Cara Budidaya Ikan Black Ghost Terlengkap 2020 Ikan Hias Mahal

iklan
iklan fluid
Budidaya Ikan Black Ghost - Ikan hias Black Ghost merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki keunikan tersendiri, berdasarkan namanya saja tampak menyeramkan, namun apabila anda melihat ikan secara langsung justru malah menggemaskan dan tampak elegan. Setan hitam ini julukan dari ikan unik ini, biarpun nama yang seram tapi ikan hias ini sangat cantik dan diburu banyak orang.

Dengan warna tubuhnya yang penuh dengan kegelapan, ( kecuali pada ekor yang terdapat lilitan warna putih), akan tampak sangat cantik apabila berada di akuarium hias kita. karena banyaknya pembeli dan peminat ikan hias tersebut maka bagi para pembudidaya ikan hias menjadikan peluang tersebut sebagai ladang usaha tambahannya yaitu Budidaya Ikan Black Ghost.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
budidaya ikan black ghost


Ikan Black Ghost memiliki nama latin ( Apterontus albifrons ), berasal dari sungai amazon yang sering disebut juga dengan "penari balet", karena ikan ini memiliki kelenturan saat bernang maju, mundur serta jungkir balik, oleh karena itu ikan ini dinamakan dengan ikan si  penari balet.sangat unik bukan? dengan warna yang serba hitam dan memiliki keahlian bernari.


Selain nama penari balet, ikan ini juga memiliki nama ikan bendera, dengan tubuhnya yang berkibar seperti bendera yang tertiup angin saat berenang. ada juga yang mengatakan sebagai ikan Si bulu Ayam, dinamai terebut karena saat bergerak membentuk sudut 90 derajat, layaknya bulu ayam yang tegak berwanra hitam.

Cara Budidaya Ikan Black Ghost

Itulah sedikit pengenalan mengenai ikan Black Ghost yang sangat indah nan rupawan, dan kali ini kami situs Budidaya Ikan hias akan memberikan panduan lengkap Cara Budidaya Ikan Black Ghost dengan mudah dan detail. langsung saja ya simak artikel ini secara detail berikut ini.

1. Kualitas Air Yang Sesuai Untuk Budidaya Ikan Black Ghost


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk budidaya ikan black ghost adalah memperhatikan kualitas air yang terjaga,  kualitas air dalam budidaya ikan black ghost haruslah cocok dengan kehidupan ikan black ghost agar perkembangan ikan tersebut lebih optimal dan agar tidak terjadi hal yang fatal.

Berdasarkan riset yang dilakukan seorang peneliti, budidaya ikan hias air tawar harus memiliki beberapa kriteria, air yang cocok untuk budidaya ikan black ghost adalah air dengan suhu 26-27 derajat celcius, dan  pH air yang cocok 6 - 7 dan kekerasan 6 - 10 dH.

2. Membedakan Ikan Jantan Dan Betina Untuk Budidaya Ikan Black Ghost


Langkah kedua yang harus dilakukan seorang pembudidaya ikan black ghost adalah membedakan ikan jantan dan betina, tapi sebelumnya harus mengetahui ciri-ciri ikan black ghost jantan dan betina. untuk cirri Ikan black ghost jantan adalah Tubuh lebih besar, panjang, ramping, lurus dan gerakan lebih lincah,  dan untuk Ikan black ghost betina berciri dengan Tubuh lebih kecil, pendek, gemuk, tidak lurus dan gerakanya tidak selincah jantan.

Ikan black ghost yang sudah siap untuk pemijahan, baik jantan maupun betina harus sudah berumur 1 tahun, adapun panjang tubuhnya hingga 20-30 cm.

3. Pemeliharaan Induk Dalam Budidaya Ikan Black Ghost


Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah pemeliharaan indukan ikan black ghost, caranya dengan menyaipkan 2 buah akuarium dengan panjang 80cm, lebar 60cm, dan tinggi 40cm, satu untuk jantan dan yang satu untuk ikan betina. sebelumnya akuarium yang akan dijadikan untuk kehidupan ikan, akuarium dikeringkan terlebih dahulu selama 2 hari, kemudian di isi akuarium setinggi 30 cm. setelah itu pasang 2 titi aerasi untuk setiap akuarium dan dihidupkan selama pemeliharaan indukan.

