Cara Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Ganas ~ Study Case 2020

Cara Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Menang – Ikan cupang aduan memiliki banyak jenis salah satunya yaitu ikan cupang giant, ikan cupang serit, ataupun ikan cupang halfmon juga bisa di adu karena karakter dari ikan cupang memiliki emosional yang sangat tinggi. Ketika bertemu sesama jenis akan langsung saling emosi, dengan demikian ikan cupang disukai oleh penggemarnya karena keagresifannya.

Cara memilih ikan cupan aduan perlu komitmen yang tinggi agar ikan bisa terawatt dan mampu memiliki tingkat emosional yang klimaks. Selain itu juga memiliki keindahan yang tinggi, karena besarnya tubuh ikan  sangat mempengaruhi menang dan kalahnya ikan cupang saat bertarung.
Cara Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Menang ~ Study Case 2018


Meskipun jenis ikan cupang aduan yang kita miliki adalah ikan yang bermutu serta berkelas bahkan memiliki banderol harga yang tinggi, tapi jika dalam perwatannya kita salah maka akan mengakibatkan kualitas ikan akan menurun dan akhirnya anda harus bersiap menerima kekalahan saat berada di arena. Disebabkan ikan sedang mengalami sakit ataupun menurunnya insting untuk mempertahankan wilayahnya sehingga stamina yang didapatkan tidak  berada pada posisi prima. Dengan demikian, kita perlu mengetahui  Cara melatih mental ikan cupang aduan.

Cara Merawat Ikan Cupang Aduan


Berikut kami Budidaya Ikan Hias akan memberikan tutorial bagaimana cara memberanikan ikan tarung sehingga menjadi ikan yang selalu siap di adu. Baiklah, berikut ini harus anda perhatiikan betul betul;

Kolam / Tempat Pemeliharaan Cupang Aduan


Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang sangat tangguh, sehingga ikan cupang mampu ditaruh pada tempat kecil sekalipun seperti toples, botol bekas, aquarium kecil ataupun kolam kecil. Sedangkan yang harus diperhatikan pada tempat pemeliharaan cupang biar ganas adalah kualitas air yang jernih serta suhunya terjaga.

Cara agar ikan cupan galakberbeda dengan cara merawat ikan cupang hias, Untuk menjaga kualitas air dalam kolam supaya ikan cupang aduan menjadi lebih bagus bisa dengan cara menempatkan toples atau sejenisnya pada tempat yang teduh agar suhu air tidak terlalu tinggi dan panas. Sedangkan untuk malam hari bisa di kasih penutup bias dari kardus atau penutup lainnya secara renggang atau tidak terlalu rapat berguna untuk menstabilkan suhu air, karena ketika tidak ditutup maka air akan memiliki suhu rendah secara drastis.

Sebaiknya taruhlah tempat ikan cupang tepat berada pada tepat yang terkena sinar matahari saat pagi hari, dan berilah tanaman air seperti ganggang, selada air, ataupun enceng gondok agar ikan bisa berlindung saat terkena sengat matahari yang cukup panas. Selain itu juga memiliki fungsi untuk menetralisir keasaman dan zat lain yang berbahaya bagi ikan didalam air.

Ketika anda baru membeli ikan cupang dipasaran, sebaiknya jangan langsung ditaruh pada botol atau akuarium, taruhlah terlebih dulu pada ember hitam dengan isi air ketinggian ¾ ember juga sebaiknya terkena cahaya matahari tapi usahakan jangan sampai terkena sinar matahari langsung agar ikan tetap sehat dan berstamina. Di tempat itu juga kita kasih selembar daun ketapang kering atau bisa juga menggunakan pisang kering, pakannya bisa diberi kutu air atau pun cuk yang sudah disaring. Sedangkan untuk mendapatkan kualitas body ikan yang panjang ddan besar maka jangan pelit-pelit amat dalam memberi kutu air.


