Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Power Head untuk Pemula

Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Power Head - Dewasa ini Aquascape Air Terjun menjadi trend di kalangan aquascaper pemula maupun master yang menjadikan air terjun didalam aquascape sebagai salah satu hiasan terindah sehingga nilai jual yang ditawarkan malonjak drastis hingga jutaan rupiah sekalipun, untuk itu pembuatan mainan tersebut cukup rumit dan susah, misalkan mudah semua orang bisa membuatnya dan penjual aquascape air terjun kurang laku dong.

Pembuatan Aquarium air terjun 3 tingkat memang cukup sukar dikalangan aquascaper pemula, namun cara pembuatan tersebut bisa dipelajari sehingga aquascaper pemula sekalipun sudah bisa membuatnya meskipun dengan tingkat kesenian yang berbeda-beda. Yang paling asyik itu adalah proses pembuatannya, meskipun hasilnya tidak sebagus yang dijual di toko aquarium tapi mengingat prosesnya sudah terkesan.
Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Power Head untuk Pemula
bentuk air terjun aquascape

Aquascape Air Terjun mini ini memiliki harga yang cukup menguras kantong hingga jutaan rupiah, mengapa bisa semahal itu ? alasannya cukup mudah, kesenian itu memang mahal harganya. Seni seseorang tidak bisa ditiru sama persis, hanya saja cara-caranya bisa kita adopsi untuk membuat aquascape air terjun meski hasilnya agak berbeda dengan karya seni seseorang.

Coba saja lihat gambar yang sudah saya paparkan, tentu anda akan menganggap aquascape tingkat dewa dengan estetika keindahan yang tinggi sehingga harganya pun mahal sekali. Bagi aquascaper pemula tenang saja karena anda pun bisa membuatnya seperti itu dengan beberapa bahan yang harus anda siapkan.

Mengenai jenis-jenis aquascape air terjun itu bervariasi, ada kalanya aquascape air terjun minimalis, modifikasi aerator aquarium, Aquascape air terjun pasir,lapindo. Semua itu memiliki sistem yang hampir sama dengan media yang hampir sama juga, dan pas sekali kalau anda mampir di blog ini karena kami akan membahas cara membuat aquascape air terjun minimalis untuk menghasilkan aquascape air terjun terbagus buatan anda sendiri dengan tingkat kesenian tertinggi anda.

Kalau anda tidak hobi membaca sebuah artikel, anda bisa mendownload video aquascape air terjun di channel youtube yang membahas khusus aquascape dengan berbagai teori dan cara membuat 2 air terjun aquascape. 
Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Power Head untuk Pemula

Namun sebelum kami membahas tentang cara membuat air terjun aquascape terbaik akan kami jelaskan terlebih dahulu tentang cara kerja aquascape waterfall. Jadi, waterfall aquascape ini bukanlah air terjun didalam air, akan tetapi yang terjun adalah butiran-butiran pasir khusus. Cara pembuatannya itu ada dua konsep yaitu menggunakan aerator atau menggunakan power head / pompa filter.

Mengenai sistem sirkulasinya hampir sama, namun terdapat sedikit perbedaan dalam pembuatan air terjun aquascape. Dan kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan menjelaskan tentang Cara membuat air terjun aquascape dengan powerhead, karena pembuatannya cukup mudah dan simple untuk kalangan aquascaper pemula.

Simak Juga Cara Membuat Aquascape Pemula Terlengkap Terbaru 2020

Cara Kerja Waterfall Power Head:


Air didalam aquascape di sedot power head dan dialirkan kedalam pipa waterfall, setelah itu air tersebut akan memiliki daya untuk mendorong pasir masuk ke pipa melalui tempat yang sudah disediakan sehingga keluar melalui pipa output dengan berceceran,  Dengan keluarnya pasir putih tersebut terlihat hampir sama dengan air terjun sesungguhnya.

Keluarnya pasir tersebut diarahkan ke tempat pipa input pasir agar waterfall bisa mengalir terus menerus selama power head di hidupkan. Sirkulasi tersebut akan terus berjalan terus menerus sehingga tampak seperti air terjun aquascape beneran.

