Cara Budidaya Ikan Cupang Semua Jenis Omset Puluhan Juta Perbulan

iklan
iklan fluid
Cara Budidaya Ikan Cupang Di Kolam - ikan hias aduan yang memiliki cirri khas bentuk dan memiliki ragam warna yang unik, sebenarnya ikan ini tidak hanya digunakan untuk aduan, 

pasalnya ikan cupang memiliki beberapa jenis antara lain ikan cupang hias, ikan cupang aduan,ikan cupang liar dan tidak di budidaya peternak ikan hias.

Ikan hias cupang tergolong jenis ikan hias yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan memiliki sifat agresif dan kuat, 

salah satu buktinya yaitu percobaan sesame jenis ikan jantan diletakkan pada wadah kecil berisikan air, maka yang terjadi adalah saling mempertahankan diri dan menyerang lawan demi mempertahankan hidupnya.

 ikan cupang klasifikasi yang lebih rendah akan kami paparkan berikut ini dengan jelas dan gamblang beserta morfologinya seperti betta imbelis dan betta smaragdina.

Budidaya Ikan Cupang
Budidaya Ikan Cupang


Berbagai jenis ikan cupang sesuai karakteristiknya, banyak penggemar memeliharanya sebagai koleksi dan hiasan dengan tujuan aduan atau hanya sekedar iseng. 

Dan umumnya jika memiliki ikan hias cupang digunakan untuk aduan. 

Selain dari bentuk ikan yang indah dan sifatnya yang agresif ,ternyata ikan ini memiliki sisi prospek bisnis yang cukup menjanjikan dikalangan pembisnis .

Tentu ada beberapa pertanyaan sebelum saya menjawabnya, seperti sebutkan syarat induk cupang untuk budidaya ?

Nah, untuk itu berikut ini kami akan paparkan syarat apa saja dan bagaimana cara budidaya ikan cupang hias aduan berikut ini.

Baca Juga 12 Jenis Ikan Hias Akuarium Tanpa Oksigen Dan Filter

Pemijahan ikan cupang menghasilkan ratusan hingga ribuan benih ikan cupang, sangat banyak dan jika semuanya hidup akan menjadikan pemiliknya mendapatkan keuntungan yang melimpah, 

bayangkan saja semisal pemijahan ikan jenis crown tail yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1.500, sedangkan anakan pemijahan ikan menghasilkan 500 ekor.

Untuk keuntungannya dikalikan saja 1.500 x 500 = Rp. 750.000,-. Ada Juga Ikan Cupang Termahal Di Dunia yaitu mencapai 20 Juta Rupiah per ekor, uh pasti menguntungkan sekali bukan? 

itu harga untuk anak sd, sedangkan untuk harga termahalnya bisa lihat www. ikan cupang termahal. com

Budidaya Ikan Cupang
Budidaya Ikan Cupang


Rp. 750.000 lumayan untuk tambahan uang saku, dan itu pun hanya untuk 1 indukan saja, bayangkan saja jika anda memiliki indukan 10 pasang, tinggal mengalikan tuh!, 

mungkin banyak orang yang mengira bahwasanya budidaya ikan hias cupang merupakan pekerjaan yang sulit, susah, dan mahal prosesnya. 

Oleh karena itu disini kami situs  Budidaya Ikan Hias akan memberikan cara budidaya ikan cupang di kolam terpal secara efektif berikut ini.

CARA BUDIDAYA IKAN HIAS CUPANG

Pemijahan Ikan Cupang 


1. Pilihlah Indukan Cupang Yang Berkualitas


Proses pertama untuk budidaya ikan cupang adalah proses pemijahan, pemijahan ikan cupang nantinya memerlukan beberapa step yang penting. 

Cara Budidaya Ikan Cupang


Pertama harus menyiapkan indukan yang berkualitas, indukan jantan dan betina berkualitas dan siap kawin biasanya minimal berumur 3-4 bulan.

Sedangkan ciri ciri indukan ikan cupang adalah ikan cupang jantan sudah mengeluarkan gelembung-gelembung, sedangkan betina memiliki cirri bercak putih berada tepat pada kelaminnya. 

Selain mengetahui perbedaan jantan dan betina, pilihlah indukan yang sehat, dan memiliki warna yang bagus dan cerah sehingga nantinya keturunan akan menjadi lebih baik.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Guppy Di Kolam Sukses Termudah

Indukan jantan dan betina berkualitas sebaiknya sudah berummur antara 6 hingga 12 bulan, dengan umur yang matang akan menghasilkan ikan berkualitas baik dan sehat.  

Sedangkan karakteristik badan ikan yang edeal adalah memiliki bentuk badan ikan cupang antara kepala hingga pangkal ekor besarnya badannya hampir sama, meskipun nantinya ekor akan lebih mengecil. 

Dan berikut ini cara merawat burayak ikan cupang,

Sebenarnya ikan cupang itu ada beberapa frase perawatannya, untuk umur berusia 1 hingga 4 minggu dikatakan sebagai burayak ikan yang diberi makan dengan kutu air atau infusoria, 

dan saat ikan sudah berumur (satu ) 1-2 bulan sudah mulai tampak besar. pada usia 3 bulan sudah siap untuk dipasarkan dan sudah enak di pandang. 

Pada usia 4 bulan hingga 6 bulan sudah bisa dipijahkan atau dikawinkan antara ikan cupang jantan dan ikan cupang betina.

