Ciri Ciri Cupang Betina Siap Bertelur Seleksi Indukan

Ciri ciri cupang betina siap bertelur biasanya bisa dilihat dari perut betina yang semakin membuncit, jika sudah membesar maka indukan perempuan siap untuk dikawinkan dan dibuahi pejantan.

Untuk Indukan ikan cupang pejantan yang sudah siap kawin bisa dilihat dari banyaknya bintik hitam pada sirip punggungnya, karena itu sebagai tanda kalau penjantan siap membuahi telur betina.


Untuk Usia ikan cupang betina berterlur berkisar 6-7 bulan, namun terkadang usia 5 bulan sudah menunjukkan tanda-tanda kesiapan perkawinan.  

Ciri Ciri Cupang Betina Siap Bertelur


Baiklah, kali ini kami situs Budidaya Ikan Hias akan membahas secara detail Ciri-Ciri Ikan Cupang Betina Siap Bertelur berikut ini:

Berdasarkan ahli ikan cupang George (2009) mengatakan bahwa proses penyeleksian indukan ikan cupang mempengaruhi hasil burayak cupang. Nah, bagaimana Cara Seleksinya?

Ketahanan Fisik


Salah satu ciri ikan cupang betina siap bertelur adalah ketahanan fisik dan memiliki mental yang baik, salah satu cara untuk mengetesnya yaitu dengan cara mengganti air pada ikan, apabila setelah proses pergantian air malah mengakibatkan fisik melemah, berarti betina tersebut kurang sehat. Tentunya pergantian air sesuai prosedur yang benar, tidak di oblok-oblok arinya.

Pangkal ekor Tebal


Ciri Ikan Cupang Betina Siap Bertelur selanjutnya bisa dilihat pada pangkal ekor yang tebal, lebat, sehat, karena sudah masuk usia sehingga mengalami perkembangan fisik yang maksimal. Apabila, usia sudah terpenuhi tapi pangkal ekor tidak tebal maka saya sarankan jangan menggunakannya untuk proses pemijahan.

Gerakan Lincah Dan Tidak Cacat


Tanda Ikan Cupang Betina lagi bisa dilihat dari lincahnya gerakan indukan, serta tidak memiliki cacat fisik. Untuk mengetes kelincahan indukan bisa dengan melihat respon terhadap pakan, respon dg musuh sehingga ikan lebih agresif.

Usia 6-7 Bulan


Patokan yang paling mudah untuk mengetahui Indukan Cupang Betina Siap Bertelur berdasarkan dengan umur ikan, Kalau kita memelihara dari kecil tentunya kita bisa mengetahui berapa umurnya. Tapi jika anda membeli sudah besar, bisa kita lihat dari perkembangan fisiknya. 

Kenapa harus usia 7 bulan? Karena berdasarkan penelitian ikan cupang memiliki hormone serta gonad yang matang pada usia 7 bulan atau lebih.


Itulah Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Siap Bertelur yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pecinta ikan cupang yang ingin memijahkannya. Dengan memperhatikan tanda diatas, maka nanti akan menghasilkan burayak ikan yang berkualitas pula. 

Post a Comment

0 Comments