Cara Membuat Aquascape Sederhana Untuk Pemula ( Murah Meriah )

Cara Membuat Aquascape Sederhana dengan budget yang minim dan variasi yang seadanya mudah kita buat dengan beberapa tanaman aquascape dengan harga yang murah bisa kita kreasikan sesuai dengan style aquascape natural sesuai dengan ide atau inovasi yang muncul dibenak fikiran kita sehingga bisa kita pampang sebagai hiasan ruang tamu rumah kita.

Memang sekarang masih ada sebagian orang yang belum mengetahui aquascape dan belum bisa merasakan keindahan yang terpendam didalam aquascape, seni rupa yang bisa dibuat tersebut membutuhkan pengalaman dan budget yang mumpuni karena ada beberapa bahan yang harus kita beli menggunakan uang, namun pada prosesi kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan membahas aquascape sederhana tanpa co2.

aquascape sederhana

Pembuatan aquascape mini sederhana bisa kita jadikan sebagai eksperimen pertama agar ketika nanti tidak begitu bagus kita tidak merasakan kekecewaan yang mendalam, namun ketika bisa jadi maka keindahan aquascape tersebut bisa menghibur kita dikala gundah. Bagi yang memang suka memelihara ikan tentu menciptakan aquascape menjadi terobosan baru dalam memanjakan ikan peliharaannya.

Style aquascape banyak sekali yang bisa kita tiru seperti aquascape mini bulat, aquascape minimalis batu atau bahkan aquascape sederhana air terjun dengan cara yang simple. Dari berbagai bentuk aquascape yang bisa kita buat, menjadi salah satu bukti kalau aquascape merupakan seni keindahan untuk menata tanaman hidup didalam air sehingga tampak seperti habitat pada aslinya yang dipenuhi ikan-ikan kecil dengan penuh warna yang cerah.

Baiklah , disini kami situs Budidaya Ikan Hias akan membahas tentang Tema aquascape Sederhana murah meriah dengan budget yang sangat minim, karena yang namanya budget itu sangat bervariatif sesuai dengan ekonomi masing-masing. Dan kali ini ada inovasi terbaru membuat ornamen aquascape sederhana.

Ekosistem aquascape biasanya bisa tercipta setelah tanaman berusia 2 bulan sehingga tampak seperti habitat pada aslinya, dan dibalik sisi waktu juga terdapat factor lain yang mempengaruhi seperti factor pencahayaan sebagai ganti sinar matahari, CO2, Pupuk tanaman, dan juga filterisasi untuk menjaga kualitas air supaya tetap jernih. 

Untuk membuat aquascape ada beberapa peralatan, material,dan pendukung yang harus disediakan. Diantaranya:
Sebelum kami membahas bagaimana cara membuat aquascape sederhana, akan kami paparkan bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat aquascape sederhana sebagai berikut:

  • Aquarium 55x35x35 (67L).
  • Lampu 50W
  • Filter gantung 
  • Pengatur suhu air berkisar 28 derajat
  • Pasir asli (soil)
  • Pupuk dasar / pupuk cair.
  • Tanaman aquascape seperti Eleocharis acicular, Lilaeopsis mauritiana, Eleocharis geniculata, repens Juncus, dan Spiky lumut
  • Udang atau Ikan (untuk pemakan moss) seperti Iriatherina werneri, Boraras maculatus Otocinclus affinis dan Red Cherry
  • Reaktor CO2, gunakan tabung dengan 1.5bps untuk fotosintesi tanaman.
  • Kipas/chiller(jika diperlukan)
  • Kayu dan Batu(hardscape).


Dimana kita bisa mendapatkan semua bahan diatas? Gampang sekali, silahkan datang ke toko perlengkapan aquascape maka anda akan ditawarkan berbagai produk menarik yang bisa setting aquascape Dutch Style  anda  namun tentunya berpengaruh terhadap budget kita masing-masing ya. Sedangkan kalau anda ingin budget yang murah meriah, bisa membuat aquascape mini cupang.
aquascape sederhana


Setelah kita tahu bahan-bahan apa sajakah untuk membuat Aquascape Sederhana, sekarang kita ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

Cara Membuat Aquascape Sederhana Tercantik


Buat dasar aquascape


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat dasar aquascape Dutch Style dengan menaburkan pasir yang sudah kita siapkan tadi, taburlah secara merata dan buatlah refiel sesuai dengan keinginan anda. Adapun jenis pasir yang bisa digunakan untuk aquascaper pemula diantaranya yaitu pasir silica atau dengan pasir malang. 