Agar tampilan Air terjun aquascape tampak seperti air terjun sungguhan, anda bisa menambah tebing untuk menutupi pipa dan membuat seolah-olah pasir tersebut mengalir melalui tebing antic yang sudah anda sediakan. Untuk mudahnya anda memahami cara kerja air terjun aquascape silahkan lihat gambar skema yang sudah kami paparkan.
Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Power Head untuk Pemula

Keterangan Skema Air Terjun : 



  • Power head
  • Tempat masuknya pasir
  • Belokan menggunakan sambungan L
  • Corong output waterfall.
Skema yang sudah kami paparkan bisa anda fahami dengan mudah karena skema tersebut merupakan skema dasar, sedangkan untuk belokan-belokan pipa bisa disesuaikan dengan desain aquascape dan dinding aquascape anda. Nah disitulah terdapat ilmu cara menyusun batu di aquascape agar tampak rapi dan seperti sungguhan, penyusunan batu disesuaikan dengan belokan-belokan pipa. Dan disini tidak fokus membahas membuat batu air terjun.

Setelah anda memahami betul mengenai skema dan cara kerja Air Terjun Aquascape, sekarang masuk pada pembahasan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan aquascape minimalis yang terindah. Adapun bahan-bahannya sebagai berikut:

Bahan Pembuatan Air Terjun Aquascape



  • Pipa bening aquarium 1 batang
  • Sambungan L yang sesuai ukuran pipa
  • Sambungan T  1 buah
  • Corong output waterfall 
  • Pasir silika 
  • Gergaji
  • Cutter
  • Batu Hard Scape
  • Lem (super glue/silicon).

Dengan menyiapkan bahan-bahan pembuatan air terjun aquascape, sekarang masuk ke pembahasan Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Power Head sebagai berikut :

Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Powerhead


Buat Pola Air Terjun Aquascape


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat pola atau skema air terjun aquascape yang anda inginkan yang nanti disesuaikan dengan penyusunan batu aquascape atau hard scape. Silahkan anda berinovasi dengan baik, jika kehabisan akal bisa meniru skema-skema orang yang sudah di publis di google.

Potong Pipa Untuk Air Terjun Aquascape


Langkah kedua adalah memotong pipa miring sesuai skema gambar dengan menyesuaikan sambungan T yang sudah disediakan, karena potongan miring tersebut akan disambungkan dengan sambungan T.

Kemudian masukkan pipa yang sudah terpotong miring tersebut kedalam sambungan T, jika diameter pipa terlalu kecil mengakibatkan sambungan T tidak bisa dimasuki silahkan belah pipa miring disalah satu bagian saja agar diameter pipa lebih mengecil dan bisa di masukkan kedalam sambungan T.

Modif Power Head Air Terjun Aquascape


Didalam proses modifikasi pembuatan air terjun aquascape bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda, pasang sambungan T yang sudah di modif tersebut diantara power head dengan corong keluar pasir. Anda bisa membuat corong output lebih dari satu, bisa dua pada bagian kanan atau kiri namun corong input pasirnya masih tetap satu karena powerheadnya Cuma satu.

Sirkulasi pembuatan air terjun aquascape sudah jadi, hanya saja hard scapenya belum dibuat. Cara Menyusun Batu Aquascape cukup simple dan bisa anda kreasikan sendiri menurut inovasi karya seni yang anda miliki. Susunlah tebing dengan menggunakan batu hiasan aquascape berfungsi untuk menutupi pipa air terjun aquascape yang sudah terbuat, karena untuk menambah estetika keindahan pipa waterfall tersebut harus ditutupi.

Rahasia Membuat Air Terjun Aquascape


Mengapa ada rahasi-rahasiaan dalam pembuatan air terjun aquascape? Karena ini memang sangat penting, diantaranya dalam penggunaan lem super glue untuk tebing dengan cara menaburkan kopi di sela-sela batu sebagai penghubung tempelan batu satu dengan hard scape yang lain, karena jika tidak ada penghubung, biasanya susah untuk ditempelkan pada batu.

Setelah Air Terjun Aquascape dengan Power Head beserta tebing sudah terbuat, langkah selanjutnya adalah menanam tanaman aquascape dengan CO2 ataupun tanpa CO2 agar terlihat seperti natural pada aslinya. Tunggu 1 hingga 2 bulan untuk melihat tanamn tersebut tumbuh lebat dan indah, masukkan ikan-ikan kecil berbagai warna agar aquascape terlihat lebih hidup.

Itulah Cara Membuat Air Terjun Aquascape Dengan Power Head untuk Pemula yang bisa kami paparkan dengan jelas, silahkan lakukan inovasi terbaik anda agar mendapatkan air terjun yang indah dan memiliki nilai jual.

Post a Comment

0 Comments