Cara Budidaya Ikan Louhan Terlengkap Bisnis Menguntungkan

Budidaya Ikan Louhan - Ikan Lohan merupakan salah satu ikan hias yang dulu pernah popular sekali hingga dibanderol dengan harga yang sangat mahal, namun sekarang harga ikan louhan sudah stabil karena tidak seramai dulu lagi.  Bagi seglintir orang ikan louhan dijadikan sebagai ikan pembawa hoki, bagi yang memeliharanya.

Ikan Louhan mulai di kembang biakkan pada tahun 1993 , dulunya orang Malaysia yang mengagumi ikan berkepala menonjol, yang dikenal sebagai "kapal perang" ditemukan dinegara bagian barat. Dahi sedikit menonjol dan ekor yang cukup panjang banyak diminati masyarakat Taiwan karena dianggap mereka akan membawa hoki dan geomansi.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
budidaya ikan louhan
Kemudian pada tahun 1994 ikan Louhan ini di impor dari amerika tengah ke Negara Malaysia dari hasil hibrida parrot cichlid yang diimpor ke Malaysia dan kemudian dibudidayakan. Kemudian pada tahun 1995 perkawinan silang ikan louhat dilakukan dengan Human Face Red God of Fortune, yang menghasilkan jenis baru yang disebut Five-Colors God of Fortune.


Salah satu sebab ikan ini popular adalah karena warna yang indah, penyempurnaan selektif terus berlanjut hingga 1998, saat ketika Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga disebut sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, dan hasil perkawinan silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan. Perkawinan silang ini ahirnya menghasilkan generat pertama hibrida flowerhorn Hua Luo Han, yang kemudian diikuti dengan perkenalan flowerhorn berikutnya.

Jenis Ikan Louhan


Ikan Louhan memiliki 6 jenis, diantaranya yaitu

  • CHINWA
  • CENCU
  • FLY MARKING
  • GOLDEN BEST
  • CLASSIC
  • FREE HEAD

CARA BUDIDAYA IKAN HIAS LOUHAN


Untuk mendapatkan kualitas ikan louhan yang bagus, perlu adanya Cara budidaya ikan louhan yang baik, salah satunya dengan memperhatikan kualitas air yang digunakan sebagai media pemijahan. Sumber air yang dianjurkan berasal dari air sumur atau air pam, apabila air yang digunakan menggunakan air sumur maka sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selama 48 jam.
budidaya ikan louhan

Media Budidaya Ikan Louhan

Sebelum proses budidaya ikan louhan berlangsung, perlu beberapa media yang harus dipersiapkan, diantaranya sebagai berikut.

  • Bak penampungan air
  • Filter
  • Aerator
  • Alat Penampung air
  • Ornamen dan bebatuan
  • Lampu UV

Ikan Louhan merupakan ikan hias yang agresif dan tertorial / mempertahankan daerah kekuasaannya. sehingga sering kaliikan louhan ini bertengkar saat ditempatkan dalam satu wilayah dengannya. Meskipun ikan ini memiliki sifat yang agresif tapi ikan Louhan mudah dibudidayakan. untuk budidaya ikan louhan perlu menyiapkan indukan louhan berukuran 10cm dan untuk louhan jantan lebih besar.

Seorang Pembudidaya Ikan Louhan harus bisa untuk membedakan ikan louhan jantan dan betina, cara membedakannya cukup mudah. Bisadilihat dari kedekatan genetiknya, Louhan keturunan Cichlasoma trimaculatum , Ikan louhan betina berciri-ciri pada sirip punggungnya terdapat bintik hitam. dan apabila pembedaan secara fisik lebih sulit maka anda bisa melakukan cara venting atau mengamati organ kelamin bersangkutan.

Setelah sudah mendapatkan indukan ikan louhan jantan dan betina untuk dipijahkan, letakkanlah kedua indukan tersebut didalam satu akuarium dengan sekat pemisah berupa kaca. Sekat tersebut bertujuan agar mereka terbiasa satu sama lain.  Saat indukan louhan betina sudah menunjukkan tanda bertelur paka lepaskanlah sekat pemisah tersebut.

Kemudian setelah sekat pemisah dilepas , amatilah perilaku kedua indukan ikan luouhan, dan apabila keduanya terus berkelahi maka segeralah pisahkan kedua indukan tersebut dan upaya penyatuan tersebut bisa dilakukan beberapa minggu kemudian dengan mengganti pasangannya.

Setelah mengganti pasangan yang tidak pas, amatilah tingkah laku kedua indukan. Apabila kedua induk tersebut terlihat akur dan bisa menjaga telurnya, maka biarkanlah pasangan louhan tersebut tetap bersatu. dan apabila kedua indukan tersebut cenderung berkelahi maka angkat indukan jantan dan biarkan indukan betina untuk menjaga telur yang dipijahkan. dan Apabila telur yang dikeluarkan malah dimakan indukan betina, maka pisahkanlah induk dengan telurnya.

Cara Pemeliharaan Louhan Yang Baik


Ikan louhan merupakan jenis  ikan yang mudah pemeliharaannya, dengan pemeliharaan standard secara umum ikan louhan bisa hidup dan tumbuh dengan baik. Adapun bila ikan louhan dirawat secara intensif akan menjadikan ikan louhan semakin menarik. Pemeliharaan ikan louhan secara intensif sebagai berikut.

Pemberian Pakan pada Ikan Louhan


Selain tempat dan kualitas air , hal penting lainnya adalah pemberian pakan yang akan mempengaruhi penampilan louhan.  pakan yang baik adalah pakan yang mengandung nutrisi yang tepat, seimbang sehingga akan mempercantik tampilan ikan louhan. Pakan yang digunakan terdapat 2 macam yaitu pakan alami dan pakan buatan.

Pakan alami yang diberikan bisa berupa jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, dan cacing, pakan alami memang kurang higenis, anda bisa mencucinya terlebih dahulu agar terhindar dari kuman dan bakteri.Pakan alami yang diberikan bisa menjadikan ikan louhan memiliki kualitas warna yang cerah.

Sedangkan untuk pakan buatan yang bisa diberikan adalah pelet yang mengandung hormone atau pelet yang memiliki kandungan spirulina. Pakan ini berfungsi untuk memicu pertumbuhan warna louhan, seingga warna louhan akan tampak lebih cerah dan terlihat cantik.

Untuk memberikan pakan tentunya harus standard, tidak boleh kekurangan ataupun kelebihan pakan. Pemberian pakan buatan yang berlebihan justru akan membawa pengaruh negative, Seperti munculnya warna pada tempat yang tidak di inginkan seperti mulut dan sirip ikan louhan.


Dan apabila pada saat pemberian pakan over dosis , bisa –bisa ikan ouhan anda akan terserang penyakit lever dan menyebabkan kematian . Oleh karena itu pemberian pakan ikan lohan harus sesuai asupan vitamin dan gizi yang diperlukan dalam pertumbuhan ikan louhan.

Jenis penyakit ikan louhan


Untuk mendapatkan ikan louhan yang berkualitas, tentunya anda harus memperhatikan kesehatan ikan louhan jangan sampai terkena penyakit yang mematikan. berikut ini adalah jenis penyakit ikan louhan yang mungkin terjadi.

Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

Penyakit ini muncul dengan tanda bintik putih pada sisik ikan louhan, penyakit ini disebabkan oleh adanya jamur. dan jamur ini muncul karena buruknya air yang digunakan. Penyakit ini sulit untuk disembuhkan, oleh karena itu jaga ikan louhan anda dengan menjaga kualitas air di akuarium anda.

Penyakit Mulut Bisulan Pada Ikan Louhan


Penyakit yang kedua yang mungkin bisa terjadi adalah penyakit mulut bisulan pada ikan louhan, ditandai dengan bengkak merah pada mulutnya. Mulut bisulan terjadi karena serangan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi akibat perkelahian, bakteri atau jamur, dan pakan yang tidak cocok. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan kedalam akuarium khusus.

Cacat atau Luka Pada Ikan Louhan


Penyakit kali ini terjadi saat terjadi perkelahian ikan lain dengan ikan louhan akarena kualitas air yang jelek. Cara menyembuhkannya juga sama yaitu dengan mengisolasi ikan louhan kedalam akuarium khusus. 

Stres Pada Ikan Louhan


Penyakit kali ini juga sering dialamai oleh banyaknya ikan louhan, apabila warna tubuh ikan louhan tiba-tiba memudar , muncul belang hitam, jenong kempes ditandai dengan perilaku yang lemas atau pasif, maka kemungkinan  besar ikan louhan tersebut mengalami stress.

Penyebab stress salah satunya pada penempatan akuarium yang salah, pakan yang tidak bergizi, takut akan musuh dan  sorot lampu atau warna baju.

Itulah Cara Budidaya Ikan Louhan dari mulai proses pemijahan hinga penanganan penyakit yang mungkin muncul pada ikan Louhan. Baiklah, semoga ilmu yang situs Budidaya Ikan Hias paparkan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya para pembudidaya ikan louhan.

Post a Comment

0 Comments