Panduan Cara Budidaya Ikan Bandeng Terlengkap 2020

Budidaya Ikan Bandeng – Ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang dibudidaya untuk diambil dagingnya, yang memiliki nama latin (Chanos chanos Forsk) , pemasarannya untuk dikonsumsi domestic maupun ekstor ke Negara-negara asing berupa bentung yang segar dan olahan, selain itu ikan bandeng juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Budidaya ikan bandeng ditambak telah berkembang dalam kurun waktu yang lama, ditambah lagi dukungan oleh potensi sumber daya alam yang baik, terutama mengenai ktersediaan benih ikan bandeng yang diberi nama Nener ,baik secara alami atau hatchery dalam perawatan  Hatchery (Hatchery), namun produktivitas relative masih rendah.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen
budidaya ikan bandeng

Budidaya ikan bandeng tergolong rendah produksinya, salah satu penyebabnya adalah terbatasnya pengetahuan dan ketermapilan tentang cara Budidaya Ikan Bandeng. Tentunya sebab tersebut harus dibenahi dengan melakukan  Technical Reference Guide Budidaya bandeng
.

Ikan bandeng memiliki protein yang sangat tinggi, ikan tersebut merupakan merupakan ikan yang mengkonsumsi tumbuhan dengan berat rata-rata 0,6 kg pada usia 5-6 bulan.baiklah, kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan Panduan lengkap Cara Budidaya Ikan Bandengan detail.

Pengantar Ikan Bandeng


Sebelum melangkah pada cara budidaya ikan bandeng, sebelumnya kami akan menceritakan pengantar mengenai ikan bandeng. Ikan bandeng dalam bahasa inggris adalah Chanos chanos , sejarahnya ikan ini disebut ikan bandenga karena menetas dilaut dalam, setelah berumur 2 samapi 3 bulan kemudian bermigrasi ketepian pantai dan pohon bakau, setelah bernjak dewasa kembali kelaut dalam untuk berkembang biak.

Ikan bandeng memiliki bentuk tubuh yang ramping layaknya torpedo dan memiliki kemampuan untuk berenang dengan kecepatan yang cukup powerfull, dengan warna perak agak keputihan dan biru pada sisi kulit ikan bandenga. Ikan bandeng memakan tumbuhan plankton ganggang, lumut, klekap ( herbivore ) yang tumbuh pada dasar perairan.

CARA BUDIDAYA IKAN BANDENG


Ikan bandeng sudah tidak asing lagi di lidah kita, bahkan ada restoran yang menjadikan ikan bandeng sebagai makanan favoritnya. Memang Budidaya Ikan Bandeng berguna untuk dikonsumsi rumah tangga dengan berbagai cara pemasakan , salah satunya digoreng, direbus, asap ataupun dipanggang.

Persiapn Kolam Ikan


Langkah pertama untuk budidaya ikan bandeng adalah mempersiapkan kolam ikan bandeng yang ideal, mengenai kolam yang digunakan tergantung dengan keadaan lokasi yang dimiliki pembudidaya ikan bandeng entah itu berupa kolam tanah, kolam terpal, keramba apung dan lain sebagainya.

Kriteria Kolam Budidaya Ikan Bandeng

Apabila anda menghendaki kolam ikan tanah, pembudidaya ikan bandeng harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Tanah yang dibuat harus dapat pasang surut air. Tinggi yang ideal pasang surut adalah 1,5 – 2,5 m.
  • Dalam pasang surutnya lokasi lebih rendah di bawah 1 meter pengelolaan air dengan  cara menggunakan pompa.
  • Air segar tersedia untuk mengatur kadar garam yang cocok untuk pertumbuhan bandeng.
  • Tekstur tanah yang ideal adalah tanah liat berpasir, karena tanah dapat menahan air sumur.
  • Lokasi yang ideal ada sabuk hijau (green belt) hutan mangrove ditumbuhi dengan panjang minimal 100 m dari garis pantai.
  • Keadaan sosial ekonomi untuk mendukung operasi seperti budidaya keamanan yang kondusif.

Apabila anda seorang newbie dalam budidaya ikan bandeng, maka langkah yang harus anda lakukan untuk membuat kolam tanah memerlukan beberapa langkah yang cukup ekstra dimulai dari pengalian, pengeringan, pemupukan serta pengapuran yang akan menjadikan tanah lebih subur, sehingga mikroorganisme berkembang dengan baik yang nantinya akan dijadikan sebagai pakan ikan alami.

