Cara Memelihara Kura-Kura Kecil di Aquarium Agar Tidak Mati

Sebenarnya pembuatan Aquarium Khusus Kura-Kura itu tidak sesulit apa yang kita bayangkan, pada dasarnya pembuatannya sama seperti aquarium untuk ikan hias namun ada beberapa yang berbeda dari aquarium ikan hias.

Memelihara Kura-Kura merupakan salah satu pengalaman yang sangat menyenangkan dan tidak lazim dikalangan masyarakat luas, karena kebanyakan aquarium digunakan untuk ikan hias berbagai jenis. Perlu kita perhatikan bahwa kura-kura ambon yang bisa kita pelihara tidak sembarang kura-kura karena ada beberapa jenis kura-kura yang tidak boleh kita pelihara. Ada beberapa jenis kura-kura yang dilindungi oleh pemerintah dan itu terlarang untuk dipelihara.

Aquarium Khusus Kura-Kura

Aquarium Khusus Kura-Kura di desain dengan baik menggunakan area berair dan area kering dengan kondisi aquarium yang baik yang menggunakan penerangan ataupun penyaringan yang baik agar kesehatan kura-kura tetap terjaga. Untuk Kesehatan Juga kita perlu memperhatikan Makanan Untuk Kura-Kura Brazil dengan gizi yang tinggi.

Cara Memelihara Kura-Kura Kecil di Aquarium


Pilihlah Aquarium Khusus Kura-kura Yang Besar dan Kuat


Ukuran Kura-Kura yang besar membutuhkan tempat yang besar pula, idealnya menggunakan aquarium kaca yang mampu menampung air sebesar 38 hingga 57 liter air untuk kura-kura berukuran 2,5 cm agar pertumbuhannya semakin cepat. Apabila kura-kura tumbuh dewasa silahkan hitung ukuran rata-rata perkembangan kura-kura dan sesuaikan dengan ukuran aquarium yang semakin besar.


Dengan kapasitas air yang begitu banyaknya, jangan menggunakan kaca yang tipis untuk dirancang reptile darat karena hal tersebut akan mengakibatkan kaca aquarium pecah karena tekanan air yang kuat. Minimal untuk membuat akuarium kura kura menggunakan kaca dengan ketebalan 1 cm agar tidak pecah.

Model Aquarium Kura-Kura


Aquarium Khusus Kura-Kura
Apabila kura-kura yang anda pelihara lebih dari satu maka sesuaikan aquarium yang anda buat, ukurlah aquarium anda berdasarkan ukuran peprtama anda. Kemudian tambahkan setengah ukuran dari aslinya untuk menambah kura-kura dan hasil akhirnya untuk ukuran aquarium yang sudah dilipatkan.

Pastikan ukuran aquarium lebih besar kedalamnya dibanding kelebarannya karena jika tidak seperti itu berbahaya bagi kura-kura, saat kura-kura terbalik maka tidak bisa membalikkan badannya. Rumus yang mudah kita pahami, Semakin banyak kura-kura maka semakin lebar ukuran aquarium. Mengenai panjang aquarium seharusnya dilipatkan tiga hingga empat dari panjang kura-kura dan lebar aquarium seharusnya dua kali lipat panjang kura-kura. Dan pastikan bagian atas aquarium masih terdapat sisa lebih dari 30 cm pada bagian tertinggi yang bisa diraih kura-kura agar tidak bisa memanjat keluar aquarium.

Sediakan Penerangan UVA & UVB


Aquarium mini kura-kura harus disediakan penerangan menggunakan lampu yang menempel pada aquarium atau terpisah dengan aquarium yang mengarah kedalam aquarium, dan ditujukan sebagai area menjemur kura kura agar tetap sehat.

Cara membuat kolam kura-kura sederhana tentu masih membutuhkan lampu spectrum penuh dengan menggunakan dua bolam lampu yaitu UVA dan UVB. Fungsi lampu UVB digunakan untuk menstimulasi produksi vitamin D3 agar mempertahankan lingkungan yang alami sesuai dengan lingkungan yang natural. Sedangkan lampu UVA akan menjadikan kura-kura beraktifitas lebih dan menambah nafsu makan kura-kura.
Aquarium Khusus Kura-Kura

Kura-Kura biasanya membutuhkan siklus penerangan selama 12 hingga 14 jam dan kegelapan selama 10 hingga 12 jam sehingga anda perlu mengkalkulasi penerangan lampu dengan perhitungan untuk menstimulasi siklus penerangan alami.

