Cara Mengelem Akuarium Akrilik Kuat Tahan Air

Cara Mengelem Akuarium Akrilik - akrilik kini menjadi favorit para pecinta ikan hias, namun biasanya orang suka aquarium jenis ini yang memiliki ukuran kecil, dengan berbagai Model Aquarium Mini untuk Ikan Cupang atau ikan kecil lainnya. Namun jika aquarium akrilik yang anda miliki retak, patah, atau ingin menempelkan di tembok, anda bisa mengelemnya? 

Dan kali ini situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan tutorial Cara Mengelem Akrilik secara detail dan gambling. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu  yaitu:

Persiapan Pengeleman Akrilik


Memilih Lingkungan Kerja Terbaik


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan lingkungan kerja terbaik anda, kenapa demikian? Karena memang untuk bisa mengelem dengan pekat harus di dataran yang rapi dan anda juga nyaman dalam pengerjaannya. 

Tips: pastikan ruang kerja ada dekat jendela atau pintu terbuka karena adhesive mengeluarkan  uap, lengkapi kipas biar aman

Pasang keamanan


Selanjutnya anda harus memasang keamanan berupa kacamata, sarung tangan dan masker wajah. Sebab bekas pengamplasan juga bisa berbahaya bagi paru-paru anda.

Pilih Alas Permukaan 


Seperti yang saya katakana tadi, anda harus memilih alas permukaan yang rata dan kalau bisa anda menggunakan permukaan yang sesuai dengan semen akrilik seperti beton, logam, atau kayu. Jangan taruh akrilik di permukaan yang mengandung kaca atau kertas.


Mempersiapkan Bahan-Bahan


Setelah anda menyiapkan tempat kerja, sekarang yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan pengeleman akrilik. Baik, apa saja yang harus dipersiapkan? Simak berikut ini:

  • Router (alat dengan bilah pemotong berbentuk)
  • Ampeles Ringan (mengamplas pinggiran akrilik)
  • Alkohol Isopropil ( Untuk Membersihkan Akrilik)
  • Selotip Adhesif
  • Penjepit Baju
  • Lem Akrilik


Untuk jenis lem yang sering digunakan adalah lem yang berbahan dasar pelarut seperti Weld On 4 yang bisa anda beli di toko terdekat dengan kisaran harga 50 ribu hingga 200 ribu, biasanya disertai botol aplikator dan jarum. 

#Bagian 3

Cara Mengelem Acrylic


Satukan Potongan Akrilik


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyatukan potongan akrilik, satukan sesuai skema aquarium yang anda inginkan. Dan perlu anda perhatikan bahwa ptongan akrilik harus bertemu pada sudut 90 derajat, kemudian gunakan penjepit untuk menahan kedua potongan yang akan disatukan.

Lakukan pengujian saat akrilik kering untuk memastikan potongannya bisa pas sebelum dilem, dan anda juga bisa menggunakan selotip adhesive untuk merekatkannya tanpa  membongkar potongan akrilik.

Proses Pengeliman Akrilik


Kemudian posisikan botol aplikator yang berisi lem tersebut dengan meletakkan jarumnya diatas pinggiran tempat bertemunya sisi akrilik. Remas botol dengan lembut sembari mengerakkan botol aplikator di sepanjang sisi akrilik. Pastikan lem merata dan nantinya tidak mengalami kebocoran, dan ini juga bisa menjadi solusi atas mengelem akrilik yang patah, atau menempelkan akrilik ditembok.

Jangan biarkan lem akrilik menempel di bagian akrilik yang tidak ingin direkatkan, karena lem tersebut akan meresap pada permukaan akrilik secara permanen. Tapi jika sudah terlanjur menetes di sisi akrilik, biarkan saja lemnya hingga merekat dan kering, jangan diusam semen akrilik yang terlanjur menetes tadi.

Tunggu Proses Pengeringan


Setelah semua sisi Akuarium yang dipertemukan sudah direkatkan dengan lem akrilik secara merata, anda bisa mengeringkannya selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Jangan lupa tahan dengan penjepit yang sudah anda siapkan. 

Kalau sudah kering, jangan langsung dikasih air terlebih dahulu, biarkan selama 24-28 jam hingga lem akrilik benar-benar mengeras dan kuat menahan beban airnya nanti.

Rapikan Akrilik


Selanjutnya, setelah pengeleman akrilik benar-benar keras, perhatikanlah berbagai sisi akrilik, apabila terdapat potongan yang kurang merata atau berlebih anda bisa merapikannya dengan menggunakan router. Tetap hati-hati dalam menghaluskannya, karena router yang panas bisa melelehkan akrilik.

Itulah Cara Mengelem Akuarium Akrilik yang bisa saya paparkan semoga bermanfaat bagi kita semua yang sedang mengelem akrilik dengan menggunakan lem dextone,crystal glue, alteco dan lem lainnya yang bisa merekatkan akrilik dan tahan air.

Post a Comment

0 Comments