Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Terlengkap

Budidaya Ikan Neon Tetra - Ikan Neon Tetra merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki keindahan warna dan bentuk tubuh yang unik, Ikan hias Neon Tetra memiliki gerakan yang cepat dan merupakan ikan agresif. Bentuk tubuh Ikan Tetra seperti layaknya torpedo yang memiliki kemampuan berenang cepat. Ikan Neon Tetra didatangkan dari Amerika Latin yang memilikipenyebaran pada saluran system irigasi Sungai Amazon, Brazil.

Ikan Neon Tetra menjadi salah satu komoditas ekspor yang banyak diminta para eksportir, menjadikan pembudidaya ikan Neon Tetra akan melakukan pemijahan dalam jumlah besar sehingga mampu menyuplai ikan hias neon tetra ke seluruh pasokan ikan hias tetra. Budidaya ikan Neon Tetra sebelumnya sangat mudah, hanya saja untuk mendapatkan ikan neon tetra yang berkualitas dalam jumlah yang besar harus memperhatikan Cara Budidaya Ikan Neon Tetra dengan baik.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
budidaya ikan neon tetra


Budidaya ikan Neon Tetra skala keil hingga skala menengah biasanya menggunakan akuarium agar untuk mempersiapkannya begitu mudah. ikan Hias Neon Tetra merupakan ikan hias jenis omnivora, jadi pakan yang bisa diberikan berupa pakan alami seperti Daphnia, Cacing Tubifeks ataupun pakan bautan.
budidaya ikan neon tetra


Budidaya Ikan Hias Neon Tetra harus memperhatikan jenis ikan neon tetra, pasalnya agar mendapatkan hasil keuntungan yang menguntungkan pilihlah jenis ikan neon tetra yang memiliki banderol harga lebih mahal. Dan perlu diketahui bahwa setiap jenis ikan neon tetra memiliki perawatan yang berbeda-beda. Berikut ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan perbedaan jenis ikan neon berdasarkan suhu usia , jumlah telur dan umur ikan neon tetra.

CARA BUDIDAYA IKAN NEON TETRA


Setelah kita mengetahui jenis ikan Hias Neon Tetra, sekarang masuk pada pembahasan Cara Budidaya Ikan tetra secara jelas , akan kami paparkan dengan jelas dengan pembahasan per divisi-divisi. Baiklah, langsung saja kami SItus Budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Budidaya Ikan Neon Tetra sebagai berikut.

Memilih Indukan


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk budidaya Ikan Neon Tetra adalah dengan cara memilih indukan ikan hias neon tetra. Berdasarkan pepatah yang kami ketahui, " Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" artinya apa? artinya, untuk menghasilkan burayak ikan yang berkualitas harus ikan berasal dari pemijahan dari indukan ikan neon tetra.


Oleh karena itu, memilih indukan ikan neon tetra menjadi hal yang utama dalam budidaya ikan Neon Tetra. Namun , untuk memilih indukan yang berkualitas, Pembudidaya ikan neon tetra harus bisa membedakan indukan ikan jantan dan betina. Adapun CIri-Ciri indukan ikan jantan dan betina adalah sebagai berikut.

Ciri-Ciri Indukan Jantan


  • Memiliki tubuh kecil yang ramping
  • Terdapat garis warna neon lurus ditubuhnya
  • Gerak Ikan Neon Tetra Jantan memiliki gerakan yang lincah dibandingkan ikan neon tetra betina
  • Memiliki bentuk tubuh lebih panjang dibandingkan ikan betina

Ciri-Ciri Indukan Ikan neon Tetra Betina



  • Tubuh Ikan Neon tetra betina berbentuk bulat dan pendek
  • Memiliki garis warna Neon  bengkok
  • Pada bagian perut Ikan neon Tetra Betina gemuk
  • Ikan Neon Tetra betina memiliki garak yang lebih lamban dibandingkan dengan ikan neon tetra jantan

Setelah pembudidaya ikan Neon Tetra bisa membedakan indukan ikan hias jantan dan betina, juga sudah menemukan indukan yang berkualitas langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tempat pemijahan budidaya ikan neon tetra. adapun persiapan tempat budidaya ikan neon tetra sebagai berikut.

Persiapan Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Neon Tetra



Pertama yang harus dilakukan oleh pembudidaya ikan neon tetra saat persiapan kolam adalah menentukan jenis bak pemijahan, adakalanya menggunakan pemijahan ikan neon tetra dengan kolam semen atau bisa menggunakan akuarium. Kolam semen yang digunakan tentunya harus direndam terlebih dahulu sebelum dipakai agar tidak ada bau semen yang akan membunuh ikan.

Setelah bak budidaya ikan neon tetra sudah siap, selanjutnya adalah menyeterilkan air agar ikan bisa hidup dengan baik, tentunya dengan keasaman dan suhu yang baik. suhu yang baik kisaran 20 derjat celcius. Untuk tempat yang digunakan untuk pemijahan ikan hias neon tetra, kolam harus bersih dan dicuci. pencucian bisa menggunakan tawas. Tetesi air rendaman tersebut dengan kayu asam agar keasaman bisa stabil.


Diamkan air selama 2 hingga 3 hari agar keadaan air bisa lebih stabil, jangan lupa beri tanaman apung berupa eceng gondok dan lain sebagainya, berguna untuk meletakkan telur ikan neon tetra saat pemijahan berlangsung.

Cara Pembenihan  Budidaya Ikan Neon Tetra



Setelah pembudidaya ikan sudah mempersiapkan tempat untuk pemijahan, kini masuk pada cara pemijahan ikan hias neon tetra. Caranya cukup mudah, masukkan indukan neon tetra berkualitas yang sudah anda pilih kedalam bak yang sudah disediakan. Tutuplah tempat tersebut hingga rapat, karena ikan ini lebih suka dengan keadaan gelap, jangan lupa berikan sedikit lubang cahaya agar pembudidaya ikan bisa melihat gerak-gerik ikan tersebut.

Lihatlah gerakan ikan jantan dan betina selama berada pada kolam pemijahan, apabila indukan ikan neon tetra saling bekejar-kejaran maka kurang lebih 3 hari kemudian akan muncul telur yang sudah menempel pada daun ataupun akar yang telah disediakan.

Setelah ikan Hias Neon Tetra melakukan pemijahan, maka langkah selanjutnya yaitu mengangkat indukan, adapun burayak ikan neon tetra ditempatkan pada tempat  khusus tersebut diberi kain hitam agar tidak ada cahaya yang masuk.  Dan nasib telur ikan yang dipijahkan akan menetas selama kurang lebih 3 hari. Kemudian setelah menetas, burayak ikan neon tetra bisa diberi Pakan Infusoria ataupun kutu air.

Setelah burayak ikan neon tetra berumur 2 hingga 3 minggu, penutup kain tersebut sudah bisa di buka, dan anda bisa melihat anakan ikan neon tetra, setelah itu anakan ikan neon tetra bisa diberi makan layaknya ikan neon tetra yang seperti biasa.

Pembesaran Ikan Neon Tetra

Ikan Neon tetra yang berumur 3 minggu, lantas dibesarkan dengan perawatan yang baik , tentunya dengan pemberian pakan yang berkualitas dan teratur sehingga menjadikan ikan neon tetra menjadi cepat pertumbuhannya.

kemudian setelah ikan neon tetra berumur 3 bulan hingga 4 bulan bisa dipanen dan dipasarkan ke seluruh Indonesia, itupun untuk budidaya ikan neon tetra skala besar. dan untuk skala kecil bisa dipasarkan ke penjual ikan kampong yang membutuhkan ikan neon tetra dengan harga yang lebih murah.

Itulah Cara Budidaya Ikan Neon Tetra, yang berhasil kami review dan satu pesan yang kami sampaikan adalah  Semoga artikel ini bisa mermanfaat bagi kita semua, dan teruslah mencoba agar mendapatkan hasil yang maksimal dan menguntungkan.

Budidaya Ikan hias merupakan hal yang mudah, bagi segelintir orang. dan bagi sebagian orang budidaya ikan merupakan hal yang sulit. oleh karena itu, untuk bisa budidaya ikan dengan mudah harus perlu latihan dan apabila gagal melakukannya bisa mencoba kembali. Terimakasih

Jenis Ikan Neon Tetra

Jenis Tetra Nama Latin Suhu pH Panjang Usia Reproduksi Jumlah telur Umur Hidup
Neon Paracgeirodon Innesi 20-26 5,5-6,5 < 4 cm 6-12 bulan 80-180 3-5 Tahun
Cardinal Paracgeirodon Axelrodi 20-26 5,5-6,5 < 4 cm 6-12 bulan 80-180 3-5 Tahun
Serpae tetra Eques Hyphessobrycon 20-26 5,5-6,5 < 4 cm 6-12 bulan 80-180 3-5 Tahun
Serpae tetra Eques Hyphessobrycon 20-26 5,5-6,5 < 4 cm 6-12 bulan 80-180 3-5 Tahun
Red Phantom Tetra Hyphessobrycon sweglesi 23-28 6,5-7 < 5 cm 6-12 bulan 180-400 3-5 Tahun
Black Phantom Hyphessobrycon megalopterus 23-28 6,5-7 < 5 cm 6-12 bulan 180-400 3-5 Tahun
Rosy Tetra Hyphessobrycon Rosaceus 23-28 6,5-7 < 5 cm 6-12 bulan 180-400 3-5 Tahun
Bleeding Heart Tetra Hyphessobrycon Erythrostigma 23-28 6,5-7 < 5 cm 6-12 bulan 180-400 3-5 Tahun
Emperor Tetra Nematobrycon palmeri 23-28 6,5-7 < 5 cm 6-12 bulan 180-298 3-5 Tahun
Rummy Nose Tetra Hemigrammus rhodostomus 23-28 6,5-7 < 5 cm 6-12 bulan 180-298 3-5 Tahun
Flame Tetra Hyphessobrycon flammeus 23-28 6,5-7 < 5 cm 6-12 bulan 100-300 3-5 Tahun

Post a Comment

2 Comments

  1. Artikelnya sangat bermanfaat saya Akan Coba. Kalo pake aquarium. Pas ta ukuranya berapa ke berapa ya gan. Hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengenai ukuran akuarium itu dinamis gan, tergantung dengan populasi ikan tetranya

      Delete