Cara Budidaya Ikan Lemon Di Akuarium Omset Puluhan Juta

Cara Budidaya Ikan Lemon – Ikan Lemon merupakan salah satu jenis Ikan hias yang indah dengan warna khas kuning, ikan ini tergolong ikan kecil yang laris dipasaran ikan hias di Indonesia dan harga yang ditawarkan pun tergolong murah unuk kelas anak SD.

Ikan ini berasal dari Negara Afrikan, namun ikan Afrika ini sudah tenar di Indonesia sehingga mampu meramaikan pasaran ikan Hias di daratan Indonesia. Ikan Lemon yang beredar dan diperjual belikan di Indonesia ini hasil dari budidaya Ikan Lemon oleh petani ikan hias di Indonesia, artinya bukan hasil import dari luar negeri.

Siapa sich? Yang tidak kenal dengan ikan lemon, ikan kecil berparas cantik dengan warna kuning yang cerah. Warna kuning yang mirip dengan buah lemon ini banyak peminatnya bahkan permintaan pasar ikan hias yang warnanya polos semakin berkembang.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen

Ikan Lemon termasuk jenis ikan hias yang cocok untuk dipelihara di aquascape karena memiliki warna kuning yang terang dengan sebagai subtract dan tanaman aquascape, dengan memilikinya anda akan lebih memanjakan sebagai pecinta ikan hias.

Cara Budidaya Ikan Lemon tidaklah perkara yang sulit, mungkin mainsite anda berkata budiday ikan lemon sangat sulit. Tapi sebenarnya tidak seperti itu, proses ini cukup mudah, apalagi kalau dilakukan dengan cara yang benar serta terus  berinovasi untuk mencari ilmu mengenai pemeliharaannya, maka niscaya keberhasilan akan menjemputnya. Dan perlu anda ketahui bahwa yang namanya rejeki itu tidak akan kemana-mana.
Budidaya Ikan lemon
Budidaya Ikan lemon

Cara Budidaya Ikan Lemon

Dengan peluang ikan hias lemon yang banyak peminatnya serta mudah untuk dibudidayakan, maka peluang ternak ikan lemon bisa dijadikan sebagai ladang usaha menjadi petani Ikan Hias. 

Untuk itu kami situs budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Budidaya  Hias Lemon sebagai berikut.

1. Pilih Indukan Yang Berkualitas


Langkah pertama yang harus dilakuakn adalah pemilihan indukan, kenapa harus memilikh indukan yang berkualitas? Pasalnya induk yang berkualitas akan menghasilkan benih ikan yang berkualitas pula, dan nantinya akan cepat dalam pertumbuhan serta memiliki nilai yang tinggi.
Budidaya Ikan lemon
Budidaya Ikan lemon

Salah satu kriteria indukan ikan lemon yang berkualitas adalah ketika ikan lemon sudah berumur 7 bulan lebih, karena umur tersebut sudah siap untuk dipijahkan.

Langkah selanjutnya, pembudidaya ikan lemon harus bisa membedakan jantan dan betina.

Sedangkan untuk cara mengetahui mana ikan lemon jantan dan betina sebagai berikut.

Ciri-Ciri Ikan Lemon Jantan


  • Memiliki warna kuning yang lebih cerah dan bersinar
  • Memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang
  • Memiliki warna hitam pada sirip atas dan sirip bawahnya
  • Memiliki sirip perut lebih panjang
  • Kepala Ikan lemon jantan lebih besar
Baca Juga Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal

Ciri-Ciri Ikan Lemon Betina


  • Berkebalikan dengan ikan lemon jantan,  yaitu memiliki warna kuning yang lebih kusam (kurang cerah)
  • Memiliki sirip atas dan sirip bawah yang berwarna kuning
  • Ukuran kepala ikan lemon lebih kecil dibanding ikan jantan
  • Sirip pada perut lebih pendek dibandingkan ikan lemon jantan

Setelah mengetahui mana yang betina dan mana yang jantan,  pastikan indukan sudah berumur lebih dari 7 bulan dan harus memastikan kesehatannya, jangan sampai memijahkan ikan lemon dengan indukan yang sakit. langkah Budidaya Ikan Lemon selanjutnya adalah menyiapkan kolam pemijahan.