Bisa saja seorang pembudidaya ikan tidak menerapkan konsep tersebut, tapi hasil yang dihasilkan tidak begitu maksimal. Untuk memperbaiki hasil perlu mengkoreksi kesalahan yang dilakukan, salah satunya menggunakan kolam yang ideal.  untuk lebih jelasnya mengenai pembuatan kolam ikan.

Pemberian Pakan


Langkah berikutnya adalah proses pemberian pakan ikan bandeng, kolam tanah diharapkan mampu memperbaiki pertumbuhan mikroorganisme berupa tumbuhan alami , plankton dan lain sebagainya sehingga bisa dijadikan sebagai pakan alami ikan bandeng agar pembudidaya lebih irit terhadap pakan.

Selain pakan alami yang tumbuh didalam dasar kolam , pembudidaya harus memberikan pakan buatan yang cukup untuk dikonsumsi ikan bandeng setiap harinya. Salah satunya menggunakan pelet yang mengandung protein, vitamin yang tinggi agar pertumbuhan ikan bandeng meingkat tajam. Untuk resep makan bisa diberikan sehari 3 sampai 4 kali, jangan sampai kelebihan dan kekurangan pakan.

Apabila kelebihan pakan maka akan berakibat tidak fungsinya pakan ( mubadzir), ataupun akan menjadikan air didalam kolam cepat kotor sehingga menimbulkan berbagai bakteri dan penyakit yang menyerang ikan bandeng. Apabila kekurangan pakan akan mengakibatkan  pertumbuhan pakan ikan terhambat.


Panen Ikan Bandeng


Langkah selanjutnya adalah proses pemanenan ikan bandeng, setelah berbagai proses dilalui dari proses pembuatan kolam, pembibitan ikan bandeng serta pemberian pakan , sekarang masuk pada proses panen ikan bandeng, adapun panen ikan bandeng bisa dilakukan dengan dua cara yaitu.

Panen budidaya ikan bandeng metode yang pertama adalah harvest Selektif, metode tersebut yaitu dilakukan dengan cara pengeringan atau menghilangkan air dari kolam sebanyak 70 %, sehingga tersisa 30 %. Setelah air tinggal sedikit, pemanenan ikan bandeng bisa dilakukan dengan mudah, dengan menyeser dengan menggunakan media jarring ikan.

Pada saat pemanenan ikan bandeng, bisa dilakukan dengan menyeser dengan jarring ikan secara urut , artinya memilih ukuran ikan yang akan dipanen atau ikan yang sudah memenuhi ukuran yang diharapkan untuk dipasarkan ke pasar atau pedagang sehingga sampai pihak terakhir yang pengkonsumsi.

Langkah kedua yaitu dengan menggunakan cara total panen,  metode ini adalah panen yang dilakukan dengan pemanenan secara merata, bersamaan tanpa harus memilah-milah ukuran ikan bandeng. Artinya semua ikan dengan varian ukuran bisa dipanen semuanya dan langsung dipasarkan.

Penerimaan Keuntungan


Langkah yang terakhir adalah pembudidaya ikan bandeng mengunduh keuntungan yang berlipat ganda, bayangkan saja apbila ikan bandeng yang dibudidaya ribuan, maka dalam waktu beberapa bulan saja bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Memang pecinta ikan bandeng tergolong stabil, pasalnya banyak rumah tangga yang menjadikan ikan bandeng sebagai makanan sehari-hari. Jadi dengan kebutuhan yang meledak menjadikan pemasokan ikan bandeng kuwalahan untuk menyetorkan ikan bandeng. Nah, karena peluang itulah anda bisa memasukinya dengan cara budidaya ikan bandeng untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Baiklah sobat, Panduan Cara Budidaya Ikan Bandeng sudah kami paparkan dengan bahasa yang cukup mudah dipahami, yang saya tekankan untuk anda yang ingin berbisnis budidaya ikan bandeng adalah jangan pernah menyerah, memang modah yang dikeluarkan cukup banyak dari pembuatan kolam yang besar, pakan ikan setiap harinya serta tenaga untuk mengurus semua kebutuhan dari awal hingga akhir.  Tapi itu tidak menjadi penghalang bagi anda yang memiliki tekat kuat untuk budidaya ikan bandeng, asalkan anda tetap memegang teguh cara yang baik dan benar.

Post a Comment

1 Comments