Untuk menjaga kualitas air agar tetap jernih, gantilah air tersebut setiap 3-4 hari sekali, dan ketika makanannya habis berilah pakan setiap harinya. Ketika mengganti air, lihatlah keadaan perutnya dengan karakteristik ketika kottoran yang keluar berwarna hitam serta menggumpal berarti ikan berada dalam keadaan sehat, begitu juga sebaliknya.

Setelah ikan yang sudah didiamkan berada dalam ember dalam kurun waktu yang cukup dengan tanda warna kepala ikan cupang berwarna hitam, warnanya lebih kontras dan tampak ganas jika disandingkan dengan kaca maka bisa ditaruh pada toples ataupun tempat lainnya.

Saat hari pertama masuk pada toples,kita lihat bagian bawah pada toples tersebut dengan memperhatikan kotoran ikan yang sudah keluar,apakah terlihat hitam dan menggupal ataukah tidak terlalu menggumpal. Kemudian, untuk tahap latihan atau training bisa anda lakukan dengan cara tidak member makan dahulu ketika hendak disandingkan dengan lawan. Untuk menyandingkan ikan silahkan kasih jarak antara botol dengan botol berkisar 3 jari tangan kita dan silahkan lihat perkembangannya pada bagian keagresifan, atau keganasannnya.

Cara agar ikan cupan galak selanjutnya adalah training dengan cara memutar ikan dengan menggunakan kayu yang  dibalut dengan plastik hitam, putaran pertama boleh ke kanan ataupun kiri, dan biarkan air memutar hingga tenang, setelah ke kanan langsung dibalas dengan lawan arah.

Mengenai berapa banyaknya putaran yang diberikan, disesuaikan dengan kondisi dan kekuatan ikan cupang, cirri-ciri ikan yang tahan putaran adalah ikan selalu melawan arus. Putar airnya hingga ikan merasa lelah, dan saat itulah ikan boleh istirahat sebentar kisaran 15 menit, kemudian sandingkan selama ½ jam dengan ikan cupang betina yang belum matang gonad berjarak 3 jari dan ini biasanya digunakan sebagai cara melatih ikan laga.

Next, berilah makan ikan dengan sedikit-sedikit hingga merasa kenyang serta baiknya juga diberi bloodworm hidup agar mendapatkan suplemen vitamin dan protein yang tinggi. Saat ikan sedang makan, jangan sampai melihat lawannya agar dalam proses makan bisa optimal.

Setelah ikan makan kita tunggu hingga kotorannya keluar, kemudian masukkan kembali ikan betina muda selama 30 menit. Kita pancing dengan karet yang didekatkan dari luar toples, apabila ikan mendekan dan mau menghantam maka jauhkanlahh karet. Lakukan proses ini selama 15menit agar latihannya berlangsung dengan maximum.

Gantilah airnya dengan menggunakan air baru yang diberi sedikit garam dan dienddapkan selama satu malam agar ikan merasa nyaman, dan masukkanlah ikan dengan cara menutupi ikan tersebut dengan cara apapun atau bisa ditutupi dengan kain gelap agar kondisinya tetap terjaga.

Lakukanlah proses training tersebut selama 1 minggu sekali agar kejantanannya terlihat dengan baik, dan nanti setelah sudah tangguh sudah siap kita ikutkan kontes ikan cupang. Semoga dengan cara ini, ikan yang anda rawat bisa memberikan kebanggaan kepada anda dengan mendapatkan juara kontes tingkat kota ataupun tingkat nasional. Selain itu kadang diperlukan obat ikan cupang aduan agar ikan lebih tangguh. Tentunya dengan perawatan yang baik akan menjadikan cara ini sebagai cara agar ikan cupang cepat besar ataupun cara agar ikan cupang cepat besar.

