Cara Membuat CO2 DIY Cisod Untuk Aquascape Sendiri

Cara Membuat CO2 Untuk Aquascape tidak terlalu rumit sebenarnya hanya saja jika tidak memiliki skil atau keahlian maka pembuatan CO2 cukup rumit, Seperti yang kita ketahui bahwa CO2 atau Gas karbon dioksida menjadi unsure utama dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis baik tanaman darat ataupun tanaman air membutuhkan gas CO2 untuk berfotosintesis dan itulah fungsi co2 untuk aquascape.

Dengan demikian karbon dioksida merupakan salah satu yang penting maka supaya kehidupan tanaman aquascape bisa berjalan dengan baik untuk berfotosintesis, kita harus menyuplai kebutuhan Gas CO2 didalam air cukup. Memang ada juga sih tanaman aquascape yang tidak mengandalkan CO2 tapi ada juga tanaman aquascape yang sangat membutuhkan suplay CO2 agar pertumbuhannya bisa maksimal, tapi kebanyakan tanaman aquascape membutuhkan kadar CO2 didalam air.

Baca Juga 5 Tanaman Karpet Aquascape Terbaik Tanpa CO2
Cara Membuat CO2 Untuk Aquascape


Kebanyakan kendala cara membuat co2 diy sitrun adalah low budget, pasalnya harga tabung CO2 yang ditawarkan tergolong sangat mahal belum lagi pengisian ulangnya. Selain itu juga mengenai ketersediaan tabung DIY yang saat ini belum tersedia di beberapa daerah terutama pada daerah pelosok desa. Dengan alasan tersebut menjadi salah satu indikasi kami situs Budidaya Ikan Hias membahas tentang co2 alami untuk aquascape.

Cara Membuat CO2 DIY Cisod 


Sebelum itu, ijinkanlah kami membandingkan terlebih dahulu akan kelebihan maupun kekurangan CO2 tabung dan CO2 DIY sebagai berikut:

Kelebihan CO2 DIY


Biaya jangka pendek murah
Bahan mudah di dapatkan

Kekurangan CO2 DIY


Repot harus ganti isi CO2 per beberapa minggu
Biaya jangka panjang mahal
CO2 mengalir sepanjang waktu

Itulah kelebihan serta kekurangan suplay CO2 menggunakan DIY, dan berikut ini kelebihan dan kekurangan CO2 Tabung.

Kelebihan CO2 Tabung


  • Lebih Praktis
  • Dapat di stop aliran CO2nya


Kekurangan CO2 Tabung


  • Investasi awal mahal
  • Sulit di dapatkan di daerah terpencil

Langkah Membuat CO2 DIY Cisod 

Setelah anda melihat kelebihan dan kekurangan Suplay CO2 tabung dan CO2 Diy, putuskanlah pilihan anda antara membeli CO2 tabung ataukah membuat CO2 DIY. Jika anda menginginkan untuk pembuatan DIY silahkan siapkan bahan bahan buat co2 dan simak cara membuat co2 diy sitrun sebagai berikut:

Bahan dan Alat


  • Gula pasir (250g)
  • Fermipan/ragi roti (1/4-1/2 sdt)
  • Selang aerator (seperlunya)
  • 1 buah botol plastik bekas ukuran 1,5 L (botol minuman bersoda lebih baik)
  • 1 buah botol plastik bekas 600 ml atau di bawahnya
  • bor (optional) bisa pake paku atau sejenisnya
  • Lem korea atau lem silikon
Baiklah, setelah menyiapkan semua bahannya silahkan bisa ikuti prosessnya berikut ini.

Siapkan alat dan bahan


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat 1 lubang pada tutup botol 1,5 liter berukuran selang aerator, tapi usahakan lubang tersebut lebih kecil agar tidak terjadi kebocoran. Dan juga buat 2 lubang berukuran selang aerator pada botol berkapasitas 600 ml.

Berikutnya masukkan selang aerator yang sudah anda siapkan kedalam lubang tutup botol yang sudah dilubangi tadi, adapun skemanya silahkan lihat gambar yang telah kami paparkan. Gunakan lem korea atau lem silicon agar tidak terjadi kebocoran gas CO2 yang sudah terbuat, apabila terjadi kebocoran maka itu bisa saja menjadi indikasi co2 diy tidak keluar gelembung.


Isilah botol besar campuran air hangat hingga seleher botol dicampur dengan ragi atau fermipan sebesar 1/4-1/2 sdt, Selain itu pada botol kecil berukuran 600 ml tadi berilah air biasa sekitar ¾ botol, adapun fungsi botol tersebut untuk menyaring alcohol dari botol besar yang ikut terbawa bersamaan dengan gas CO2 yang nantinya akan menjadi fungsi co2 untuk aquascape.

Tutuplah kedua botol yang sudah terisi tadi menggunakan tutup botol yang sudah terpasang selang, silahkan tunggu beberapa jam hingga gelembung muncul di botol kecil berukuran 600ml tadi.

Cara membuat co2 padat dan cara membuat co2 diffuser hampir sama dengan cara ini, dan sekarang berapa lama waktu CO2 bisa keluar ? simak berikut ini,

Lama waktu CO2 keluar


Mengenai waktu cepat atau pelannya keluar CO2 dari botol kecil tergantung dengan seberapa banyaknya Fermipan yang digunakan, rumusnya semakin banyak fermipan maka semakin cepat BPS ( bubble per seconds). Namun jangan memberikan fermipan terlalu banyak, tetaplah memberikan fermipan yang sesuai kapasitas tanaman aquascape yang anda tanam.

Jika anda mencampurkan Fermipan yang terlalu banyak maka akan menimbulkan bps ( bubble per seconds yang banyak dan berlangsung cepat, akan tetapi stok CO2 akan cepat habis. Mengenai cepat atau lambatnya sih tergantung kepada berapa banyak kebutuhan CO2 terhadap tanaman aquascape.

Cara menyebarkan co2 di aquascape simple sekali, dimulai botol besar yang dicampur dengan ragi kemudian disalurkan ke botol kecil melalui selang aerator kemudian baru dimasukkan kedalam aquascape untuk menyukupi kebutuhan CO2. Sistem tersebut hampir sama dengan cara membuat diffuser co2 keramik hanya saja medianya yang berbeda.

Sebenarnya ada dua jenis pembuatan CO2 DIY, ada yang menggunakan cara membuat co2 cair dan aquascape co2 tablet sesuai dengan kebutuhan anda.

Baiklah, Cara Membuat CO2 Untuk Aquascape yang sudah saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membuat CO2 atau mau mencari co2 aquascape jual dengan harga yang sangat murah. Hal-hal diatas bisa anda jadikan sebagai refrensi anda untuk memelihara ikan hias dan tanaman didalam aquascape.

Post a Comment

1 Comments