Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang Hias Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Cupang Jantan Dan Betina terkadang masih ada beberapa orang yang masih sulit untuk membedakan keduanya, karena memang ada beberapa factor yang membuat kita ragu terhadap jenis kelamin jenis ikan cupang jantan atau sebaliknya.

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Ikan Cupang Jantan dan Betina ? Sebenarnya cara membedakan jenis kelamin sangat mudah sekali, akan tetapi jika dilakukan pada usia dini, atau usia ikan yang tergolong sangat kecil, biasanya kita namai sebagai burayak ikan cupang, dan pada saat itulah perbedaan fisik ikan cupang jantan dan betina sulit untuk kita ketahui, tapi saat tumbuh dewasa akan mudah dilakukan.

Baca Juga : Cara Membuat Aquarium Ikan Cupang Yang Unik Buatan Sendiri


Ada beberapa pertanyaan, diantaranya jelaskan karakteristik khusus ikan cupang ? Nah, disini sudah saya paparkan gambar dibawah ini sudah ada kriteria atau karakteristik ikan cupang yang baik, serta cara membedakan ikan cupang jantan dan betina yang siap kawin.


perbedaan jenis kelamin ikan cupang jantan dan betina

gambar ikan cupang jantan

Gambar dari budidayaikanhias

Beda Ikan Cupang Jantan Dan Betina


Jenis kelamin ikan cupang dapat dibedakan berdasarkan tubuhnya, gerakannya, ekornya dan lain sebagainya, juga bisa kita lakukan dengan memahami perbedaan berikut ini. Baiklah, langsung saja Simak artikel menarik tentang bagaimana cara membedakan ikan cupang jantan dengan ikan cupang betina.? Sebagai berikut:

Karakteristik Ikan Cupang Jantan


Morfologi Ikan cupang berkelamin jantan mempunyai ciri khas, sifat ikan cupang jantan yaitu :


  • -Tubuhnya langsing.
  • - Gerakan ikan cupang jantan tentu memiliki gerak yang sangat lincah dan gesit, tapi tidak menutup kemungkinan ikan cupang betina memiliki gerak yang gesit juga
  • - Ekor (caudal fin) dan sirip (ventral fin/dasi) lebar dan panjang.
  • - Warna lebih cerah dan menarik dari pada betina.

Karakteristik Ikan Cupang Betina 


Ikan cupang berkelamin betina mempunya ciri khas sebagai berikut :


  • Bertubuh gempal (padat, tidak panjang).
  • Gerakan lebih lambat (tidak agresif).
  • Ekor (caudal fin) dan sirip (ventral fin/dasi).
  • Warna kurang menarik.
  • Ada titik putih di perut :

Gambar Ikan Cupang Betina

perbedaan jenis kelamin ikan cupang jantan dan betina

ikan cupang betina siap kawin


Cara Membedakan jenis kelamin ikan cupang betina berbagai jenis termasuk jenis giant, emprit jepang, semut jepang, halfmon, plakat, dan serit , Ikan Cupan Betina Siap Kawin cukup sederhana dan mudah, caranya sangat mudah yaitu dengan ciri-ciri apabila ikan cupang betina sudah menegeluarkan gelembung di atas air, itu tandanya sudah bisa hamil dan bertelur sehingga bisa kita ternak atau Budidaya.

Untuk itu, segeralah mencampurkan atau mengawinkan ikan cupang sehingga anda akan mendapati bibit ikan jupang yang berkualitas dan nantinya bisa anda gunakan untuk kontes ikan cupang, jika anda belum faham silahkan baca kembali tentang cara mengawinkan ikan cupang.

Setelah mengetahui perbedaan ikan cupang jantan dan betina, langkah selanjutnya anda bisa mengawinkan keduanya sehingga bisa muncul burayak-burayak ikan cupang yang bagus pula, namun anda juga harus memperhatikan syarat indukan ikan cupang yang baik adalah ikan yang sehat, mampu menghasilkan anakan yang baik juga.

Baca Juga Cara Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Menang ~ Study Case

Foto Cupang Betina Halfmoon


Ikan Cupan Betina Serit


Setelah mengetahui cara membedakannya, lalu anda juga harus mengetahui cara menjodohkannya juga,Selain menyerang juga mengejar satu sama lain dalam proses perkawinan ikan tersebut.  tulah Cara Membedakan ikan cupang hias betina dan jantan yang sudah kami paparkan di atas, semoga dengan ilmu yang kami Situs Budidaya Ikan Hias share bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pecinta ikan cupang hias.                                                                                                                                                               

Post a Comment

0 Comments