Cara Budidaya Ikan Molly Terlengkap Bisnis Menjanjikan

Budidaya Ikan Molly - Ikan   Molly merupakan salah satu kategori ikan hias banyak peminatnya, bahkan ada beberapa komunitas ikan hias air tawar yang menjadi penggemarnya sebagai pelengkap hiasan akuarium dirumahnya masing-masing. Ikan ini juta termasuk dalam jenis ikan live breare atau kategori ikan yang melahirkan.

Ikan Molly memiliki sifat omnivore atau hewan pemakan tumbuhan dan hewan-hewan kecil, sedangkan untuk ukuran tubuhnya berbentuk agak besar dengan kisaran 12cm.  Pecinta ikan   molly tergolong cukup banyak, dengan pasal semakin banyak pecinta ikan hias maka semakin banyak pula pembudidaya ikan   molly yang menjadikan proses Budidaya Ikan Molly sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
budidaya ikan molly


Ikan Molly memiliki keindahan dari segi bentuk, jenis ataupun warna yang terdapat pada kulit ikan saat ikan sudah beranjak dewasa. Bentuk yang dimilikinya akan seperti Ikan Hias Mas Koki yaitu besar tapi memliki bentuk bulat membuncit. Itulah kenapa ikan   molly dijadikan sebagai ikan hias sehingga memiliki banyak penggemarnya.


Seperti yang kita ketahui, Budidaya Ikan   Molly merupakan salah satu profesi atau bisnis yang menjanjikan. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba atau menekuni buudidaya ikan   molly. Sebenarnya budidaya ikan   molly merupakan hal yang sangat mudah, dan anda juga bisa menerapkan semua tips dan trik untuk budidaya ikan   molly agar proses budidaya menjadi lebih mudah.

CARA BUDIDYA IKAN MOLLY


Budidaya ikan   molly sebenarnya membutuhkan sebuah perawatan khusus agar proses budidaya menjadi lebih cepat, Nah , oleh karena itu kami situs Budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Budidaya Ikan   Molly secara detail per sektor akan kami bahas berikut ini.

Sebelum melangkah kepada proses yang lain, sebelumnya pembudidaya ikan   molly harus memiliki indukan yang berkualitas, dengan dalih induukan yang berkualitas akan memberikan larva atau bibit ikan yang berkualitas pula. Salah satu manfaat untuk memilih indukan yang berkualitas adalah akan mempercepat proses pembesaran ikan   molly.
budidaya ikan molly


Lantas seperti apa indukan molly yang berkualitas? baiklah, berikut ini terdapat beberapa kriteria indukan   molly yang berkualitas sebagai berikut.

Ciri-Ciri Indukan jantan Ikan Molly


  • 1. Mempunyai kepala agak besar
  • 2. Warnanya agak cerah
  • 3. Mempunyai sirip bagian punggung lebih panjang
  • 4. Mempunyai tubuh yang agak ramping
  • 5. Pada bagian sirip di perut, terdapat tonjolan (gonopodium) sehingga menjadi modifikasi sirip kecil dan sirip akan tampak panjang.

Ciri Ciri Indukan Betina

Setelah mengetahui kriteria indukan jantan   molly, sedangkan untuk kriteria indukan betina   molly adalah sebagai berikut.

  • 1. Mempunyai bentuk kepala agak melonjong atau runcing
  • 2. Mempunyai warna yang kurang cerah
  • 3. Sirip pada bagian punggung berbentuk biasa
  • 4.  Mempunya bentuk tubuh yang agak gemuk
  • 5. Pada bagian sirip perut terdapat berupa sirip halus tanpa gonopodium

Untuk memilih indukan jantan maupun betina yang akan siap dikawinkan harus sehat, tidak cacat dan tidak berpenyakitan. Selain itu, Untuk memilih indukan berkualitas harus memilihindukan yang memiliki tubuh berukuran besar atau yang sering disebut sebagai body yang ideal. Tak hanya itu saja, Ikan   molly yang baik juga yang mampu menggembung besar serta memiliki warna yang cantik dan mencolok.

Pemijahan Ikan Molly

Kemudian bagaiman Cara budidaya ikan   molly? setelah bisa memilih indukan   molly yang berkualitas, maka taruhlah pasangan indukan yang sudah siap kawin kedalam satu wadah. Setelah diletakkan pada satu wadah maka tunggulah hingga proses perkawinan selesai.

Setelah indukan ikan   molly disatukan jadi satu untuk kawin disuatu wadah, maka tugas seorang pembudidaya ikan harus selalu mengecek keadaan ikan setiap hari. Selain itu pembudidaya harus memastikan kualitas air selalu bersih agar proses pemijahan berjalan dengan baik serta menghasilkan burayak ikan yang berkualitas.


Setelah Indukan ikan   molly sudah melakukan proses pemijahan maka akan muncul larva-larva kecil, nah saat itulah indukan ikan   molly harus dipisahkan dari anakannya agar indukan tidak memakan larva   molly.Setelah larva berumur 4 hinga 5 hari berilah makan alami bisa berupa kutu air yang sudah disaring.Selain kutu air juga bisa memberikan akan rebusan telur kuning yang sudah dihancurkan.

Para pecinta ikan   molly biasanya memberikan pakan berupa cacing sutera atau kutu air saat ikan berukuran 2 hingga 3 cm, dan apabila ikan sudah tumbuh berukuran 5 hingga 7cm atau tumbuh dewasa maka berilah makanan berupa cuk.

Jaga Konstruksi kolam



Kenapa harus menjaga konstruksi kolam? pasalnya keadaan dan kualitas air dikolam harus berkualitas dan bersih terus, untuk itu seorang pembudidaya harus menyiapkan wadah berupa akuarium, kolam semen ataupun kolam terpal. mengenai jenis kolam terserah sobat untuk memilihnya, yang penting kualitas kolam harus terjaga.

Pemberian pakan


Selain menjaga kualitas air yang baik, seorang pembudidaya harus memberikan pakan dengan skema yang betul. Berikanlah pakan berupa pakan buatan yang memiliki gizi tinggi agar proses pertumbuhan dan pewarnaan berlangsuung dengan baik. alhasil kalau ikan cepat besar dengan warna yang mencolok maka ikan akan laku dipasaran.

Panen ikan Molly



Nah, setelah ikan   molly berukuran 5 hingga 7 cm ikan bisa dipanen dan dipasokkan ke pemasok ikan hias, pada saat itulah pembudidaya ikan   molly baru bisa merasakan gurihnya uang hasi budidaya ikan   molly. Memang jika kita memikirkan keuntungan yang didapatkan dari budidaya ikan   molly terasa gurih, namun apabila kita berfikir mengenai perawatannya cukup memakan waktu dan membutuhkan kedisiplinan tinggi.

Itulah Cara Budidaya Ikan Molly yang berhasil kami review didalam blog kecil ini, nah bagaimana dengan proses budidaya ikan   molly? cukup mudah bukan? hanya dengan memilih indukan ikan   molly yangberkualitas, kemudian dipijahkan berada didalam satuu wadah kemudian proses perkawinan pun berlangsung.

Setelah proses perkawinan ikan   molly, langkah selanjutnya yaitu memisahkan indukan dan burayak ikan agar tidak ada pemangsaan burayak yang dilakukan oleh indukannya. Setelah berumur 1 minggu berilah pakan alami berupa kutu air ataupun rebusan kuning telur yang sudah dihancurkan. Setelah ikan berukuran 2 hingga 3 cm bisa diberi pakan cacing sutra, dan saat itulah mulai proses pembesaran ikan   molly.

Begitulah Cara Budidaya Ikan Molly, hingga menghasilkan ikan   molly yang berukuran 7 cm. Setelah memiliki ukuran 7cm maka yang harus dilakukan seorang pembudidaya adalah memasarkan ikan   molly dengan harga yang terjangkau agar proses pemasaran berjalan dengan lancar.

Terimakasih atas partisipasinya, semoga ilmu yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya kepada pembudidaya ikan   molly yang memang menjadikan budidaya sebagai ladang bisnis yang paling menguntungkan.

Post a Comment

0 Comments