Cara Budidaya Ikan Tombro Peluang Bisnis OMSET Puluhan Juta Perbulan

iklan
iklan fluid
Budidaya Ikan Tombro Di Kolam Terpal - Ikan tombro adalah salah satu jenis ikan air tawar yang dibudidaya sebagai kebutuhan ikan konsumsi dengan banyaknya peminat diberbagai kalangan, 

Tidak memandang bulu profesi apa dan siapa yang memakannya akan merasa senang dengan rasa gurih dan enaknya ikan tombro.

Selain rasa gurih yang dimiliki juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dan bahkan dibeberapa daerah menyebut ikan tombro sebagai ikan mas.

Sekilas membaca kronologi ikan tombro, berdasarkan sejarah ikan tombro awalnya berasal dari Negara Eropa dan China, 
Cara Budidaya Ikan Tombro


Hanya saja saat ini sudah menyebar diberbagai penjuru dunia, salah satunya sudah bisa kita temui di berbagai pulau Indonesia,dan memang ternak ikan jenis ini bisa menjadi ladang yang bermanfaat, selain dijadikan sebagai pemancingan juga dijadikan sebagai konsumsi.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen


Ikan tombro memiliki kebiasaan hidup bergerombol diperairan tawar, dan menyukai pola hidup di air yang mengalir dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. 

Jenis ini sering kita temui di dekat pintu masuk air, dipinggiran sungai atau danau. 

Cara Budidaya Ikan Tombro
Apabila anda memeliharanya maka ikan tombro akan suka berada di bawah pancuran air ataupun berada di tengah-tengah kolam.

Ciri-Ciri Ikan Tombro


Sebelum mengkaji lebih dalam cara memelihara ikan tombro bisnis menguntungkan, kini akan kami ajak untuk mengetahui ciri-ciri ikan tombro. 

Cara Budidaya Ikan Tombro

Ciri bentuk tubuh ang memanjang dan memipih tegak. Bisa dikatakan hampir seluruh tubuhnya dipenuhi dengan sisik, terdapat sedikit bagian kecil yang tidak tertutupi sisik. 

Dan sisik yang dimilikinya itu relatif besar, adapun sisik yang dimiliki  termasuk tipe sisik sikloid.

Ikan Jenis ini memiliki banyak peminat, bahkan mungkin terdapat restoran yang memang khusus masakan ikan tombro.

Cara Budidaya Ikan Tombro

Ikan Tombro selain memiliki daging yang lezat juga terdapat gizi tinggi didalamnya, Ikan Tombro mudah dipelihara sehingga siapa saja bisa memeliharanya dengan cara yang sederhana.

Bagi beberapa orang menganggap budidaya ikan tombro tidak menghasilkan apa-apa, selain tenaga dan biaya. 

Akan tetapi bagi sebagian orang pula menganggap pekerjaan ini merupakan salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. 

Selain biaya yang dikeluarkan murah juga perawatannya pun tergolong mudah, karena ikan tombro merupakan salah satu jenis ikan yang tangguh.

Orang yang ingin membudidayakan Ikan tombro cukup mudah, dengan memijahkan kemudian merawat ikan hingga waktu panen dan tidak lupa akan pemberian pakan. 

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah, dan hasil yang didapatkan pun cukup baik.

CARA BUDIDAYA IKAN TOMBRO


Budidaya Ikan Tombro memang mudah, dan siap saja bisa melakukannya, akan tetapi untuk menghasilkan  ikan yang berkualitas membutuhkan cara dan tutorial budidaya ikan yang sesuai dengan karakter.

Dan kali ini kami Situs Budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Budidaya Ikan Tombro dengan mudah dibawah ini.


Cara budidaya ikan tombro membutuhkan beberapa persiapan, dan diantara persiapan yang harus dilakukan untuk memeliharanya ialah persiapan kolam, pengisian air, penebaran benih, pengontrolan kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, mengamati pertumbuhan, pemberian pakan, panen, dan pemasaran.

Persiapan Kolam Ikan Tombro

Cara Budidaya Ikan Tombro


Semua persiapan tersebut harus dipelajari secara rinci agar proses budidaya ikan tombro berjalan dengan baik. Kedalaman kolam yang harus dipbuat jangan sampai dibatas ambang yaitu 0,75 m

Pemeliharaan Air Kolam Ikan Tombro

Cara Budidaya Ikan Tombro


Jenis ini bisa hidup dengan suhu sekitar 24-30C denga pH 6-7, Untuk bisa hidup dengan hasil yang maksimal pemeliharaan ikan dilakukan berada di air yang tenang atau tidak terlalu deras.

Keadaan kolam yang digunakan harus menggunakan air yang bersih, serta terdapat sirkulasi air dan kadar oksigen yang cukup. 

Pemeliharaan Ikan Tombro


Pada proses pemeliharaan ini dilakukan dalam kurun waktu 3 hingga 4 bulan , sehingga bisa menghasilkan ikan tombro yang berukuran besar siap konsumsi.

Untuk bisa membesarkan ikan tombro pada bibit ikan yang baik, harus memperhatikan kondisi air di kolam, karena akan mempengaruhi nafsu makan. 

Apabila kualitas air dikolam terjaga dengan baik, maka ikan tombro akan memiliki nafsu makan yang lebih baik dibandingkan ikan yang berada di perairan buruk. 

Adapun ciri perairan kolam yang berkualitas adalah air yang memiliki warna bening kehijauan kecoklatan, tidak berbau, tidak berminyak, dan tidak memiliki endapan pada permukaan kolam.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Guppy Di Kolam Sukses Termudah 2020

Salah satu trik yang digunakan beberapa pembudidaya ikan tombro, yaitu dengan meletakkan pancuran atau filter berada di tengah kolam terpal. 

Dengan trik ini bisa membantu memperbaiki keadaan air yang buruk, juga berfungsi meningkatkan kadar oksigen yang berada didalam kolam.

Pemberian Pakan Ikan Tombro

Cara Budidaya Ikan Tombro


Selain persiapan kolam ikan tombro, salah satu faktor yang sangat penting adalah pemberian pakan ikan tombro. 

Pertumbuhannya sebenarnya dipengaruhi pakan yang diberikan setiap harinya dan berguna untuk memaksimalkan budidaya ikan tombro.

Salah satu karakter ikan ini adalah bersifat rakus dan pemakan segalanya, karena ikan Tombro termasuk ikan jenis Omnivora yang memakan segalanya, entah itu daging atau tumbuhan akan di santap olehnya, anda bisa memberikan pakan berupa lumut, ganggang, sayuran, serangga, dan cacing.

Pakan utama ikan tombro ialah tumbuhan dan binatang yang berada didasara ataupun tepi perairan.  Namun untuk mempercepat proses pertumbuhan maka berilah pakan tambahan berupa pelet dan lain sebagainya dengan gizi tinggi. 

Cara Budidaya Ikan Tombro


Pemberian pakan tambahan dilakukan dengan rasio 3 kali sehari, dan untuk waktu pemberian pakan yang paling baik adalah pagi hari, pasalnya pada waktu pagi hari akan meningkatkan kadar oksigen sebab sinar matahari yang menyinari tanaman sehingga mengeluarkan oksigan. 

Artinya disebabkan akibat fotosintesis oleh matahari.

Selain pemberian pakan yang teratur, seorang pembudidaya ikan tombro harus jeli akan kesehatan yang disandang ikan tombro, kesehatan ikan terbukti dengan adanya tinggi rendahnya nafsu makan. 

Apabila nafsu makan berkurang maka, bertanda ikan kurang sehat. Jangan sampai ikan yang anda budidaya stress, karena nantinya stres akan mengakibatkan beberapa penyakit seperti jamur, bercak merah, gatal, dan penyakit lainnya yang akan menjadikan nafsu makan menurun.

Simak Juga Cara Budidaya Ikan Toman Di Kolam Terpal

Panen Ikan Tombro

Cara Budidaya Ikan Tombro


Perawatan ikan dilakukan hingga siap panen, adapun mengenai ukuran panen ikan tombro bervariasi sesuai dengan permintaan pasar, biasanya ikan tombro dipanen setelah ikan berumur 3-4 bulan.  

Saat itulah ikan yang anda pelihara bisa dipanen, proses pemanenan bisa dilakukan dengan 2 metode, yaitu panen sebagian dan panen keseluruhan.

Panen Ikan Tombro sebagian bisa digunakan menggunakan jaring, dengan lubang yang telah disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. 

Dan untuk panen keseluruhan bisa dilakukan dengan menguras air yang ada didalam kolam, setelah air didalam kolam habis, baru bisa dipanen secara keseluruhan.

Itulah Cara Budidaya Ikan Tombro Di Kolam Terpal yang berhasil kami paparkan dengan cukup jelas, semoga ilmu yang kami share ini bisa bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi pembudidaya ikan tombro.

Dan semoga anda juga mendapatkan keuntungan yang melimpah dari budidaya ikan tombro yang anda usahakan.
iklan auto relax

Post a Comment

0 Comments