Taburkan Pupuk


Setelah menaburkan pasir, sekarang kita taburkan pupuk dasar juga tamahan karbon aktif dengan tujuan menetralisir atau menyerap zat berbahaya yang ikut terlarut pada air serta menetralisir nutrisi yang berlebihan. Adapun untuk menaburkan pupuk dasar gunakanlah pupuk untuk jenis tanaman yang memiliki akar saja, setelah pupuk sudah ditaburkan secukupnya maka tambahkan kembali sedikit pasir slica atau malang untuk menimbun pupuk dasar yang sudah disebar.

Dekorasi Hardscape


Tahap selanjutnya adalah mendesain dekorasi Hardscape berupa batu atau kayu, aturlah kombinasi batu dan kayu yang sudah disiapkan agar tampak lebih cantik. Hardscape untuk Aquascape Sederhana ini jangan disebar sembarangan biar terlihat rapi, dan usahakan pasir belakang lebih tinggi dari yang depan.

Isi Air


Langkah kali ini anda harus hati-hati karena dalam proses mengisi air tidak diperbolehkan mengisi dengan bebas, artinya kita harus pelan-pelan dalam mengisinya agar susunan yang telah kita tata dan dirapikan jangan sampai rusak. 


Tanam Tanaman Aquascape


Setelah terisi air kita bisa menanam tanaman karpet aquascape dan tanaman lain untuk mengindahkan aquascape dengan pemandangan serba hijau, anda bisa memberi tanaman aquascape tanpa CO2 sehingga kita bisa memiliki aquascape sederhana tanpa co2. 

Selain menanam tanaman juga kita harus memasang aksesoris lainnya seperti filter gantung, lampu led, CO2 injection, atau perlengkapan lainnya dengan baik.

Tunggu 2-3 bulan untuk proses pertumbuhan tanaman aquascape yang sudah ditanam pada Aquascape Sederhana dengan Biaya yang Murah, namun perlu anda perhatikan juga, kalau masa-masa ini merupakan masa pertumbuhan sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra seperti menguras air selama 3 hari sekali.


Tanaman Untuk Aquascape


Tanaman apa sajakah yang bisa kita tanam pada Aquascape Sederhana yang kita buat ? tentunya tidak semua tanaman bisa hidup didalam air, apalagi tanpa CO2 misalkan atau anda juga bisa membuatnya tanpa tanaman, Dan sekarang kami akan memberikan list tanaman aquascape yang sering ditanam sebagai berikut . 

  • Java Moss
  • Lilaeopsis
  • African Water Fern
  • Jaa Fern
  • Anubis Nana
  • Water Wisteria
  • Amazon Sword
  • green Tiger Lotus
  • Cryptocoryne Becketti

Ikan Yang Cocok Untuk Aquascape Sederhana


Setelah kita mengetahui daftar tanaman yang bisa kita tanam,sekarang kami juga akan memberikan list tentang daftar ikan hiaskecil yang cocok untuk hidup pada aquascape sederhana tanpa CO2 dengan baik sebagai berikut.

  • Kardinal terta
  • Rainbow
  • Angel Fish
  • Discus
  • Dwarf Gourami
  • Chili Rasbora
  • Guppy
  • Neon Terta
  • Harlequin Terta
  • Ember Terta


Meskipun Aquascape yang kita buat sederhana, tapi harga aquascape mini bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah lo. Tapi juga mempertimbangkan estetika keindahannya. Sedangkan harga peralatan aquascape itu bervariasi ada yang puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, jika tidak begitu ingin mengeluarkan uang yang banyak bisa membuat sendiri sesuai dengan inovasi yang muncul di benak fikiran anda.

Itulah pembahasan tentang Cara Membuat Aquascape Sederhana Untuk ikan cupang yang bisa kami sampaikan semoga ilmu yang kita share ini bisa bermanfaat bagi kita semua  khususnya bagi temen-temen aquacaper yang ingin membuat aquascape mini dengan budget yang minim.

Setelah Aquarium ini jadi anda bisa menaruhnya di ruang tamu, ruang kerja atau kamar anda supaya bisa terlihat selalu meskipun dengan keadaan gundah gulana, aquascape tersebut akan tumbuh sangat lebat setelah 3-4 bulan dari tanam.

Post a Comment

0 Comments