Cara Budidaya Ikan Mas Terlengkap 2020 Untung Jutaan Rupiah

Budidaya Ikan Mas - Ikan Mas merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki estetika keindahan warna kulitnya, ikan ini bernama latin (Cyprinus carpio) didatangkan ke Indonesia berasal dari Eropa dan Cina. Berdasarkan sejarah, pada tahun 1860 masyarakan ciamis Jawa Barat Indonesia sudah mampu menguasai Budidaya ikan Mas dengan bantuan para ahli, dengan suatu alat yang terbuat dari ijuk untuk meletakkan telur mas.

Budidaya ikan mas gampang-gampang susah, pasalnya  pembudidaya harus jeli akan kejernihan air, pH air, serta suhu air yang pas. Ketinggiankolam pun harus disesuaikan 150 -1000 meter dari permukaan laut. Suhu yang efektif untuk budidaya ikan mas adalah 20 hingga 25 derajat celcius, dan mengenai pH air yang ideal adalah 7-8.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen

budidaya ikan mas


Peminat ikan mas sangatlah banyak, karena selain memiliki warna yang cerah juga memiliki daging yang enak serta bergizi, dengan demikian peminat ikan mas sangatlah banyak. Dengan peminat ikan mas yang banyak menjadikan pembudidaya ikan mas menjadikan peluang yang besar. Namun semuanya perlu ilmu, agar budidaya ikan mas yang dilakukan bisa berhasil dan sukses.


Usaha budidaya ikan mas dibagi menjadi dua segmen yaitu usaha pembenihan dan pembesaran ikan mas. Usaha yang pertama sangat mudah dengan memijahkan indukan ikan mas untuk menghasilkan bibit ikan mas agar diteruskan oleh pembudidaya yang membesarkan ikan mas, yang kedua adalah budidaya ikan mas hanya dengan membesarkan bibit ikan mas sehinga siap untuk di konsumsi.

Baiklah, kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan pandua Budidaya Ikan Mas terlengkap dibawah ini.

CARABUDIDAYA IKAN MAS


Seperti yang kita paparkan diawal tadi, budidaya ikan mas dibagi menjadi dua segmen yaitu pembenihan ikan mas dan pembesaran ikan mas, untuk pertama kami akan bahas pembenihan ikan mas sebagai berikut.

Pembenihan ikan mas


Hal pertama yang harus disiapkan untuk budidaya ikan mas dengan pembenihan adalah memilih calon indukan yang berkualitas, calon indukan diharuskan dari keturunan yang memiliki sifat unggul, sehingga burayak ikan yang dihasilkan bisa menghasilkan benih yang memiliki produktivitas tinggi.

Calon indukan ikan mas yang terpilih bisa dipelihara dalam kolam pembibitan, dengan cara memisahkan indukan jantan dan betina. Pemisahan tersebut hingga kedua indukan tersebut siap untuk kawin. Proses perkawinan dilakukan pada kolam yang khusus, dengan dilengkapi kakaban , tempat menempelkan telur yang sudah dibuahi.

Sangat mudah bukan? Setelah membahas cara budidaya ikan mas dengan pemijahan, selanjutnya masuk pada pembahasan cara budidaya ikan mas dengan pembesaran ikan mas.

Pembesaran ikan mas


Proses pembesaran ikan mas dimulai dari benih ikan yang kecil, biasanya benih ikan dibeli berukuran 10 sampai 12 cm atau berbobot sekitar 80-100 gram per ekor, dengan ukuran itu diharapkan ikan bisa dibesarkan selama 2 sampai 3 bulan sehingga menghasilkan ikan yang siap konsumsi serta akan meminimalisir resiko kegagalan.

1. Menyiapkan kolam ikan mas


Budidaya ikan mas dengan pembesaran ikan masbisa dilakukan dengan berbagai teknis seperti metode air deras, air tenang, ataupun tumpang sari.  Adapun tempatnya bervariasi,bisa menggunakan kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal, kolam sawah, keramba ataupun jarring apung.

a. Kolam tanah (air tenang)


sebagian besar pembudidaya ikan mas dilakukan pada kolam ikan yang memiliki air tenang dengan lantai tanah. Kolam tanah memang banyak dipakai oleh pembudidaya ikan, selain membuatnya yang mudah juga biaya yang dikeluarkan sangat murah. Kolam tanah sendiri ada dua tipe yaitu kolam tanah tanggul tanah dan kolam tanah tanggul tembok atau batu.

