Perbedaan Ikan Nila dan Mujair Dengan Mudah

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair banyak dipertanyakan orang awam yang notabenya jarang makan, jarang melihat serta tidak memeliharanya, tentu yang terbiasa makan, terbiasa melihat bahkan memeliharanya tentu paham betul mengenai ciri ikan nila dan ikan mujair.

Kalau kita lihat sekilas dari kedua ikan tersebut tentu akan sangat sulit membedakannya, dengan warna  yang hampir mirip serta bentuknya yang tidak begitu jauh beda. Perbedaan Ikan Nila dan Mujair akan kami jelaskan dengan jelas agar anda bisa mengetahui perbedaan keduanya dengan mudah. Sebenarnya ada cara khusus untuk membedakannya, diantaranya yaitu warnanya, siripnya, ekornya dan lain sebagainya.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
Perbedaan Ikan Nila dan Mujair


Ikan Nila dan Mujair memiliki klasifikasi morfologi yang sama yaitu dari Genus Oreochormis yang merupakan habitat aslinya. Panjang dan tinggi kedua ikan tersebut sama persis, dengan memiliki bentuk kepala yang besar, bermulut lebar dan tebal, serta memiliki sisik yang besar dan keras. Pada sirip bagian punggung dan bagian dubur terdapat beberapa jari-jari tajam yang bisa membahayakan konsumen.

Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair

Baiklah, berikut ini kami Situs Budidaya Ikan Hias akan menjelaskan 4 perbedaan Ikan Nila dan Mujair dengan jelas, detail dan mudah dipahami dengan baik beserta gambarnya sebagai berikut:


  • Perbedaan yang pertama terletak pada sirip ekor dan corak warna kedua ikan tersebut, untuk ikan nila bisa anda ketahui dengan cara melihat bagian sirip ekor terdapat garis hitam tegak lurus. Serta terdapat garis berwarna hitam melintang lurus. Sedangkan ikan mujair terdapat sirip punggung yang tidak terlihat garis-garis lurus. 

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair



  • Postur tubuh kedua ikan tersebut juga berbeda, Ikan Nila memiliki badan gemuk, berdaging, gempal sedangkan ikan mujair agak kurusan.

  • Pertumbuhan ikan nila sangat cepat, dan pertumbuhan ikan mujair agak lambat.

  • Ikan Nila memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan ikan mujair

Tabel Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair

-           

Ciri - Ciri NILA

Ciri Ciri MUJAIR

  • Pada Sirip ekor ikan nila terdapat garis hitam tegak lurus, serta terdapat garis berwarna hitam melintang

  • Ikan Mujair tidak ada garis hitam lurus

  • Postur tubuh Ikan nila lebih gemuk, berdaging dan gempal

  • Postur tubuh ikan mujair agak kurusan, dagingnya lebih sedikit

  • Pertumbuhan Ikan Nila lebih cepat

  • Pertumbuhan ikan mujair lebih lambat dibandingkan dengan ikan nila

  • Harga ikan nila sedikit lebih mahal dibandingkan dengan mujair

  • Harga ikan mujair lebih murah dibandingkan dengan nila


Perbedaan Ikan Nila dan Mujair memang begitu sedikit, kedua ikan tersebut hampir sama sehingga orang awam tentu akan kesulitan untuk membedakannya. Nah, dengan perbedaan-perbedaan yang telah saya paparkan tadi mampu memberikan sebuah pengertian bagi anda untuk membedakan ikan nila dan mujair.

Kategori : Budidaya

Post a Comment

0 Comments