Cara Budidaya Ikan Parrot Terlengkap Sukses Menjanjikan

Budidaya Ikan Parrot – Setelah kami membahas mengenai Cara Budidaya Ikan Patin, kini kami akan membahas cara Budidaya Ikan parrot dengan mudah, Kenapa Budidaya Ikan parrot kami angkat sebagai salah satu artikel di situs Budidaya Ikan Hias, karena Budidaya Ikan Parrot merupakan suatu bisnis usaha yang menguntungkan dan tidak bisa kita pungkiri.

Cara Budidaya Ikan Parrot Dengan Mudah


Langsung saja masuk kepada pembahasan Cara Budidaya Ikan Parrot, Untuk membudidaya ikan parrot mengharuskan pembudidaya untuk meyiapkan hal penting seperti kolam ikan parrot, jenis pakan ikan parrot yang baik serta penanggulangan ikan parrot dari berbagai penyakit. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan saat budidaya ikan parrot adalah sebagaii berikut

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen

Pakan Ikan Parrot


Sebenarnya pemeliharaan ikan parrot cukup mudah, tapi perlu juga untuk memberikan hal yang terbaik agar ikan parrot yang dihasilkan bisa berkualitas. Salah satunya yaitu pemberiian pakan yang bergizi, Ikan parrot menyukai pakan alami maupun pakan buatan, asalkan pakan itu bergizi maka akan menyuplai nutrisi yang baik.
budidaya ikan parrot


Pakan alami yang bisa kita berikan berupa cacing sutra, cacing darah. Kita bisa mendapatkan pakan alami tersebut dipasaran yang menyediakan pakan alami ikan parrot tersedia dalam keadaan segar, kering serta beku.


Kemudian untuk pakan buatan yang bisa diberikan harusnya bisa memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang menjadi hal yang penting. Selain praktis untuk disimpan, juga harga yang ditawarkan lebih murah dan mudah dicari di took terdekat. Pakan buatan lebih aman dibanding dengan pakan alami, sisa pakan buatan yang tidak termakan hanya sedikit mengeluarkan residu nitrit dan ammonia dibanding dengan pakan alami, dan pakan buatan juga lebih higenis.

Pakan terbaik untuk ikan parrot adalah Hokky Parrot Premium Color Enhancher, pakan ikan ini berfungsi untuk membantu menjamin warna parrot lebih cemerlang dalam kurun waktu 1 minggu saja. Pasalnya Spirulinda yang terkandung di pakan membantu proses pembentukan warna ikan dengan cepat.

Pemeliharaan Ikan Parrot


Selain pemberian pakan yang berkualitas, factor untuk menghasilkan ikan parrot yang berkualitas maka perlu sekali untuk memperhatikan pemeliharaan ikan parrot. Pemberian pelet Hokky Parrot Premium Color Enhancher sebanyak yang dihabiskan ikan dalam waktu 15 menit. Sehari bisa dua kali dan keluarkan pakan yang tersisa agar tidak mengotori air. Selain itu juga harus mengatur temperature air yang ideal untuk ikan parrot berkisar antara 25-30°C.

Akuarium


Kenapa harus akuarium? Tempat Akuarium merupakan tempat yang paling ideal untuk memlihara ikan parrot. Ikan Parrot merupakan ikan yang cukup bandel dan tangguh sehingga tidak perlu membutuhkan system filterisasi yang sangat rumit.  Tapi bukan tidak membutuhkan filterisasi, hanya saja untuk memberikan kehidupan yang berkualitas bagi ikan parrot maka membutuhkan filterisasi yang tepat. Setidaknya terdapat 3 sistem filter yang diterapkan didalam akuarium , yaitu sistem Hanging, Internal dan External. Filter tersebut bisa berupa kapas sintetik, Filter mat, dan karbon aktif.

Jadi tidak perlu susah untuk membuatnya kembali, Cukup hanya dengan membeli satu paket filter hanging ke tepi kaca akuarium dibagian atas. Tapi sayangnya, Hanging Filter ini hanya bisa menampung sedikit media filter saja, sehingga filter ini hanya bisa digunakan untuk memfilter akuarium berukuran kecil.


Filter kedua yang juga harus tersedia adalah filter internal, filteri ini biasanya berada didalam akuarium yang disekat pada bagian pojok. Umumnya bagian yang disekat ini umumnya berukuran seperlima ukuran akuarium, bagian yang disekatini dapat dibagian samping maupun belakang akuarium, dan didalamnya ditempatkan media filter dan pompa yang akan memutar air untuk filterisasi.

Filterisasi ketiga yaitu filter eksternal, Filterisasi ini diletakkan diluar akuarium, air kotor yang yang turun secara grafitasi ke tabung media filter dan kemudian air bersih hasil penyaringan tersebut dikembalikan kedalam akuarium dengan menggunakan media pompa.
budidaya ikan parrot


Ketiga system filterisasi diatas, semuanya memiliki manfaat dan baik untuk pertumbuhan Ikan Parrot , lantasdari ketiga system tersebut manakah yang terbaik untuk budidaya ikan parrot? Tentunya setiap system filter terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Filter Hanging yang menggunakan box media ( tersedia dipasaran umumnya berukuran kecil) sehingga hanya dapat menampung sedikit filter saja.

Begitu juga Filter Eksternal yang memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihannya terletak pada tidak mempengaruhi keindahan didalam akuarium, karena benda filter seperti selang, pipa, pompa plus terletak diluar akuarium dan relative tersembunyi. Hanya saja kelemahannya tidak terlalu kuat untuk menarik kotoran secara maksimal, dikarenakan pusat hisap hanya berada disatu titik saja.


Kemudian untuk filter internal, kita harus pintar-pintar untuk mengelabuhi mata kita, karena ruang filter ini membutuhkan tempatyang lumayan besar dari ruang akuarium utama. Asalkan kita bisa rutin membersihkan celah sekat antara akuarium utama dan ruang filter maka sepertinya system filter internal lebih baik dalam hal penjagaan kualitas air. Dikarenakan puasat hisap lebih merata baik kotoran dasar maupun kotoran permukaan, dan untuk pergantian air bisa dilakukan dengan mengganti sepertiga air setiap bulannya.

Penyakit Ikan Parrot


Setelah kita memaksimalkan proses perawatan Ikan Parrot maka,penting juga untuk mengantisipasi dan menanggulangi penyakit. Ikan parrot sendiri memiliki tubuh yang kebal dan cukup tahan dengan serangan penyakit. Namun tidak menutup kemungkinan akan diserang penyakit, Mengenai gangguan kesehatan yang biasanya mengenaiikan parrot adalah Infeksi karena jamur, bakteri, agen pathogen dan lain sebagainya.

White Spot sering terjadi jika temperature terlalu rendah serta kepadatan populasi yang terlalu tinggi. Selain itu, White Spot juga bisa terjadi saat berada di musim pancaroba. Gejala White Spot yang bisa diketahui adalah dengan adanya bulatan atau spot berwarna putih. Untuk pengobatannya bisa menaikkan temperature air minimal 28°C dan diberi methylene blue.

Sedangkan luka luar yang biasa terjadi disebabkan karena infeksi disebabkan oleh jamur seperti tail rot, dan fin rot. Untuk sirip dan ekor yang membusuk bisa diobati dengan menggunakan methylene blue, malachite green, phenoxyethyl alcohol.

Dari semua aspek yang sudah kami paparka diatas tadi, semuanya itu sebisa mungkin untuk diperhatikan karena untuk mendapatkan Ikan Parrot yang berkualitas tentunya harus dengan menggunakan perawatan yang baik. Perhatikan juga gejala-gejala yang sering terjadi saat akan diserang penyakit, karena biasanya penyakit yang tidak diobati bisa-bisa akan menular dengan mudah.

Penyakit yang menyerang bermacam-macam, dan pencegahannya pun macam-macam. Langkah dasar yang harus diperhatikan agar tidak terserang penyakit adalah dengan menjaga kualitas air agar tetap dalam keadaan air jernih. dan jangan sampai terlalu berlebihan saat pemberian pakan ikan Parrot.

Baiklah, Itulah Cara Budidaya Ikan Parrot yang berhasil kami rangkum. Untuk itu, bagi anda pembudidaya ikan parrot , lanjutkanlah untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Budidaya Ikan Parrot sangat mudah, maka jangan takut untuk mencoba dan mencoba agar anda bisa tahu selah kegagalan budidaya ikan parrot. Terimakasih semoga ilmu yang kami share ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment

1 Comments

  1. cerita budidaya nya mana ini cerita hanya perawatan

    ReplyDelete