Kolam tanah juga memiliki kelebihan  untuk menyediakan pakan alami bagi ikan, seperti organisme- organiseme berupa cacing, tumbuhan air, plankton dan lain sebagainya yang bisa mengurangi biaya pakan ikan.

b. Kolam air deras


tipe kolam kedua adalah kolam ikan dengan air deras, artinya adalah tempat budidaya ikan dengan sirkulasi air yang cepat, untuk pembuatan kolam ikan airderas memerlukan debit air besar dan arus air yang kuat. Salah satu kelebihan kolam air deras adalah menjadikan ikan terus bergerak agar nafsu makan ikan semakin meningkat, juga beramanfaat bagi  kadar oksiget yang terlarut dalam air deras relative lebih tinggi sehingga populasi ikan di air deras lebih banyak dibandingkan kolam ikan air tenang.

Kolam ikan air deras biasanya berukuran kecil dan tidak sebesar kolam air tenang, area kolam di petak-petakkan menjadi kecil-kecil agar aliran air tambah deras. Kedalaman kolam ini lebih dalam dibanding kolam air tenang. Adapun dinding kolam ikan tersebut terbuat dari tembok agar mencegah erosi dari kikisan air.

c. Jaring apung


Media kolam yang ketiga yaitu jarring apung, Budidaya Ikan Mas dengan menggunakan jarring apung biasanya dilakukan pada waduk-waduk besar dan danau. Jaring tersebut terbuat dari bahan polyethylene yang tahan lama. Jarring tersebut dibuat menggantung pada kerangka rakitan berbentuk segi empat, dan kedalaman jarring apung maksimal adalah 3 meter.

Hal penting yang harus diperhatikan juga adalah kerangka kolam, biasanya bahan yang digunakan untuk membuat kerangka kolam adalah bambu atau kayu. Kerangka tersebut mengapung diatas air dengan dasar drum atau jeriken agar tidak terbawa arus. Didalamnya harus terpasang jangkar yang menambat kedasar kolam, biasanya dilengkapi saung yang berguna untuk menyimpan semua peralatan dan menyimpan pakan ikan mas.

2. Pengendalian hama dan penyakit


Proses yang kedua adalah pengendalian hama dan penyakit pada ikan mas agar budidaya ikan mas bisa berkembang dengan pesat, karena penyebaran penyakit pun menjadi resiko wajib diperhitungkan. Agar resiko penyakit bisa diminimalir maka setiap budidaya ikan perlu mengetahui penyakit yang biasa menyerang ikan mas.

3. Panen budidaya ikan mas


Langkah yang terakhir adalah prosesi pemanenan budidaya ikan mas, secara umum ikan mas bisa di panen dengan kisaran berat 300-400 gram per ekor,  adapun ikan mas yang memiliki berat kurang dari itu masih memiliki potensi untuk dibesarkan. Adapun apabila melebihi dari bobot tersebut,  ikan mas sudah tidak ekonomis untuk dibesarkan dan  Porsi pakan yang diberikan pada ikan sudah tidak sebanding lagi dengan pertumbuhan dan harga jual ikan.


Sebenarnya pemanenan ikan mas tergantung dengan kondisi dan permintaan pasar, apabila ada yang menerima ikan mas dengan ukuran yang sangat besar dengan harga per kilogramnya lebih mahal, maka pembesaran masih layak. Untuk mendapatkan bobot ikan mas berukuran 300 -400 gram per ekor dari  budidaya ikan mas mula-mula 100 gram per ekor membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 bulan. Pasalnya dalam umur tersebut pertumuhan ikan mas bertambah 3 sampai 4 kali lipatnya.

Itulah Cara Budidaya Ikan Mas dengan beberapa metode, panduan budidaya ikan mas tersebut tergolong lengkap dan detail, dengan harapan mampu memahamkan pembudidaya ikan mas dan yang paliing penting artikel ini bisa menjadikan lantaran anda berhasil untuk budidaya ikan mas.

Post a Comment

0 Comments