2. Siapkan Tempat Untuk Pemijahan


Langkah kedua yang harus dilakukan adalah menyiapkan tempat pemijahan berupa kolam maupun akuarium.  Sebelum memasukkan indukan , pembudidaya ikan lemon harus menyetting terlebih dahulu dengan settingan kasih gua-gua, bisa dengan pipa. Gua ini nantinya berfungsi sebagai sarang ikan lemon saat proses pemijahan.

Proses pemijahan menggunakan akuarium tentunya ada syarat-syarat khusus, untuk memenuhi kriteria tempat yang efektif untuk memijahkan ikan lemon dengan akuarium berukuran panjng 100 cm, lebar dan tingginya 40 cm. agar leluaasa dan nyaman pada saat proses pemijahan.

Selain memperhatikan volume, pembudidaya ikan lemon harus memperhatikan oksigen, pH air, suhu air, serta sirkulasi air dengan memberikan filter dan aerator agar keadaan air tetap jernih. Kemudian setelah semuanya dirasa siap untuk pemijahan maka indukan Ikan Lemon yang sudah siap pemijahan dimasukkan kedalam akuarium yang bersih tadi.

Seharusnya, perawatan indukan ikan lemon harusnya memberikan pakan yang baik yang berguna untuk merangsang dan meningkatkan pertumbuhan sel telur agar melimpah. Seperti jentik nyamuk atau tubifex.

3. Proses Pemijahan


Pada proses pemijahan ikan lemon, tidak jauh berbeda dengan pemijahan ikan hias lainnya yaitu dengan ditandai proses kejar-kejaran antar ikan lemon jantan dan betina yang nantinya akan ada telur yang bertebaran didasar akuarium. Itu sebabnya, kenapa akuarium harus disetting dengan gua-gua yang gunanya untuk menjadi sarang ketika dalam proses pemijahan.

Meskipun ikan lemon merupakan ikan hias yang tergolong kecil, tapi ketika proses pemijahan akan menghasilkan benih ikan sekitar 100 benih, dan telur tersebut akan menetas selama kurang lebih 4 hari. Dalam menunggu penetasan, pembudidaya harus selalu menjaga kebersihan akuarium.

Ketika sudah terjadi penetasan dan sudah menjadi larva ikan lemon, pembudidaya tidak perlu untuk membedakan atau memisahkan indukan dengan burayak ikan, karena sifatnya tidak kanibal. Biarkanlah indukan yang merawatnya, karena indukan ikan lemon memiliki kasih sayang terhadap anaknya.

Dan ketika sudah agak besar maka pisahkanlah indukan ikan hias dengan burayak, pembudidaya ikan lemon harus memisahkan ikan lemon dengan anakannya. Kemudian masuk langkah selanjutnya yaitu proses pembesaran.

4.Pembesaran Ikan Lemon


Pada langkah untuk membesarkan ikan lemon dari larva, indukan harus dipisahkan dan mengenai pakan yang efektif untuk buraya berupa kutu air, infusoria atau bisa menggunakan pakan lainnya yang berukuran kecil. Kemudian apabila sudah agak berumur, pisahkanlah burayak tersebut menjadi beberapa bagian agar nantinya tidak ada kepadatan populasi ikan lemon.

Mudah bukan? Hanya dengan empat langkah, anda bisa melakukan Budidaya Ikan Lemon yang sudah kami jelaskan dengan rinci, agar ikan lemon yang anda pijahkan berkualitas maka pijahkanlah, dan besarkanlah dengan teliti dan secara teratur. Satu lagi yang paling baik adalah perawatan dengan perasaan sayang , agar ikan yang anda pelihara akan tumbuh besar.

Langkah selanjutnya adalah proses pemasaran, tujuan anda budidaya pembibitan atau menjual ikan lemon besar? Jika yang anda jual pembibitan ikan lemon, maka berumur 1 bulan sudah bisa dipanen, dan jika yang dijual yang berukuran besar maka bisa menjual ikan dengan umur sekitar 4 bulan.

Baiklah, semoga dengan Cara Budidaya Ikan lemon di akuarium yang kami paparkan bisa bermanfaat bagi anda, untuk itu kami berterimakasih sudah mau berpartisipasi sebagai pembaca dan pengunjung, apabila ada hal yang kuran berkenan dan hal yang kuran jelas, bisa ditanyakan dikolom komentar. Terimakasih salah pecinta ikan hias

Post a Comment

0 Comments