4. Budidaya Ikan Black Ghost Dengan Cara Pemijahan Induk  Secara Berpasangan


Langkah selanjutnya yaitu prosesi pemijahan yang dilakukan secara berpasangan berada pada akuarium yang telah di siapkan, berilah pakan tambahan berupa cacing darah (blood worm) dan jentik nyamuk secukupnya; pada sore hari, letakan 3 buah lempengan pakis panjang 20 cm dan lebar 10 cm (tempat bertelur) di atas dua paralon (seperti paranggong); letakan 10 – 15 kerikil untuk perlindungan telur dan sebagai pemberat.

5. Budidaya Ikan Black  Ghost Dengan Teknik Pemijahan Secara Masal



Untuk budidaya ikan black Ghost dipijahkan secara masal di bak tembok atau fiberglass. dengan cara menyiapkan bak fibre glas dengan ukuran 2,5 m, lebar 1,5 m dan tinggi 0,5 m; keringkan selama selama 3 hari; isi air setinggi 30 cm; pasang 6 – 8 titik aerasi; masukan 20 potongan paralon 3 inchi sepanjang 30 cm; masukan masukan 12 ekor betina dan ekor jantan sejumlah 8 ekor.

6. Penetasan Dan Pemeliharaan Larva Dalam Budidaya Ikan Black Ghost


Selanjutnya proses penetasan dan pemeliharaan larva, telur ikan black ghost ditetaskan pada akuarium lain, tentunya dengan akuarium yang memiliki ukuran yang ideal. dalam kurun waktu 3 hingga 4 hari, telur ikan black ghost akan menetas dan larva tersebut akan berlindung diri di sela sela pakis.

Saat ikan menetas, akan berwarna putih dan secara perlahan akan berubah menjadi ikan yang berwarna hitam. selama 3 hingga 4 hari berilah pakan alami berupa naupli artemia atau pakan lainnya  selama 2 minggu.
budidaya ikan black ghost


Selanjutnya setelah ikan berumur 2 minggu, ikan diberi pakan berupa jentik nyamuk atau cacing sutra ,  dilakukan dengan waktu selama kurang lebih 1 bulan.

7. Pembesaran Ikan Dalam Budidaya Ikan Black Ghost


Langkah ketujuh yaitu proses pembesaran ikan Black Ghost yang dilakukan pda akuarium, dengan cara menyiapkan kolam ikan yang ideal. masukkan 200 hingga 240 benih ikan black ghost, ukuran 1 hingga 1,5 inchi berasal dari tempat pemeliharaan larva. berilah pakan cacing darah ataupun tubifek ataupun jentik nyamuk. setiap 3 hari control kebersihan air, dang anti air saat sudah kotor.

Proses pembesaran ikan berlangsung selama 7 hingga 8 bulan, hingga memiliki ukuran 3 hingga 4 inchi dan siap dijual. kemudian langkah selanjutnya yaitu proses pemasaran. tidak  perlu bingung dalam memasarkan ikan black ghost ini, karena ikan ini banyak yang tertarik.

Harga Ikan Black Ghost


Setelah mengetahui cara budidaya ikan black ghost dengan mudah dan detail, dan apabila pembudidaya ikan black ghost berhasil maka keuntungan akan datang dengan sendirinya. harga ikan black ghost dijual dengan harga 5.000-10.000 untuk ukuran -10cm dan 25.000 keatas untuk ukuran +15cm.


Itulah Cara Budidaya Ikan Black Ghost yang berhasil kami rangkum, oleh karena itu semoga ilmu yang kami paparkan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pembudidaya ikan hias. Untuk membudidayakan ikan black ghost perlu menekankan rasa sabar, karena perkembangan ikan black ghost cukup lama.

Apabila pembudidaya tidak sabar maka , bisa –bisa budidaya ikan black ghost tidak berlanjut, dan langkah terakhir yang akan anda lakukan adalah mengunduh keuntungan dari kesabaran pembudidaya ikan black ghost.
iklan auto relax

Post a Comment

0 Comments