Selain itu anda juga perlu mengalokasikan aquarium kandang kura kura ambon ditempat yang bagus, bisa diletakkan pada aquarium pada tempat yang terkena langsung oleh sinar matahari. Letakkanlah pada tempat yang teduh dan tidak jangan terkontak langsung dengan sinar matahari karena sinar matahari yang panas bisa mengakibatkan kura-kura terpanggang dan mati.

Kalkulasi Suhu Air


Gunakanlah pemanas air yang dicelupkan secara penuh untuk mempertahankan konsistensi suhu dalam setahun, pemanas ini  bisa anda tempelkan pada kaca aquarium dibagian samping.  Sebelum memasang pemanas air,  anda harus memastikan terlebih dahulu kalau kura-kura memang benar-benar membutuhkannya dan setiap spesies memiliki kebutuhan kehangatan yang berbeda-beda.

Pasang Filter Yang Baik 


Filter yang baik akan mampu menyaring air dengan baik sehingga air tetap terjaga kebersihannya, filter ini menjadi alat yang sangat penting untuk mengatur kebersihan aquarium khusus kura-kura anda. Seperti yang kita ketahui bahwa kura-kura menghasilkan kotoran yang sangat banyak dibanding dengan ikan hias lainnya sehingga anda tidak harus membeli filter yang memang benar-benar berkualitas.

Idealnya, filter dengan tabung besar mampu menyerap kotoran yang begitu banyak yang dikeluarkan oleh kura-kura peliharaan anda. Dengan ukuran filter yang besar akan mengakibatkan sirkulasi air tidak mudah tersumbat sehingga air tetap jernih dan kura-kura tetap sehat.

Berilah Penutup Aquarium


Salah satu hal yang juga penting adalah memasang penutup aquarium untuk menghindari panas dan melindungi dari hal yang tidak di inginkan seperti bola lampu pecah akan terhalang dengan penutup dan tidak melukai kura-kura. Lampu yang diguunaan sebagai penerang habitat kura-kura memiliki suhu yang panas sehingga jika tersiram air maka lampu bisa saja pecah.

Selain itu fungsi penutup aquarium berguna untuk menahan kura-kura yang ingin keluar dari aquarium. Untuk penutup aquarium jangan dibuat dari bahan kaca atau plexiglass, pasalnya bahan ini menyerap sinar UVB yang diperlukan kura-kura untuk bertahan hidup kura-kura, selain itu juga bagan tersebut mudah pecah dan mudah leleh.

Beberapa point penting diatas adalah cara membuat kolam kura-kura sederhana yang bisa anda buat sendiri tanpa harus membeli aquarium yang mahal, dengan memperhatikan berbagai point penting tersebut.

Cara Membuat kandang Kura-Kura sederhana tidaklah suatu hal yang sulit, bisa anda selaraskan dengan cara keadaan aquarium yang sudah anda siapkan. Mengenai desainnya silahkan bisa anda buat sesuai dengan keadaan yang anda gunakan.

Banyak berbagai toko online yang menjual aquarium kura kura brazil dengan harga dan variasi yang berbeda, ada yang ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah sesuai dengan keindahan yang didesain oleh produsen.

Salah satu toko online yang jual kandang kura kura adalah tokopedia, olx dan lain sebagainya dengan gaya dan model terbaru tentunya, silahkan dipilih sesuai kehendak hati anda. Lakukan pembayaran dan tunggu kedatangannya dirumah anda.

Bolehkan kura kura dicampur ikan ? Boleh-boleh saja dan kura-kura tidak langsung memburu ikan yang masih hidup, justru malah bisa dijadikan teman.

Cara membuat kandang kura kura darat yang sudah dipaparkan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, silahkan lakukan eksperimen sesuka hati dengan keindahan yang berbeda-beda. 

Itulah Aquarium Khusus Kura-Kura yang sudah kami gambarkan dengan berbagai aksesoris dan kebutuhan untuk memenuhi kesehatan kura-kura yang anda pelihara, dan perlu anda ketahui bahwa tidak semua kura-kura bisa anda pelihara, jika anda tetap memelihara kura-kura dengan spesies dilindungi maka anda bisa terkena hukum Negara. Terimakasih dan salam Budidaya Ikan Hias.

Post a Comment

1 Comments