukup murah dan rasa yang tidak kalah lezatnya.

Pemijahan dengan cara Alami atau Ikan Nila Kawin bisa dilaksanakan 1 bulan sekali hingga masa produktif ikan habis, jadi dengan mendapatkan sepasang indukan ikan nila maka kita akan mendapatkan omset perbulan yang begitu banyaknya. Pemijahan Ikan Nila Gesit , Ikan Nila Merah ataupun Ikan Nila Hitam memiliki cara kawin yang sama karena masih dalam satu jenis yaitu ikan nila.

Sebelumnya, saya akan memberikan e-book gratis mengenai Pemijahan Ikan Nila PDF agar anda bisa membuka kapan saja tanpa harus berkoneksi dengan internet. Silahkan download di pemijahan ikan nilam di situs Budidaya Ikan Hias.

Password PDF adalah "budidayaikanhias.com"
Download Button
Pemijahan Ikan Nila sangat gampang sekali, berbeda dengan ikan mas atau ikan lele yang memerlukan banyak rekayasa agar bisa melakukan perkawinan. Sedangkan untuk ikan nila, jika ada gerombolan ikan nila di kolam juga bisa kawin, hanya saja untuk hasil yang maksimal harus di atur agar proses pemijahan ikan nila secara alami bisa terkontrol dan meningkat.

Teknik Pemijahan Ikan Nila Secara Alami


Memang ada beberapa Teknik yang harus anda lakukan dan harus di persiapkan, berikut ini tim Budidaya Ikan Hias akan memaparkan mengenai hal yang harus disiapkan sebagai berikut.

Kolam pembenihan ikan nila


Modal utama untuk pembenihan ikan nila adalah kolam ikan, sebenarnya ada 4 kolam yang harus disiapkan untuk fungsi yang berbeda, diantarnaya yaitu :

1. Kolam untuk indukan


Kolam yang bertama berfungsi untuk memisahkan indukan jantan dan betina, sehingga kola mini membtuhkan 2 kolam indukan. Untuk kolam jenis ini tidak harus luas, hanya saja yang dibutuhkan kisaran kolam berkedalaman 100 hingga 140cm.

2. Kolam pemijahan atau perkawinan


Kolam yang kedua berfungsi untuk mengawinkan Indukan Ikan Nila, dan yang terbaik adalah kolam ikanyang dilengkapi dengan kamalir atau kubangan di dasar kolam.

3. Kolam untuk memelihara larva


Kolam yang ketiga yang harus ada adalah kolam pemeliharaan larva, jenis kolam ini sebaiknya terdapat hapa. Hapa adalah jarring khusus mirip dengan bahan kelambu dibuat mengapung diatas kolam . Hapa bisa di apungkan di kolam perkawinan saja, agar mengurangi jatah kolam.
pemijahan ikan nila


4. Kolam tempat pembesaran larva


Kolam ini dibutuhkan saat benih ikan sudah berukuran 10-12 cm, atau hingga ikan sudah mampu bertahan dikolam pembesaran.

Ciri-Ciri Ikan Nila Siap Pijah


Sebenarnya sudah ada penjual indukan ikan nila yang memang siap untuk dipijahkan, tapi tentu harganya mahal. Untuk menghindari itu, silahkan bisa memeliharanya dari kecil hingga besar dan siap bertelur. Dengan ciri-ciri sebagai berikut:


  • Indukan berasal dari keturunan yang berbeda
  • Indukan sehat wal afiyat, serta memiliki badan normal
  • Bersisik besar dan rapi
  • Ukuran kepala lebih kecil dari badannya
  • Badannya tebal dan warnanya mengkilap
  • Gerakannya Gesit, dan agresif saat diberi pakan
  • Sebaiknya sudah memiliki berat 200-250 gram untuk betina, sedangkan jantan memiliki berat 250 -300 gram. 

pemijahan ikan nila

Setelah mengetahui hal apa saja yang harus disiapkan, serta memilih indukan yang berkualitas, sekarang kita bahas mengenai Pemeliharaan indukan agar tetap  sehat dan produktif.

Pemeliharaan indukan


Pada tahapan ini baiknya mengumpulkan 3 hingga 5 ekor/m2 nya, jadi harus memperhatikan populasi indukan ikan nila. Kadang terjadi perkawinan liar saat pemeliharaan indukan, karena sperma jantan terbawa arus aliran air  ke kolam betina sehingga terjadi pembuahan liar.

Selanjutnya anda harus memperhatikan pakan ikan nila dengan kandungan protein yang tinggi, lebih dari 35%, berbeda dengan pakan untuk pembesaran ikan nila. Tujuannya adalah mengembangkan gonad ikan secara maksimal.

Pemijahan Ikan Nila


Prosesi ini adalah hal yang paling ditunggu, seperti yang sudah saya paparkan bahwa pemijahan ikan nila tanpa rekayasa apapun, karena nila bisa kawin dengan sendirinya di kolam. Pemijahan ikan nila secara massal bisa anda lakukan di kolam yang berukuran lebih besar.

Pemijahan ikan nila secara massal bisa dilakukan di kolam yang sama dengan perbandingan, 1:3 dan kepadatan populasi indukan adalah1 ekor / m2. Dengan demikian, perkawinan ikan nila berlangsung dengan baik untuk menghasilkan larva yang baik pula.

Bagaimana Cara Ikan Nila Kawin? Pemijahan ikan nila berlangsung didsar kolam, dan lebih sering didalam kubangan atau cekungan, apabila cocok maka terlur tersebut akan dibuahi ikan nila betina, dan telur akan diamankan didalam mulut indukan betina, jadi seperti dimakan lagi.

Saat indukan betina pengeraman telur jantan, dan saat itu indukan betina berpuasa, oleh  karena itu pemberian pakan dikurangi, dengan bertujuan mencegah pembudukan sisa pakan didasar kolam. Proses pengeraman biasanya berlangsung sekitar seminggu, telur akan menjadi larva ikan yang kecil dan anda harus mempersiapkan hapa.

Pemeliharaan larva


Setelah larva menetas, anda tidak boleh main-main dalam mengatasi larva ikan nila karena ikan tersebut sangat sensitive. Untuk itu, pisahkan di tempat khusus dengan pemindahan dilakukan jika sudah berumur 5-7 hari. Kepadatan kolam tidak lebih dari 200-500 larva /m2.

Kasih makan pellet tepung yang terdapat kadar protein tinggi, setiap pemberian pakan sebanyak 1 sendok the dilakukan sebanyak 4-5 kali sehari. Anda bisa membuat pakan sendiri dengan cara Membuat Pakan Burayak Ikan Nila Alternatif dengan bahan 1 butir telur yang direbus, ambil kuningan telur serta hancurkan dan masukkan pada 1 liter air.


Anda membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu untuk menuju ikan nila berukuran 2-3 cm, setelah itu tempatkan pada kolam yang lebih beesar agar pertumbuhannya semakin pesat. Apabila anda bertujuan untuk konsumsi, maka anda bisa memanipulasi benih menjadi jantan semua karena pertumbuhannya cepat.

Lantas bagaimana caranya? Dengan cara memberikan 17 alpha methyltestosterone sewaktu pendedaran larva, campurkan pada pakan ikan , dan berikan pada larva hingga berusia 17 hari.

Pendederan benih


Pendedaran benih ikan membutuhkan tempat dan waktu yang Panjang, saat ikan berukuran 2-3 cm maka sudah siap dibesarkan di kolam yang lebih besar. Untuk padat tebar untuk pendedaran adalah 30-50/m2. Waktu yang digunakan adalah sekitar 4-7 minggu hingga berukuran 10-12cm dan siap panen.

Setelah itu anda tinggal panen ikan dan mendapatkan keuntungan yang besar, tapi keuntungan tersebut akan sulit didapatkan jika anda belum menguasai ilmunya, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pemijahan ikan nila youtube agar lebih mudah difahami.


Itulah Teknik Pemijahan Ikan Nila yang bisa saya rangkum, untuk itu ilmu untuk mengawinkan ikan nila sangat penting agar mendapatkan larva ikan yang berkualitas. Dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments