Cara Budidaya Ikan Sepat Terlengkap Bisnis Menguntungkan

Budidaya Ikan Sepat - Siapa sih yang tidak mengenal ikan sepat? ikan air tawar yang memiliki daging gurih serta memiliki gizi tinggi. Namun ikan ini tidak banyak memiliki daging, karena body yang dimiliki ikan sepat sangat kecil bahkan ada yang mengatakan tidak ada dagingnya karena sedikitnya daging yang dimilikinya.

Ikan sepat termasuk kategori mafili dari Trichogaster sama seperti ikan gurame atau Osphronemidae. Ikan sepat biasanya dijadikan sebagai ikan konsumsi yang memiliki rasa yang gurih, namun terdapat jenis ikan sepat yang dijual belikan seabagai komoditas ikan hias, karena terdapat sisi keindahan yang menonjol.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen

budidaya ikan sepat
Dengan rasanya yang gurih, dan keindahan kulitnya sebagai komoditas ikan hias menjadikan peluang bisnis bagi anda yang ingin berwirausaha sebagai peternak ikan hias. Untuk ikan sepat sendiri sepertinya sedikit orang yang membudidayakannya, karena masih banyak populasinya di perairan sungai Indonesia, namun tidak ada salahnya kita membudidayakan ikan sepat , selain pemeliharaannya yang mudah juga memiliki pasar yang cukup besar.

Budidaya ikan sepat memang tergolong sangat mudah, tapi untuk menghasilkan ikan sepat yang berkualitas maka perlu untuk membudidaya dengan teknik yang bagus. Dan kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Budidaya Ikan Sepat secara detail, dari proses pemijahan hingga proses pemanenan akan kami paparkan secara lengkap didalam artikel ini.



CARA BUDIDAYA IKAN SEPAT


Budidaya ikan sepat tidak membutuhkan modal yang besar, karena hanya membutuhkan kolam dan sedikit pakan saja tanpa harus memberikan obat yang berharga tinggi. Baiklah, berikut ini cara budidaya ikan sepat.

Teknik Pemilihan Indukan Ikan Sepat



Langkah pertama yang harus dikuasai oleh pembudidaya ikan sepat adalah memilih indukan ikan sepan yang berkualitas agar anakan ikan sepat akan berkualitas pula, yang akan terbukti dengan cepatnya perkembangan ikan sepat serta ukuran yang dimiliki ikan sepat. Seorang pembudidaya ikan sepat harus bisa membedakan indukan ikan sepat jantan dan indukan ikan sepat betina, berikut ini ciri indukan jantan dan betina.

Ciri-ciri ikan Sepat Betina


Memiliki sirip punggung yang membulat dan lebih pendek sehingga tidak mencapai dasar pangkal sirip dibagian ekor, selain itu , sirip yangg dimiliki ikan betina berbeda dengan sirip ikan jantan. Sirip betina lebih jelas karena cirinya memiliki sirip bulat dan ukurannya pendek.

Ciri ikan Sepat Jantan


Untuk ciri ikan sepat jantan berbeda dengan ikan betina, terletak pada sirip punggung yang panjang hingga mencapai dasar pangkal sirip bagian ekor. apabila di ukur akan terlihat lebih panjang sehingga terlihat sangat panjang. Selain itu, anda bisa melihat postur tubuh yang dimiliki ikan sepat jantan yang hampir mirip dengan tubuh ikan gurame.


Selain ciri diatas, ikan sepat jantan memiliki sirip punggun yang panjang dan meruncing serta terdapat hiasan warna merah pada bagian leher dan bagian perut ikan sepat. Jadi secara kesat mata, ikan sepan jantan lebih indah dibandingkan dengan ikan sepat betina.

Teknik Pembenihan Ikan Sepat


Ikan sepat memiliki dua peluang pasar yang sangat besar, karena berpotensi sebagai ikan konsumsi dan juga berpotensi sebagai ikan hias yang memilki nilai jualyang cukup tinggi, sehingga budidaya ikan sepat tidak ada ruginya. Untuk langkah selanjutnya yaitu proses pembenihan ikan sepat bisa anda lakukan dengan mudah.

Kedua pelung itulah yang menjadikan para penggemarnya untuk mencoba untuk membudidaya ikan sepat, untuk bisa membudidaya kan ikan sepat perlu beberapa cara untuk bisa menghasilkan ikan sepat yang berkualitas.


Untuk proses pembenihan, letakkan indukan ikan sepat yang berukualitas yang sudah anda pilih tadi, didalam satu wadah dan biarkan ikan sepat jantan dan betina melakukan proses pemijahan. Pemijahan berlangsung cukup singkat, ikan sepat nantinya akan menghasilkan gelembung-gelembung atau sarang busa untuk meletakkan  telur yang dibuahi. Jadi proses pemijahan hasilnya akan ditaruh dibusa yang telah dibuat oleh ikan sepat.

Teknik Penetasan Teluri


Untuk tahapan penetasan telur , anda harus melakukan tindakan berguna untuk melindungi telur yang sudah berada di gelembung atau busa-busa, dengan cara meletakkan jerami diatas permukaan kolam yang berguna untuk melindungi telur yang ada dibusa tersebut. fungsi jerami berfungsi untuk melindungi telur dari ancaman panasnya terik matahari langsung, ataupun guyuran air hujan yang akan menghancurkan busa.

Ikan telur biasanya mengambang tepat dibawah busa dan posisinya akan tepat dibawah jerami yang kita pasang. perlu anda ketahui kalau ikan sudah bertelur maka indukan jantan dan betina harus dipisahkan. Setelah telur berumur 24 jama maka telur ikan sepat akan menetas dengan sendirinya sehingga menjadi larva kecil ikan sepat.

Setelah beberapa hari larva ikan sepat akan mulai berenang aktif,  salah satu fungsi memisahkan indukan jantan dengan larva ikan sepat yaitu biar indukan jantan tidak memakan larva ikan sepat.

Ikan larva yang baru menetas tidak perlu diberi pakan selama beberapa hari, karena larva ikan sepat sudah membawa cadangan makanan sendiri berupa kuningnya telur bawaan dari lahir. dan setelah larva berumur 7 hari perlu untuk memberikan pakan ikan sepat , pakan yang diberikan bisa berupa kutu air, cacing sutera ataupun plankton dengan ukuran yang kecil.

Pemberian pakan perlu dilakukan secara teratur agar kondisi ikan tetap terjaga, selain itu pertumbuhan ikan sepat juga akan semakin cepat. Apabila kondisi yang terpelihara ikan sepat berjalan dengan normal hingga berjalan waktu 2 bulan sehingga menjadi ikan sepat dewasa.

Saat ikan berumur lebih dari dua bulan, ikan sepat akan memiliki kemampuan untuk melindungi diri dari ganasnya ikan buas lainnya. Setelah itu proses pembesaran akan berlangsung cukup lama, dan pada saat itulah pakan ikan sepat bisa lebih bervariasi sehingga akan mendapatkan ikan sepat yang berkualitas tinggi.

Pakan yang bisa diberikan kepada ikan sepat adalah tepung daun, dedak, daun singkong, kangkung dan lain sebagainya yang memiliiki gizi tinggi agar proses pertumbuhan ikan sepat menjadi lebih cepat.

Selanjutnya yaitu proses pembesaran dan dilanjutnya dengan proses pemananenan ikan sepat, ikan sepat sudah siap untuk dipasarkan jika sudah berumur hingga 3 bulanan, dan untuk pemanenan bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan pasar, setelah itu baru masuk kepada pemasaran ikan sepat.

Itulah Cara Budidaya Ikan Sepat yang berhasil kami paparkan secara detail, semoga ilmu yang kami share kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi pembudidaya ikan sepat. Setelah melakukan proses pemanenan ikan sepat,  semoga keuntungan melimpah akan menjemput anda.

Budidaya ikan sepat sangat mudah bukan? ikan sepat merupakan ikan yang cukup tangguh sehingga seiapapun orangnya bisa membudidayakan ikan sepat kapanpun dan dimanapun ia berada ,. tentunya harus sesuai dengan habitat aslinya.

Post a Comment

0 Comments