Selain itu indukan ikan cupang yang dipilih tidak terdapat luka maupun cacat berada di badan, mata, sirip, ekor atau bagian tubuh lainnya, karena cacat bersifat genetic nantinya akan membawa pengaruh terhadap anakannya. 

Sirip dan ekor ikan cupang harusnya tidak ada yang rusak maupn patah, yang disarankan adalah memiliki ekor dan sirip yang mekar sempurna.

Salah satu contoh indukan ikan cupang yang tidak ideal yaitu ikan jenis serit yang memiliki ekor sedikit keriting, keriting tersebut biasanya perawatan sebelumnya air di kolam Ikan hunian ikan tidak terjaga kebersihannya, ekor tidak rata. 

Jadi ikan yang demikian sebaiknya jangan dijadikan indukan ikan hias cupang karena nantinya akan menjadikan anakan ikan hias kurang berkualitas.

Setelah membahas kualitas tubuh ikan cupang, kini beralih pada bagian warna indukan  terbaik,  untuk mendapatkan indukan terbaik adalah warna solid, jadi tidak ada warna lain ditubuh ikan meskipun hanya sedikit dan kecil sekali.

Tapi warna kombinasi tidak jelek, dan untuk warna solit lah yang biasa digunakan untuk kontes ikan cupang.  Selain warna juga ikan cupang memiliki gerak yang licah, terlihat segar, sehat. 

Cirinya yaitu ikan sehat biasanya berenang pada pertengahan wadah, tidak terlalu atas atau terlalu bawah.

Didalam kolam tanah berukuran 1,5 x 1,5 M biasanya terdapat ikan cupang hanya 10% berkualitas sempurna, sedangkan yang lainnya tidak terlalu jelek. Jadi harusnya pastikan indukan berkualitas bagus. 

Dan nantinya anda akan puas jika anakan ikan cupang berkualitas bagus, akhirnya nanti ikan anda akan memiliki nilai jual yang tinggi.

2. Proses Pemijahan Ikan Cupang


Setelah mengetahui jenis indukan berkualitas kini saatnya melangkah proses pemijahan, dengan menaruh indukan terpilih kuedalah wadah untuk pemijahan selama 42 jam atau 2 hari. 
Cara Budidaya Ikan Cupang


24 jam awal ikan cupang jantan akan membuat gelembung untuk telur, dan dihari kedua proses perkawinan berlangsung dihari itu, 

dan cara mengawinkan ikan cupan aduan mudah dengan ciri ciri indukan jantan akan menaruh telur ikan cupang di gelembung yang telah dibuat.

Setelah perkawinan selesai, pisahkan ikan betina dengan jantan. Untuk ikan cupang betina angkat sedangkan ikan cupang jantan biarkan berada pada kolam beton bersama telur-telurnya. 
Cara Budidaya Ikan Cupang


Kemudian simpanlah wadah tersebut di tempat gelap dan jangan dipindah-pindah, karena jika telur yang berada pada gelembung itu pecah nantinya akan membusuk. 

Biarkan hingga 10 hari, setelah menetas silahkan pisahkan keduanya ditempat yang lebih besar, lakukan dengan hati-hati.

Pada saat proses menunggu penetasan telur, ikan cupang jantan tidak perlu dikasih makan. 

Setelah anakan dipindah maka perlu memberikan pakan, untuk pakan anakan berumur 1 minggu bisa dengan air kol (hasil rendaman sayur kol) karena rendaman sayur kol mengandung bakteri, plankton atau bisa menggunakan jentik nyamuk yang disaring.

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal

Proses budidaya ikan cupang memerlukan alat dan bahan budidaya diantaranya, Aquarium, Indukan Jantan dan Indukan Betina, Pakan Ikan. 

Jika anda pengen cepat, bisa membeli obat khusus burayak . Jika anda menggunakan media aquarium, maka anda harus membaca cara budidaya ikan cupang di aquarium

berbeda dengan anda yang budidaya menggunakan media kolam besar maka harus membuat kolam kecil terlebih dahulu.

Tunggu hingga 3 minggu, karena biasanya setelah anakan berumur 3 minggu akan mulai terlihat warna ikannya dan sudah siap dipasarkan dengan harga jual yang relative,  


pemijahan ikan hias cukup mudah bukan? Setelah tau cara budidaya ikan cupang hias yang benar pastinya akan membawa pengaruh baik bagi anda pecinta ikan hias cupang.

Setelah proses pemijahan ikan cupang selesai, sekarang masuk pada pemasaran pada pasaran ikan murah, memang ikan cupang termasuk kategori ikan hias yang dibanderol dengan harga yang murah. 

Cara Budidaya Ikan Cupang

Rata-rata peminatnya adalah anak-anak, jadi tempat pasaran yang baik adalah tempat yang terdapat banyak anak-anak, dengan target pemasaran yang tepat akan menjadikan proses penjualan semakin cepat.

Bagi anda yang suka karya ilmiah, bisa menjadikan artikel ini sebagai makalah budidaya ikan cupang dan menjadikan artikel ini sebagai refrensi, anda bisa saja menjadikannya sebagai refrensi karena disini pembahasannya cukup lengkap.

Baiklah guys, tertarik dengan cara budidaya ikan cupang di kolam? Kalau ada banyak peluang dan keuntungan kenapa tidak dijalankan? Itu saja yang bisa disampaikan, kami situs Budidaya ikan Hias mengucapkan banyak terimakasih.
iklan auto relax

Post a Comment

0 Comments