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang memiliki keunikan khusus yaitu memiliki emosional yang sangat tinggi, untuk itu kita perlu melatihnya dengan cara diatas agar ikan yang kita garap bisa memenangkan sebuah kontes. Perawatan ikan cupang sebelum diadu bisa menggunakan cara diatas, dan cara merawat ikan cupang setelah diadu menggunakan cara yang berbeda, ketika luka ikan yang tidak begitu arah bisa didiamkkan terlebih dahulu dengan cara menyepikan atau menyendirikan dengan keadaan petang agar psikologi ikan tidak terganggu.

Agar ikan cupang aduan yang kita miliki semakin tangguh, anda bisa mencoba cara membuat gigi ikan cupang tajam dengan melalui media daun ketapang, menggunakan lidi ataupun  menggunakan gambir sebagai cara membuat gigi ikan cupang tajam.

Baca Juga Cara Membuat Aquarium Ikan Cupang Yang Unik Buatan Sendiri

Makanan Ikan Cupang Aduan Biar Ganas

1. Berikan Daun Ketapang


Dengan memberikan daun ketapang kepada ikan cupang mampu menjadikan gigi ikan cupang menjadi tajam, caranya dengan menumbuk daun ketapang muda dan dikeringkan, setelah itu berikan kepada ikan cupang untuk dimakan. Diantara manfaat daun kecapang adalah untuk menjadikan warna ikan juga ekor menjadi indah. selain daun ketapang juga bisa menggunakan cacing sutra.

2. Berikan Gambir


Caranya cukup mudah hanya dengan merebus gambir dan menumbuknya hingga halus. setelah halus silahkan masukkan kedalam air cupang aduan, adapun dosis yang diberikan jangan sampai berlebihan karena akan berakibat fatal bagi ikan cupang aduan anda.

3. Daun Pepaya


Cara mengolah daun pepaya kering untuk ikan cupang sangat mudah seperti cara-cara sebelumnya yaitu dengan mengeringkan terlebih dahulu, kemudian ditumbuk dan dimasukkan kedalam air ikan cupang. Setelah itu, air ikan cupang akan terlihat kecoklatan dan badan ikan akan lebih ramping. memang ramping dan langkahnya akan semakin agresif. Itulah manfaat daun pepaya kering untuk ikan cupang yang bisa kami sampaikan.

4. Daun Sirih

Selain daun ketapang, daun pepaya ataupun gambir, ada juga daun sirih untuk meningkatkan keberanian ikan cupang aduan. Manfaat daun sirih untuk ikan cupang bisa digunakan untuk menyembuhkan ikan cupang yang terluka saat bertarung karena didalam daun sirih terdapat kandungan antioksidan, antiseptip dan fungisida.

5. Daun Pisang

Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Cupang diantaranya digunakan untuk meringankan stress, mencerahkan warna kulit ikan cupang, Mempercepat pemulihan luka, Mencegah adanya jamur pada kulit ikan, dan juga berguna untuk persiapan pemijahan ikan cupang. Caranya hampir sama seperti cara lainnya yaitu dikeringkan dan dimasukkan kedalam air ikan cupang, adapun daun pisang yang digunakan adalah daun pisang raja, pisang tanduk dan pisang kepok.

6. Bawang Putih


Manfaat bawang putih untuk ikan cupang adalah untuk membantu proses penyembuhan terhadap ikan yang memiliki luka, kalau misalnya ikan aduan kita terluka bisa diberikan dengan bawang putih agar pulih kembali.

4. Menggunakan Lidi


Lidi disini tidak untuk dimakan ikan cupang, akan tetapi hanya untuk memancing keagresifan ikan cupang, jika menyerang maka ikan cupang aduan akan menjadi lebih baik. Selanjutnya silahkan gunakan obat neotrimiga. Obat neotrimiga adalah obat ikan cupang untuk menajamkan giginya.

Setelah ikan cupang aduan sudah tenang, anda bisa melatihnya kembali untuk perlombaan selanjutnya agar mendapatkan hasil yang baik atau menang dalam sebuah perlombaan. Baiklah, itu yang bisa kami sampaikan mengenai cara Merawat ikan cupang aduan Cepat Besar agar menang dan terhindar dari kekalahan yang fatal. Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments